Cara Membuat Gantungan Kunci Rumbai dengan Ultra Phaethon

2178
cara membuat gantungan kunci
Image: akailochiclife.com

Kerajinan tangan bisa dibuat dengan berbagai bahan termasuk kain tak terpakai untuk membuat gantungan kunci rumbai. Dengan bahan tersebut dan lem Ultra Phaethon, Anda pun bisa meraup keuntungan besar. Penasaran bagaimana cara membuat gantungan kunci rumbai secara keseluruhan?

Meskipun seringkali berskala UKM atau Usaha Kecil Menangah, namun produksi handicraft di Indonesia menunjukkan hasil yang positif. Berbagai produk kerajinan telah berhasil dibuat mulai dari kerajinan lampu hias, tas anyaman dari pandan, sampai miniature kapal dari kayu. Berbagai produk ini tak hanya menghiasi pasar lokal. Kerajinan tangan dari negeri ini sudah melalang buana ke berbagai negara. Penyebabnya? Tentu banyak. Tetapi, faktor bahan alam yang begitu beragam, kualitas SDM yang baik, sampai gaya yang unik adalah 3 dari berbagai faktor yang menjadi penentu. Faktor-faktor tersebut membuat kerajinan tangan dari Indonesia sangat unik dan berkualitas karena dikerjakan oleh mereka yang profesional.

Tertarik untuk mencoba peruntungan di bidang ini? Ada banyak sekali produk yang bisa kita coba untuk buat. Salah satunya adalah keyring atau gantungan kunci. Produk gantungan kunci adalah produk yang mudah dijual di pasaran. Tak hanya untuk kebutuhan pribadi, gantungan kunci juga bisa dipakai sebagai souvenir berbagai acara mulai dari suvenir untuk pesta pernikahan sampai dengan suvenir untuk oleh-oleh.

Bagaimana dengan proses pembuatannya? Secara umum, proses membuat gantungan kunci sangat sederhana. Cara membuat gantungan kunci hanya perlu dilakukan dengan beberapa tahapan. Untuk rantainya sendiri, kita tingga membelinya di toko craft.

Nah, pada artikel ini, lemkertas.com akan berbagai tutorial atau panduan untuk membuat keyring. Produk yang akan dibuat adalah gantungan kunci berbentuk bulatan rumbai dari bahan kain. Agar lebih jelas, simak penjelasannya di bawah ini.

Tutorial Cara Membuat Gantungan Kunci Rumbai dengan Ultra Phaethon

Alat dan Bahan

  1. jual lem untuk wallpaperKain tak terpakai. Anda bisa menggunakan beragam jenis kain, tetapi sediakan salah satu yang kuat, misalnya kain flanel atau wol.
  2. Gunting
  3. Penggaris dan alat tulis
  4. Lem untuk kerajinan, Ultra Phaethon. Kami tidak merekomendasikan jenis lem yang lain karena belum tentu hasilnya bagus.
  5. Rantai untuk gantungan kunci (beli saja di toko craft
  6. Berbagai pernak-pernik tambahan, misalnya mutiara
  7. Kuas untuk mengaplikasikan lem

Cara Membuat Gantungan Kunci Bunga

Siapkan semua alat dan bahan yang disebutkan di atas. Setelah siap, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Ada dua cara yang kami sajikan dengan langkah yang agak berbeda. Pilih salah satu yang sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Cara 1

  1. cara membuat gantungan kunci 2
    Image: akailochiclife.com

    Siapkan kain tak terpakai. Akan lebih menarik bila berwarna-warni. Bila Anda punya sisa kain flanel, jangan ragu menggunakan kain tersebut.

  2. Potonglah kain tersebut dengan ukuran panjang 10 cm dan lebar 1 cm. Lakukan terus sampai Anda mendapatkan 5-7 potongan kain.
  3. Siapkan potongan kain lebih pendek.
  4. Usahakan agar potongan ini memiliki warna yang mencolok dan berbeda dengan warna potongan kayu lainnya.
  5. Siapkan rantai gantungan kunci. Sebaiknya gunakan rantai gantungan kunci yang ujungnya tidak kecil. Bila tak ada, lepas semua rantai yang kecil, dan meyisakan satu rantai tunggal bulat yang besar (lihat gambar agar lebih jelas).
  6. Masukkan potongan kain secara simetris, masing-masing sisi 5 cm. Rekatkan dengan lem Ultra Phaethon di bagian ujung dekat dengan gantungan kunci.
  7. Lakukan terus sehingga membuat tumpukan potongan kain. Rekatkan satu sama lain menggunakan lem Ultra Phaethon.
  8. Setelah selesai, ambil potongan kain yang ukurannya pendek. Rekatkan di bagian ujung dekat dengan gantungan kunci di titik kain-kain tersebut direkatkan. Agar lebih jelas, lihat gambar yang tertera.
  9. Biarkan lem mengering dengan baik.
  10. Selesai!
cara membuat gantungan kunci 3
Image: akailochiclife.com

Untuk cara membuat gantungan kunci rumbai kedua, bisa Anda simak di bawah ini.

Cara II

  1. Siapkan kain, ukuran panjang 5-7 cm, dan lebar 10 cm.
  2. Buat horizontal pada kain pada titik 3 cm dari lebar kain.
  3. Dari garis horizontal tersebut, buat garis vertikal (atas-bawah) dengan rentang 0,5 cm atau lebih kecil lagi.
  4. Potong bagian garis vertikal. Gunakan cutter atau gunting secara hati-hati agar hasilnya rapi.
  5. Buat potongan kain pendek, kurang lebih 3 cm x 1 cm.
  6. cara membuat gantungan kunci 4
    littlemisspartyplanner.com

    Lipat potongan kain pendek tersebut, lalu rekatkan dengan Ultra Phaethon pada kain yang dipotong pada langkah sebelumnya.

  7. Rekatkan di bagian ujung. Lihat gambar agar lebih jelas.
  8. Gulung kain secara rapi melingkupi potongan kain pendek dengan Ultra Phaethon.
    Keringkan lem, bila perlu tekan dengan beban tertentu.
  9. Selesai! Anda tinggal memasukkan lipatan kain pendek pada rantai gantungan kunci.

Tips Membuat Gantungan Kunci Rumbai

Anda sudah mempelajari cara membuat gantungan kunci rumbai di atas, agar hasilnya lebih baik, simak juga tips di bawah ini.

  1. Sebaiknya, gunakan kain yang memiliki kekakuan yang baik, misalnya kain wol dan kain flanel. Jangan menggunakan kain yang terlalu mengandung banyak plastik.
  2. Anda bisa menggunakan bahan kulit tak terpakai untuk cara kedua. Misalnya, dari tas kulit lama Anda yang sudah rusak.
  3. Jangan menggunakan sembarang lem. Hindari lem yang tebal dan menyebabkan glue line. Oleh sebab itulah kami secara khusus merekomendasikan Ultra Phaethon.
cara membuat gantungan kunci 5
Image: littlemisspartyplanner.com kulit

Segera Dapatkan Ultra Phaethon dengan Cara Ini

Seperti disebut di atas, agar cara membuat gantungan kunci rumbai sukses dilakukan, kami hanya menganjurkan lem Ultra Phaethon. Kami tidak merekomendasikan lem lain karena belum tentu hasilnya sama. Ultra Phaethon sendiri secara khusus kami rekomendasikan karena lem ini:

  1. Sangat kuat sebagai lem untuk kerajinan
  2. Tidak mudah lepas, ikatannya stabil
  3. Tidak menyebabkan glue line atau warna jelek pada kerajinan
  4. Tidak tebal
  5. Sangat murah
  6. Relatif tidak berbau menyengat seperti lem lain
  7. Lem yang ramah lingkungan karena merupakan lem water based
  8. Mudah digunakan
  9. Kecepatan kering lem yang ideal

Lem Ultra Phaethon juga sudah lama menjadi andalan berbagai industri kerajinan tangan, mulai dari decoupage sampai pembuatan lampu-lampu hias. Oleh sebab itulah, lem ini sangat kami anjurkan agar produk yang Anda buat lebih berkualitas.

Kabar gembiranya lagi, kami juga telah menyediakan lem ini untuk pemesanan secara online. Anda bisa membeli lem ini via CS lemkertas.com. Hubungi saja kami pada kontak CS atau Customer Service yang disediakan. Selain bisa memesan, Anda juga bisa bertanya lebih banyak mengenai lem ini dan konsultasi gratis saat pemakaiannya. Customer Service kami akan memastikan produk yang Anda beli bisa benar-benar digunakan untuk membuat kerajinan gantungan kunci bunga tersebut.

Semoga bermanfaat! Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya di lemkertas.com ya. Masih ada berbagai tutorial pembuatan kerajinan yang menarik cara membuat gantungan kunci rumbai di atas.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here