Si Kecil Meja Hias untuk Ruangan yang Lebih Menawan

496
meja dekoratif

Apa itu meja hias? Anda mungkin jarang mendengar istilah ini. Tapi keberadaannya sangat signifikan terhadap keindahan ruangan. Bila Anda ingin membuat ruangan lebih menawan, tidak bisa tidak Anda harus mempertimbangkan meja yang biasanya berukuran mungil ini.

Ketika Meja Memperindah Ruangan

Anda mungkin tak begitu memperhatikan jenis meja ini. Ia biasa diletakkan di sudut ruangan dan dipakai untuk meletakkan bunga serta vas lampu. Kadang meja ini juga diposisikan di lorong dengan hiasan bunga di atasnya. Meja-meja seperti ini biasa disebut sebagai meja hias atau meja dekorasi. Dalam bahasa Inggris, meja dekorasi biasa disebut sebagai decorative table. Furniture ini, sebagaimana namanya memiliki fungsi spesifik untuk memperindah ruangan. Kadang kehadirannya juga bersama dengan satu set sofa dan meja utama. Pada set tersebut, meja dekorasi biasanya diletakkan di antara sofa atau di bagian sudut antar sofa.

Meja seperti ini mampu membuat ruangan terlihat lebih hidup dan menawan. Coba saja bandingkan lorong yang dihiasi dengan meja ini dengan lorong tanpa meja sama sekali. Tentu akan lebih menarik bila lorong dan sudut rumah dipercantik dengan meja hias bukan?

Ironisnya, kita jarang mengapresiasi keberadaannya. Malah sangat jarang yang merasa membutuhkan meja ini. Pasalnya, furniture ini memang beda dari meja kebanyakan. Kebanyakan meja yang kita kenal memiliki fungsi yang sangat spesifik. Misalnya saja meja makan untuk makan dan meja belajar untuk belajar. Sedangkan meja dekorasi dianggap “hanya” untuk memperindah ruangan. Padahal, keindahan ruangan adalah hal yang penting diciptakan untuk suasana rumah yang nyaman.

Apa Guna Meja Hias?

Secara umum, meja ini memiliki fungsi untuk memperindah ruangan, baik dengan visual meja yang memang bagus atau fungsi meja untuk menopang benda-benda dekorasi seperti:

1. Vas bunga
2. Jam
3. Bingkai foto
4. Lampu hias
5. Lilin

Dan berbagai benda lainnya yang tak dapat disebutkan satu per satu. Kadang meja ini juga dipakai untuk meletakkan beberapa benda fungsional kecil seperti telepon dan koran.

meja hias (4)

Mengenal Beberapa Tipe dan Jenis Meja Hias

Sebagaimana meja lainnya, kita bisa membedakan meja ini berdasarkan beberapa hal. Dari segi penempatannya, ada meja dekorasi sudut atau corner decorative table. Meja ini biasanya memiliki sudut lancip pada bagian yang mengadap sudut. Berikutnya ada meja centre atau tengah yang biasa kita kenal.
Pengelompokkan meja juga bisa didasarkan atas bentuknya. Dari bentuknya ini ada meja dekorasi yang berbentuk bundar, segi enam, segiemapt, segitiga, hingga aneka bentuk abstrak.

Berapa Harga Meja Hias?

Harga meja dekorasi atau hias sangat beragam. Ada yang hanya beberapa puluh ribu saja, tapi jangan kaget bila mendapati harganya yang ratusan juta. Meja hiasan yang antik dan sudah tua adalah contoh produk yang harganya bisa begitu tinggi.

Beberapa faktor yang melatarbelakangi antara lain:

1. Jenis kayu yang dipakai
2. Desain yang diterapkan
3. Desainer furniture (reputasi desainer furniture)
4. Merk produk
5. Lokasi pembelian

Membuat Meja Hias dari Kayu Olahan

meja hias (3)

Meja hias dibuat dari kayu olahan? Mengapa tidak? Kenyataannya, sampai saat ini banyak meja dekoratif yang dibuat dari kayu olahan. Tak ada masalah yang berarti sebab meja seperti ini bukan meja “heavy duty” atau meja yang harus diposisikan dalam kondisi berat. Contoh meja yang dikondisikan dalam posisi “berat” adalah meja taman. Sebab, meja harus dibuat awet sedemikian rupa dan tak mudah rusak terkena guyuran hujan ataupun paparan sinar matahari. Hal seperti ini tak perlu dilakukan pada meja dekorasi. Karena itu, pemanfaatan bahan engineered wood adalah hal yang sangat tepat dilakukan.

Berbagai kayu olahan yang bisa dipakai adalah MDF, HDF, particle board, sampai kayu lapis. Hanya saja, perlu dipahami bahwa meja hias adalah meja yang nilai jualnya terletak pada keindahannya. Sementara kayu olahan seringkali tak memiliki tampilan yang baik. Lihat saja papan fiberboard MDF. Tampilannya tak terlihat indah dan sangat jauh dibanding keindahan kayu solid seperti jati.

Apa solusi yang bisa diambil?

Untungnya saat ini sudah dikenal teknik finishing tempel di mana kayu olahan hanya perlu dilapisi dengan pelapis tertentu. Jadi tidak perlu menggunakan cat yang memang sulit diaplikasikan pada kayu olahan.

Eva Phaethon untuk Membuat Meja Hias

lem eva phaethon

Aplikasi finishing tempel pada kayu olahan tidak bisa tidak pasti menggunakan lem khusus. Lem harus bisa menciptakan bonding atau ikatan antara kayu olahan yang porositasnya tinggi dengan pelapis yang biasanya porositasnya rendah. Mencari lem dengan karakter seperti ini di pasaran tidaklah mudah. Satu dari sangat sedikit lem yang paling bagus dipakai untuk finishing tempel adalah Eva Phaethon.

Eva Phaethon merupakan Eva based adhesive atau ethylene viny acetate. Lem ini dibuat secara khusus agar bisa merekatkan media dengan karakter sangat berlainan. Eva Phaethon juga unggul karena berbagai kelebihannya seperti:

1. Daya rekat kuat
2. Tahan lama
3. Mudah digunakan
4. Cover area luas
5. Cepat kering
6. Solid content tinggi
7. Tidak menyebabkan glue line
8. Tahan panas, air, dan solvent

Untuk mendapatkannya Anda pun hanya perlu mengeluarkan budget Rp. 148.000 untuk kemasan 4 kg. Murah sekali bukan lem ini? Maka dari itulah kami rekomendasikan Eva Phaethon sebagai lem untuk membuat meja hias dari kayu olahan.

meja hias mdf

Jual Eva Phaethon di Sini!

Siapa tak tertarik dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan Eva Phaethon seperti dijelaskan di atas? Lem ini hadir dengan berbagai kriteria sebagai lem ideal untuk finishing tempel. Produk ini bisa menyulap produk kayu olahan yang tak menarik menjadi sangat menawan berselimutkan aneka sheet sintetis seperti HPL.

Ingin membeli lem ini? Mudah caranya. Anda tinggal menghubungi CS kami via kontak yang tersedia pada fitur Pesan Sekarang. Bagi yang terbiasa berbelanja di marketplace, Anda juga bisa melakukan pembelian di online shop tersebut. Pun begitu dengan pembelian secara langsung yang bisa dilakukan di kantor Bio Industries serta agen-agen kami. Mudah bukan?

Yang tak kalah menarik, kami juga selalu hadir dengan berbagai informasi untuk Anda. Layanan konsultasi cara menggunakan Eva Phaethon pun selalu terbuka bagi para pembelinya. Jadi jangan khawatir akan kesulitan menggunakan adhesive ini. Apalagi faktanya, lem ini sangat mudah digunakan bahkan oleh masyarakat awam sekalipun.

Sekiranya, sampai di sini pembahasan kita mengenai meja hias. Bisa disingkat bahwa meski meja ini memiliki ukuran yang kecil, tapi efek keberadaannya begitu signifikan. Ia berguna untuk meletakkan benda-benda kecil, benda dekorasi, hingga lampu hias. Jadi, jangan abaikan produk ini untuk ruangan Anda. Pun begitu bagi pelaku usaha mebel. Kehadiran meja ini dalam set mebel yang dijual dapat meningkatkan ketertarikan pembeli.

Semoga bermanfaat ya! Terus tunggu artikel kami berikutnya di lemkertas.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here