Membuat Kursi Komputer dengan Mudah? Mengapa Tidak?

377
kursi komputer

Siapa bilang kursi komputer sulit untuk dibuat? Kursi ini adalah kursi yang spesifik didesain untuk aktivitas menggunakan komputer. Proses pembuatan mebel ini tak sesulit yang orang kira, dan bahkan bisa dilakukan dengan bahan kayu. Sangat menarik bukan?

Dari namanya saja, kita seharusnya tahu apa yang dimaksud dengan kursi komputer. Kursi seperti ini dibuat secara sangat spesifik untuk mendukung manusia saat menggunakan komputer. Biasanya, kursi ini dipasangkan dengan meja komputer. Kehadirannya sendiri mulai muncul setelah alat elektronik tersebut ditemukan dan berkembang di masyarakat. Sebagaimana yang kita tahu, komputer merupakan alat yang mulai populer pada tahun 1990an, dan terus berkembang hingga saat ini.

Awalnya, para pengguna komputer menggunakan jenis kursi yang biasa saja. Mereka menggunakan kursi tamu sampai kursi untuk makan. Tapi lama kelamaan, industri furniture melahirkan mebel yang menjadi cikal bakal computer chair dengan desain yang jauh lebih spesifik. Sampai hari ini, berbagai inovasi sudah diciptakan dari jenis kursi yang menarik ini.

Dilihat dari tampilannya sendiri, kursi komputer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Tinggi dibuat menyesuakan dengan meja komputer
2. Biasanya (tapi tidak selalu), bisa dipindahkan dengan adanya roda-roda di bawahnya, mirip kursi kantor yang portable
3. Biasanya memiliki bagian sandaran
4. Desain kaki cenderung ramping

Sekilas, memang kursi seperti ini mirip dengan office chair. Namun hal itu karena kursi kantor sendiri biasanya didesain spesifik untuk karyawan yang menggunakan komputer.

Mudahkah Membuat Kursi Komputer?

Karena banyaknya pemakai komputer, pembuatan kursi seperti ini memang menggiurkan. Ia bisa jadi komoditas untuk usaha dengan memberikan keuntungan besar. Di Indonesia, di mana industri furniture merupakan salah satu industri tumpuan, pembuatan kursi computer juga sangat diharapkan. Perlu adanya diversitifikasi yang lebih luas agar pengusaha mebel Indonesia tidak berpaku pada produk yang sama. Apalagi di level menengah bawah. Bila Anda cermati, seringkali pelaku usaha mebel menengah bawah hanya menyediakan perabot rumah tangga mulai dari ranjang, lemari, sampai rak kayu. Padahal, dengan memberikan alternatif pembuatan mebel non rumah tangga seperti kursi komputer untuk kebutuhan kerja atau individu, bisnis bisa meningkat tajam.

Yang jadi masalah, apakah kursi seperti ini mudah untuk dibuat? Sebetulnya pembuatan kursi untuk komputer tidak begitu sulit untuk dibuat. Apalagi kalau Anda membuatnya dalam versi yang sederhana. Misalnya, dengan menggunakan kayu saja, bukan bahan lain seperti plastik dan turunannya.

Kursi komputer kayu sendiri sebetulnya juga memiliki banyak keunggulan. Harganya bisa dibuat lebih terjangkau, dan kenyamanannya pun sangat baik. Dua keunggulan ini bisa menjadi pilihan menarik untuk ditawarkan pada konsumen. Sebab, saat ini, kebanyakan computer chair dengan roda dan bahan polimer sintetis cenderung mahal. Kisaran harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jelas, hal ini tak akan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Terkait dengan desainnya, kursi komputer dari kayu juga bisa hadir dengan desain yang lebih menarik. Kita juga bisa menghiasnya menggunakan teknik finishing yang tidak kalah cantik. Misalnya saja finishing vintage, whitewash, shabby chic, dan masih banyak lagi. Keindahan dan keunikan seperti ini akan membuat kursi Anda terlihat khas dibanding kursi komputer dari manufaktur yang lain.

Yang tak kalah penting adalah memastikan untuk membuat kursi tersebut agar bisa benar-benar mendukung kegiatan kita saat berhadapan dengan komputer. Misanya dengan memperhatikan kenyamanan dudukan sampai sandarannya. Kita juga perlu memperhatikan lekukan sandaran. Pasalnya, aktivitas menggunakan komputer adalah aktivitas yang berat. Salah mendesain lekukan sandaran bisa menyebabkan punggung dan leher pengguna menjadi pegal. Oleh karena itulah, dibutuhkan kenyamanan ekstra pada perabot yang dipakai.

Tips Agar Lebih Menarik

Seperti dijelaskan di atas, salah satu cara agar kursi yang dibuat laku adalah meningkatkan keunikannya. Daya tarik atau estetika produk sangat perlu diperhatikan. Untuk mewujudkan hal ini, ada baiknya kita mengenal style design furniture, terutama yang cocok diterapkan pada kursi dan meja untuk komputer. Beberapa style design yang bisa dipertimbangkan antara lain:

1. style minimalis
2. style modern
3. style kontemporer
4. style futuristic
5. style shabby chic

Masih banyak lagi style yang lain. Hanya beberapa mungkin terlalu ekstrim untuk selera pasar. Misalnya saja style boat recycle atau coastal. Yang menyukai desain seperti itu jumlahnya tak sebanyak penyuka gaya modern dan minimalis. Anda tinggal mempertimbangkan siapa target pasar Anda sebelum memilih style design yang paling cocok untuk diterapkan.

Bisakah Menggunakan Kayu Olahan untuk Membuat Kursi Komputer?

Salah satu cara agar kursi computer yang diproduksi murah adalah dengan menggunakan kayu olahan. Engineered wood atau kayu olahan merupakan kayu dari bagian kayu solid. Contohnya:

  1. Fiberboard yang terdiri atas MDF (Medium Density Fiberboard) dan HDF (High Density Fiberboard). Keduanya berasal dari serat atau bagian kayu solid yang tidak terpakai.
  2. Particle board. Particle board terbuat dari serbuk kecil kayu solid yang tidak terpakai.
  3. Kayu lapis, yang terdiri atas multipleks dan tripleks
  4. Blockboard, yang merupakan papan kayu dari potongan kayu kecil.

Penggunaan kayu olahan untuk membuat kursi komputer bisa mengurangi biaya proses produksi. Sehingga, harga kursi tersebut pun bisa diturunkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Untuk finishingnya, bisa diterapkan finishing tempel dengan pelapis. Tipe finishing ini mengandalkan pelapis seperti High Pressure Laminate untuk direkatkan pada kayu olahan. Lem yang digunakan pun harus sangat spesifik seperti lem Eva Phaethon. Jadi keindahan kursi computer dari kayu olahan tak akan kalah dibanding kursi serupa dari bahan yang lain.

Bagaimana dengan kekuatannya? Tak bisa dipungkiri, kayu olahan memang tidak sekuat kayu solid dan bahan polimer sintetis sampai logam yang biasa digunakan untuk membuat computer chair.

Oleh sebab itu, ada baiknya penggunaan kayu olahan untuk kursi komputer dibatasi di beberapa komponen saja. Misalnya, untuk bagian sandaran kursi, dudukan tangan, dan bagian-bagian yang tidak menanggung beban yang berat. Meskipun kayu olahan tidak dipakai 100%, tetapi, cara ini terbuktif efektif mengurangi ongkos produksi yang begitu melejit gara-gara harga kayu solid yang mahal.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, singkatnya kita bisa mengatakan bahwa kursi komputer adalah kursi untuk mendukung aktivitas kita saat menggunakan alat elektronik komputer hingga laptop (dan notebook). Kursi dibuat sangat spesifik sesuai kondisi saat menggunakan komoputer supaya penggunanya nyaman dan termudahkan dengan furniture itu. Jadi tak bisa asal dibuat dan tak bisa asal comot dari jenis kursi lainnya. Meski demikian, bagi pembaca yang sedang merintis atau menjalankan usaha pembuatan mebel, produk ini bisa dilirik. Digunakan oleh banyak orang, bukankah kursi komputer bisa mendatangkan untung besar? Tinggal aplikasikan saja desain yang tepat serta kayu yang bisa membuat harga produksinya turun. Jadi kita bisa menyediakan kursi komputer yang murah tapi menarik secara estetika.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here