5 Cara Membuat Meja Unik dari Kayu dengan Ultra Phaethon!

678
meja unik dari kayu

Ada banyak sekali cara membuat meja unik dari kayu. Anda bahkan bisa membuat meja konvensional menjadi unik dengan beberapa cara di bawah ini. Penasaran? Segera simak tutorialnya di bawah ini.

Mengaplikasikan Finishing dengan Teknik yang Tak Biasa

Cara pertama yang kami sarankan adalah cara yang paling mudah diterapkan, yakni dengan mengaplikasikan finishing yang tak biasa. Coba Anda perhatikan, apa warna finishing yang sering terlihat pada berbagai meja? Kebanyakan hadir dengan warna natural atau warna solid pastel. Jarang yang memiliki warna unik seperti warna logam (emas atau perak) hingga warna dengan kesan khusus seperti patina, charcoal, sampai whitewash.

Nah, agar meja Anda menjadi meja unik dari kayu yang kualitasnya khas, cobalah untuk mengeksplore berbagai teknik finishing yang ada. Anda bisa mulai dengan menerapkan aplikasi finishing shabby chic. Shabby chic bisa diterapkan dengan warna solid seperti pastel dan putih. Akan tetapi, tema ini hadir dengan kesan tua. Jadi, agar kesan tua tersebut terbentu, Anda harus mengikis catnya di beberapa tempat. Meskipun “tak biasa” tapi  nantinya meja Anda justru terlihat sangat cantik.

Menggunakan Pecahan Gelas

Pecahan gelas untuk membuat meja unik dari kayu? Kenapa tidak? Nyatanya, sudah ada pelaku usaha mebel yang menghias produknya dengan pecahan gelas. Cara ini memang terbilang anti mainstream tapi justru karena itu penting untuk Anda coba.

Agar hasilnya makin baik, perhatikan:

  1. Pecahan gelas yang dipakai. Pilih pecahan yang memiliki warna menarik dan cocok satu sama lain.
  2. Tentukan pola atau gambar yang hendak Anda hasilkan dengan menempelkan pecahan gelas tersebut.
  3. Pastikan pecahan gelas sudah dibuat tumpul sehingga tidak membahayakan
  4. Gunakan lem yang tepat, yakni lem untuk media dengan karakter yang berlainan

Kalau Anda sudah siap dengan keempat poin ini, segera saja hiasi meja tersebut dengan potongan gelas yang bagus. Bila perlu, aplikasikan dulu finishing yang sekiranya cocok dengan warna pecahan gelas.

Aplikasi Decoupage

meja unik dari kayu

Salah satu teknik kerajinan yang paling sering kami bahas adalah decoupage. Dan cara ini memang sangat bisa diandalkan untuk mendekor meja konvensional sehingga menjadi meja unik dari kayu. Secara umum, langkah-langkah yang diperlukan sangat sederhana. Anda hanya perlu memilih napkin decoupage yang tepat, mengelem napkin tersebut dengan lem rekomendasi Ultra Phaethon, lalu melapisinya menggunakan clear varnish. Cara ini akan membuat meja Anda bak dilukis oleh seorang pelukis profesional. Tapi tentu saja, hasilnya secara keseluruhan dipengaruhi oleh ketelatenan Anda dalam membuatnya.

Agar lebih menarik, sinkronkan gambar napkin dengan finishing yang diaplikasikan. Misalnya, Anda memfinish meja tersebut dengan warna lembut seperti pink, putih susu, dan hjau tosca soft. Aplikasikan saja napkin dengan gambar bunga yang manis. Pasti meja Anda akan terlihat lain daripada yang lain.

Merekatkan Ranting pada Meja

Punya banyak ranting di rumah? Kalau Anda punya banyak ranting atau punya kenalan yang baru menebang pohonnya yang penuh ranting, berkreasilah dengan cara ini. Cobalah untuk menghias meja dari ranging-ranting tersebut. Caranya juga sederhana. Misalnya pada meja dengan papan kaca. Anda bisa merekatkan ranting di bagian kaki meja tersebut. Atau bila Anda punya meja kotak yang biasa, Anda bisa merekatkannya di beberapa sisi kaki saja untuk memberikan kesan khas. Jadi meja konvensional tersebut akan berubah menjadi meja unik dari kayu. Ingin yang lebih tak biasa? Anda bisa meniru langkah-langkah di bawah ini.

  1. Memasang tripleks mengelilingi meja kotak.
  2. Merekatkan cabang kayu di seluruh permukaan tripleks

Cara ini akan membuat meja Anda benar-benar beda dari yang lain. Nah, agar lebih menarik, Anda bisa engecat dulu ranting yang hendak digunakan. Aplikasikan cat yang cocok dengan warna meja. Untuk perekatannya, Anda bisa menggunakan lem kerajinan tangan Ultra Phaethon.

Meja Unik dari Kayu Menggunakan Serat Alam

meja unik dari kayu

Cara kelima yang bisa dilakukan untuk membuat meja unik dari kayu adalah memanfaatkan tali serat alam. Cara ini adalah cara yang sangat mudah untuk diikuti. Anda tinggal memyiapkan meja yang akan dihias serta tali serat alamnya. Misalnya, Anda memiliki meja bundar dengan kaki tunggal di tengahnya. Bagian kaki tersebut bisa Anda lilit dengan serat alam. Aplikasikan dulu lem Ultra Phaethon lalu lilitkan tali secara perlahan. Voila hasilnya pun benar-benar menawan.

Anda juga bisa menganyam serat alam tersebut dulu. Lakukan penganyaman dengan serat alam membentuk area yang hendak ditutupi. Berikutnya anyaman itu tinggal direkatkan pada bagian meja. Meja pun akan terlihat lebih unik. Cara ini secara umum akan membuat meja menjadi lebih hangat dan organik. Namun bagi pencita desain minimalis, cara ini tidak kami rekomendasikan. Sebagaimana yang kita tahu, desain minimalisme mengedepankan efektivitas dan efisiensi produk. Pemakaian elemen yang cenderung messy seperti serat alam akan membuat kesan minimalisme luntur. Cara ini cocok bagi Anda yang menyukai meja dengan tampilan bohemian, beach style, sampai farmhouse.

Dengan Ultra Phaethon, Meja Unik dari Kayu Jadi Lebih Berkualitas

Apapun produk yang ingin kita buat, kita tidak bisa abai terhadap bahan pendukungnya. Misalnya ketika kita ingin membuat almari yang bagus. Maka bahan finishing atau catnya harus dipilih degan teliti. Bila tidak, bisa jadi almari sudah sangat kokoh tapi keindahannya kurang. Demikian pula ketika kita ingin menghias meja agar lebih unik dengan decoupage maupun serat alam. Kualitas bahan pendukung perlu diperhatikan. Untuk lemnya sendiri, kami merekomendasikan Ultra Phaethon dan Eva Phaethon seperti disebut di atas. Kami tak merekomendasikan penggunaan lem lainnya karena belum tentu hasilnya sebagus kedua adhesive tersebut. Selain itu, banyak lem untuk aplikasi craft mebel yang sangat mahal. Sehingga biaya produksi untuk menerapkan teknik ini menjadi begitu tinggi.

Untuk membeli lem Phaethon sendiri, kini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda andalkan. Anda bisa melakukan pembelian online di berbagai marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, membeli di Bio Service Point (Jepara, Yogyakarta, dan Cirebon), atau membeli di agen-agen lem tersebut. Lemkertas.com juga secara khusus menyediakan adhesive ini. Bagi pembaca yang tertarik untuk memesannya, silahkan hubungi kontak CS kami. Anda bisa bertanya-tanya dulu atau mengirimkan detail pemesanan secara langsung. Isikan keterangan mengenai nama Anda, produk yang dibeli dan jumlahnya, serta alamat pengiriman. Kami akan segera memproses pesanan Anda dan mengirimkannya dengan kurir yang Anda pilih. Mudah sekali bukan?

Nah, demikianlah artikel ini mengenai cara membuat meja unik dari kayu. Ada lima tips yang bisa Anda pilih untuk diaplikasikan. Segera wujudkan meja yang unik dengan langkah-langkah di atas.

Semoga bermanfaat ya. Terus update artikel di lemkertas.com untuk memperoleh berbagai tutorial menarik yang lain,

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here