Menikmati Keindahan Meja Tamu Jati dengan Finishing Tempel

460
meja tamu jati veneer

Seperti berbagai mebel berbahan jati lainnya, meja tamu jati memiliki kekurangan dari segi harganya. Dengan tingkat permintaan tinggi, bahan yang sulit didapatkan, serta keindahan yang memang memikat, menjadikan mebel ini tak semurah mebel lainnya. Tapi sebetulnya, ada alternative lain untuk menikmati keindahan jati dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satu bahan yang paling banyak dipakai untuk membuat meja tamu adalah kayu jati. Kayu dengan nama ilmiah Tectona grandis itu pun tak sekedar banyak dipakai untuk membuat meja tamu saja, tapi juga untuk membuat berbagai furniture lainnya. Dan seperti kebanyakan furniture jati tersebut, meja dari bahan jati biasanya menjadi meja yang difavoritkan masyarakat. Apalagi masyarakat di Pulau Jawa. Coba saja tanya orang-orang di sekeliling Anda mengenai jenis meja yang mereka inginkan. Pastinya jati menjadi yang utama dijadikan jawaban oleh masyarakat.

kayu jati

Sebagai meja yang diletakkan di ruang tamu, pemilihan jati juga sangat mendukung karena kayu ini:

1. Memiliki tampilan menarik
2. Kuat
3. Tahan lama

Hal ini tidak mengherankan sebab jati secara umum memang memiliki kelas kuat dan awet I. Kayu jati sangat kokoh, mudah diolah oleh pengrajin atau pembuat mebel, dan memiliki kandungan tannin khusus yang membuatnya resisten pada hama seperti jamur dan serangga. Singkat kata, kayu ini sangat lengkap dari berbagai aspek. Namun produk yang dihasilkannya pun (termasuk meja tamu) menjadi mahal.

Mahalnya meja tamu dari jati disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Permintaan meja tamu dari bahan tersebut yang tinggi
2. Kualitas jati yang memang baik
3. Supply yang makin rendah karena bahan jati tak bisa didapat semudah dulu lagi

Untuk mengatasi masalah ketiga, beberapa pengrajin sampai menggunakan kayu jati yang masih muda. Meski tetap saja, jati muda tak sebaik jati tua baik dari segi tampilan, keawetan, hingga kekokohan.

Menghadirkan Meja Tamu Jati dengan Cara Lebih Murah

Menggunakan kayu jati muda barangkali adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan meja jati yang lebih terjangkau dan mudah didapat. Nah, selain cara ini, sebetulnya ada dua cara lainnya yang bisa dipertimbangkan dan barangkali memiliki kelebihan lebih baik. Yang pertama adalah aplikasi veneer, dan yang kedua adalah aplikasi HPL. Supaya lebih jelas, mari di simak satu per satu kedua cara tersebut.

Veneer Jati

Veneer adalah pelapis yang terbuat dari kayu asli. Jadi veneer jati adalah pelapis yang terbuat dari bahan kayu jati. Veneer bisa diaplikasikan pada kayu olahan, salah satunya adalah blockboard. Blockboard dengan penggunaan veneer jati menghasilkan produk seperti teakbloc. Cara aplikasinya sendiri adalah dengan perekatan lem laminasi khusus, seperti Crossbond X4.

Teakblock berikutnya bisa dipakai untuk membuat meja tamu jati. Dibanding meja jati biasa, meja ini:

1. Lebih murah
2. Memiliki tampilan luar serupa jati, termasuk teksturnya
3. Bisa difinishing ulang

HPL Jati

hpl jati thailand

Cara kedua yang bisa dilakukan sebagai alternative adalah dengan memakai HPL atau High Pressure Laminate dan berbagai laminate lain. Laminate-laminate seperti ini bersifat sintetis jadi berbeda dengan veneer yang terbuat dari kayu asli. Meski demikian, tampilannya (baik warna atau motif) memang dibuat supaya benar-benar menyerupai kayu asli.

HPL sendiri hanya satu dari sekian laminate sintetis yang ada. Bahan ini dibuat dari beberapa lapis mulai dari bagian coating, bagian dasar, hingga bagian tengah untuk warna dan motif. Apa kelebihan pemakaian HPL jati dibanding veneer jati dan meja asli? Berikut ini beberapa poin yang bisa dipertimbangkan.

1. Secara umum harganya lebih murah.
2. Tetap bisa menghadirkan keindahan ala meja tamu jati
3. Lebih mudah didapat dibanding veneer jati, apalagi veneer jati tua

Dalam aplikasinya, HPL motif jati diterapkan pada kayu olahan sebagaimana veneer. Sehingga biaya produksinya memang jauh lebih murah.

meja tamu minimalis jati

Membutuhkan Lem yang Tepat

Baik pemakaian veneer atau HPL membutuhkan suatu teknik finishing khusus yang disebut finishing tempel. Digunakannya kata tempel mengindikasikan bagaimana pelapis tersebut direkatkan pada kayu olahan sebagai medianya. Berbeda dengan finishing cat, keawetan finishing seperti ini pun dipengaruhi kualitas bahan yang dipakai untuk merekatkan. Karena itulah pemakaian lem tak bisa dilakukan sembarangan.

Untuk aplikasi veneer, sebagaimana disebut di atas, dibutuhkan lem laminasi untuk kayu seperti Crossbond X4. Lantas bagaimana dengan aplikasi HPL jati dan laminate sintetis lainnya? Lem yang dipilih tak bisa diambil dari lem untuk kayu biasa. Lem harus memiliki kecocokan untuk merekatkan kayu dengan bahan sintetis. Padahal keduanya memiliki sifat berbeda. Sedangkan kebanyakan lem kayu hanya bisa dipakai antara kayu dengan kayu atau bahan organik serupa.

Agar tak bingung, berikut ini kam rekomendasikan lem yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan tersebut.

Jual Lem Terbaik Eva Phaethon untuk Membuat Meja Tamu Jati HPL!

Pakai Eva Phaethon untuk membuat meja tersebut! Eva Phaethon akan membantu Anda mewujudkan produk berkualitas tinggi dari bahan yang sering dipandang sebelah mata seperti kayu olahan. Pasalnya, lem ini bisa dipakai untuk merekatkan media beda karakter. Aplikasi finishing tempel dengan sheet atau pelapis pun menjadi beragam opsinya berkat kemampuan lem ini. Misalnya saja aplikasi HPL, tacon, decon, PVC, dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Eva Phaethon sendiri memiliki berbagai kelebihan. Adhesive ini bukan hanya kuat, tapi juga tahan lama, solid content tinggi, cover area luas, dan mudah digunakan. Lem ini bisa Anda beli dengan harga Rp. 148.000,- per kesaman 4 kg.

Untuk memesannya, pilih opsi pembelian online atau konvensional. Untuk pembelian konvensional, Anda perlu mengunjungi Bio Service Point di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Alamat lengkapnya adalah:

1. Bio Service Point Yogyakarta, Jl. Sidikan No.94 Yogyakarta, DIY, Indonesia 55162
2. Bio Service Point Jepara, Jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan
3. Bio Service Point Cirebon, Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154.

Sedangkan untuk pembelian secara online, Anda bisa membeli secara langsung via website ini atau via berbagai marketplace. Mudah sekali bukan?

Eva Phaethon juga membuka peluang usaha keagenan. Sebagai lem dengan permintaan pembelian yang tinggi, kini telah dibuka peluang menjadi agen adhesive ini. Caranya pun sangat mudah. Mulailah dengan membaca keterangan pada sub bagian keagenan di situs ini.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai meja tamu jati. Seperti dijelaskan di atas, agar harga mebel ini lebih terjangkau, kita bisa menerapkan meja kayu olahaan dengan veneer jati atau HPL motif kayu tersebut. Kedua cara ini meski tak akan memberikan kualitas yang sama, namun unggul dari segi harga serta dampaknya pada lingkungan.

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here