Mengintip 13 Model Meja Makan Kayu Jati dari Tradisional sampai Swedish

712
meja jati bagus

Mudah diolah, kayu jati sering digunakan untuk membuat meja dengan model dan desain yang sangat beragam. Salah satunya untuk membuat meja makan. Yuk, intip apa saja model meja makan kayu jati yang menarik yang bisa dijadikan inspirasi.

Jati merupakan salah satu kayu yang paling banyak digunakan oleh industri pembuatan mebel. Kayu ini dianggap sangat ideal. Ada 4 hal utama yang membuat jati disukai. Pertama, kayu ini memiliki kekuatan yang sangat baik. Sebagai material mebel, ia akan menjadikan kursi sampai lemari Anda sangat kokoh. Kedua, jati memiliki ketahanan terhadap rayap dan jamur. Kayu ini mengandung tannin yang secara khusus ternyata melindunginya dari ancaman berbagai hama. Ketiga, kayu ini memiliki estetika yang sangat menarik, baik dari warna atau motif pola seratnya. Dan yang keempat, jati merupakan kayu yang mudah diolah. Pembuatan mebel menggunakan jati tidak akan menyebabkan kesulitan berarti. Ia berbeda dari berbagai kayu indah dan kuat yang sayangnya sulit untuk diolah oleh pengrajin.

Jati untuk Membuat Meja Makan

Di antara sekian banyak produk mebel sendiri, meja makan menempati urutan atas sebagai produk yang banyak dibuat dari material ini. Meja makan banyak dipilih dibuat dari jati karena mebel ini membutuhkan berbagai kualitas yang dimiliki oleh kayu tersebut.

Di industri pembuatan mebel sendiri, produk meja makan kayu jati sudah banyak diperjualbelikan. Harganya? Sangat bervariasi. Secara umum, sebetulnya harga furniture jati jauh lebih mahal dibanding mebel lainnya. Akan tetapi, saat ini sudah banyak tersedia jati muda yang akan membuat harga mebel dari material tersebut menjadi lebih murah.

Selain persoalan harga, yang menarik dari berbagai meja makan tersebut adalah modelnya. Kerap, kita melihat meja makan jati dengan desain tradisional. Padahal, sejatinya ada sangat banyak varian desain yang bisa diterapkan. Nah, kali ini lemkertas.com akan membagikan beberapa contoh model meja makan jati yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan baik ketika akan membeli produk tersebut atau malah membuatnya.

Model Meja Makan Kayu Jati

Tradisional

Seperti dijelaskan di atas, model ini adalah model meja makan jati yang paling umum ditemukan. Di Indonesia, biasanya model tradisional hadir dengan hiasan ukiran yang menawan. Bila dibuat dengan baik, keindahan meja pun tak perlu dipertanyakan lagi. Itulah sebabnya, mengapa produk mebel dengan ukiran dari Indonesia bisa melalang buana ke berbagai negara.

meja makan jati tradisional

Minimalis

Gaya kedua yang sejatinya cocok diterapkan pada meja makan jati adalah gaya minimalis. Gaya ini mengedepankan keindahan yang sifatnya reduktifis. Artinya elemen yang dipakai adalah elemen yang pokok saja. Tidak boleh ada elemen tak fungsional seperti ukiran. Selain itu, warna yang digunakan cenderung netral, tidak tajam, dan monokromatis. Gaya ini sering disebut sebagai gaya “Effortless beauty”.

Modern

Meja makan kayu jati juga akan terlihat menawan tatkala dibuat dengan desain modern. Berbeda dengan gaya minimalis, meja makan dengan gaya modern hadir dengan warna dan kesan yang lebih berani. Misalnya saja dengan menerapkan warna yang lebih tegas seperti biru dan merah. Tapi kesan efisien dan efektif masih terasa kuat sebagaimana pada desain minimalis.

Kontemporer

meja jati kontemporer

Selain gaya tradisional, sejatinya gaya yang sering diterapkan pada meja makan adalah gaya kontemporer. Sekilas style design ini mirip dengan style design produk modern. Akan tetapi ada beberapa hal yang membedakannya. Misalnya, gaya kontemporer cenderung bersifat eklektik atau mencampurkan. Ia banyak menggabungkan elemen-elemen gaya dari berbagai periode waktu sehingga menciptakan kesan tersendiri.

Asian

Ada beberapa nilai utama yang akan terlihat ketika meja makan jati didesain dengan model Asian Style. Misalnya, kesan keseimbangan, kedamaian, dan kealamian. Gaya ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati ruang makan dengan tenang dan relaks.

Coastal

meja makan kayu jati coastal

Suka dengan suasana pantai? Bila iya, Anda bisa mencoba menerapkan gaya coastal. Gaya ini memadukan berbagai elemen produk dari warna sampai bentuknya untuk menciptakan kesan pantai yang rileks. Meja makan jati pun sejatinya bisa didesain dengan gaya ini. Misalnya dengan memadukannya bersama sofa yang didesain dengan warna aquatic sehingga merepresentasikan tema coastal.

Gothic

Bagi Anda yang menyukai kesan misterius, style design gothic bisa diterapkan. Untuk membuat meja makan kayu jati berkesan gothic sendiri bukanlah sebuah perkara mudah. Namun juga tidak sesulit yang kita bayangkan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, misalnya mengecat kayu jati dengan warna natural yang lebih gelap dan memadukannya dengan kursi yang berbantalan warna khas gothic seperti merah maroon.

Palladian

Gaya Palladian akan memberikan 3 kesan utama, yakni kesimetrisan, keseimbangan, dan proporsi yang tepat. Gaya ini biasanya menerapkan warna biru serta krem untuk menciptakan perpaduan yang menarik tanpa kesan berlebihan.

Retro

Suka dengan tampilan kuno? Bila jawaban Anda iya, Anda mungkin bisa membeli meja makan kayu jati dengan desain retro. Biasanya, desain ini menggunakan elemen khas zaman dulu. Kadang, meja juga sengaja dibuat seperti sudah lama dengan finishing rustic.

Romantis

Gaya romantic sebagaimana namanya mampu memancarkan kesan yang lembut dan menawan. Warna yang dipakai adalah warna-warna soft seperti pink muda dan ungu muda. Elemen-elemen logam juga kadang digunakan. Pada meja makan kayu jati, desain ini memang agak tricky diterapkan. Tetapi dengan beberapa penyesuaian meja jati pasti bisa hadir sangat menawan dengan gaya unik ini.

Swedish

meja kayu jati swedish

Swedish adalah style design asal negara Swedia. Pada gaya ini, mebel biasanya hadir dengan kesan kayu yang kuat. Bentuk lengkungan sangat disukai sebagaimana pada gaya tradisional kebanyakan. Untuk finishingnya sendiri, bisa diaplikasikan finishing dengan kesan agak lawas. Misalnya kesan terpapar cuaca dalam waktu lama atau weathered.

Shabby Chic

Suka tampilan tua tapi juga menyukai kesan lembut? Bila iya, Anda bisa melirik gaya shabby chic. Shabby chic secara literal bermakna “lusuh yang menawan”. Shabby chic memadukan dua kesan yang sering dianggap berlawanan, yakni kesan tua dan kesan lembut. Aplikasinya bisa diterapkan dengan memfinish jati dengan warna soft lalu menambahkan kesan tua di sana-sini. Anda juga bisa menerapkan decoupage pada meja tersebut untuk memberikan kesan yang lebih menarik.

Farmhouse

meja jati farmhouse

Bagi Anda yang menyukai suasana pedesaan atau malah peternakan, gaya farmhouse bisa dipilih. Kayu jati pun bisa maksimal terlihat keindahan naturalnya dengan gaya ini. Sebab, mebel dengan gaya farmhouse biasanya difinish natural atau natural dengan kesan lawas.

Pada akhirnya, pilihlah meja makan kayu jati sesuai dengan selera Anda. Bagi pengusaha mebel, jadikan berbagai contoh di atas sebagai inspirasi karya Anda. Jangan lupa, untuk membuat furniture tersebut lebih menawan, gunakan lem yang bagus dan berkualitas!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here