Peluang Bisnis Menguntungkan dari Meja Prasmanan

873
meja prasmanan (2)

Set meja prasmanan lengkap dengan taplaknya bisa jadi lahan bisnis baru. Begitu pula dengan pembuatan jenis meja tersebut yang mudah tapi membutuhkan spesifitas tersendiri.

Tiap budaya mengenal yang namanya pesta meski prosesnya berbeda-beda. Di Eropa, pesta biasa dilakukan dengan berdansa, sedangkan di negeri seperti Indonesia, pesta dilakukan dengan menikmati nyanyian yang disuguhkan oleh seorang biduan yang diundang. Jenis lainnya bisa ditemukan di asia timur, India, Arab, hingga Afrika. Yang jelas, pada hampir tiap pesta yang dilakukan manusia pasti ada acara makan-makan yang selalu dinanti. Dan bagi para pelaku usaha, kebutuhan untuk mengadakan pesta ini bisa dijadikan sebagai lahan untuk mendapatkan keuntungan. Tertarik?

Sebetulnya, dulu pesta biasa diadakan dengan bergotong royong. Di era di mana kehidupan berbeda dengan saat ini, tiap tetangga saling menyumbang baik uang ataupun tenaga untuk pesta tetangga yang lain.

Namun tatanan masyarakat telah berubah seiring berjalannya waktu. Dengan tempo kehidupan yang makin cepat, efisiensi dituntut di segala sisi. Kehidupan yang berubah ini pun mengubah gaya hidup kita mengenai pesta. Pesta saat ini bahkan sudah sering dilakukan oleh panita profesional. Kita mengenalnya sebagai EO atau Event Organizer. EO merancang acara pesta dari susunan prosesnya sampai segala hal yang dibutuhkan. Tapi EO tak “berdiri” sendiri. Kerap EO mengadakan kerja sama dengan pelaku usaha yang lain. Misalnya jasa catering. Jasa catering makanan pun sering tak langsung terkait dengan EO namun sudah memiliki tempat tersendiri di kegiatan pesta.
Singkatnya, pesta adalah sebuah peluang usaha yang menguntungkan dan tak akan pernah mati. Sebab masyarakat selalu memiliki pesta untuk dirayakan mulai dari yang sederhana seperti pesta ulang tahun hingga yang begitu besar seperti pesta pernikahan.

Tertarik memanfaatkan peluang ini juga?

Meja Prasmanan, Sebuah Peluang Usaha

meja prasmanan

Bila Anda tertarik, pilih saja salah satu bidang yang dibutuhkan pada acara seperti pesta. Salah satu yang mungkin belum banyak dilakukan orang adala jasa sewa hingga pembuatan meja untuk pesta atau biasa disebut prasmanan. Perhatikan saja di sekitar Anda. Pada acara di lembaga seperti sekolah atau universitas, meja yang dipakai biasanya adalah meja dari lembaga itu sendiri. Lantas bagaimana dengan meja yang dibutuhkan untuk acara pribadi? Beberapa gedung kadang menyediakannya, tapi kadang juga tidak. Selain itu, tentu mereka membutuhkan supply produk yang tepat.
Ada keuntungan tersendiri membuat meja prasmanan dibanding usaha “pesta” lainnya, misalnya:

1. Mudah dibuat. Pembuatan meja untuk prasmanan tak membutuhkan keahlian khusus kecuali keterampilan woodworking standar untuk membuat berbagai meja lainnya
2. Selain bisa dipakai sebagai meja untuk prasmanan, meja juga bisa dijual secara terpisah sebagai meja makan hingga meja tamu
3. Banyak dibutuhkan untuk berbagai acara pesta

Membuat Meja Prasmanan Harus Spesifik

Meskipun secara umum pembuatan meja ini mudah, tapi sebetulnya ada kekhususan tersendiri yang dibutuhkan. Kekhususan tersebut disesuaikan dengan pemanfaatan meja tersebut untuk acara-acara pesta. Sampai saat ini, seringkali acara pesta memakai meja konvensional. Padahal ada banyak kendala yang diakibatkannya. Salah satunya adalah berat meja yang berat dan sulit untuk diangkut. Proses pengiriman meja dan penataannya pun menjadi lebih mahal.

meja prasmanan (3)

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut serta memaksimalkan meja yang Anda buat sebagai meja yang memang dikhususkan untuk prasmanan, pertimbangkanlah untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Buat meja beratnya ringan sehingga tak menyulitkan ketika di bawa dari satu tempat acara ke acara yang lainnya
2. Buat meja yang kokoh karena meja tersebut akan dipakai menaruh beban berat seperti sajian makanan yang banyak dan masih utuh
3. Bila memungkinkan, lebih bagus bila meja bisa dilipat atau merupakan portable table sehingga proses pengangkutan lebih efisien.

Sebetulnya kita bisa mencontoh karakter kursi prasmanan atau kursi pesta. Kursi prasmanan memiliki keunggulan bisa dilipat, tak berat, tapi juga kuat. Dengan karakter tersebut, penyewaan kursi prasmanan lebih laris karena ongkos transportasi pun tidak besar sehingga biaya sewa bisa ditekan.

Membuat Meja Prasmanan dengan Lem Eva Phaethon

Selain ketiga karakter ideal meja pesta di atas, akan lebih baik lagi bila meja juga dipasang dengan harga yang murah. Dengan demikian, produk Anda pun akan lebih kompetitif daripada produk lainnya. Tapi bagaimana caranya bisa membuat meja berkualitas sesuai 3 kriteria tersebut dengan harga terjangkau?
Jangan khawatir. Sebab, ada beberapa trik sederhana yang Anda lakukan. Misalnya saja dengan memanfaatkan engineered wood atau kayu olahan.

Beberapa kayu olahan terbuat dari sisa pemakaian kayu solid seperti serpih kayu bekas industri furniture. Kayu-kayu daur ulang seperti ini meski tak seindah kayu solid, namun harganya lebih murah. Kekokohannya pun bisa ditunjang dengan aplikasi struktur yang bagus. Pemanfaatan kayu ini akan membantu Anda membuat meja prasmanan berkualitas yang murah.

Terkait estetikanya, Anda bisa menerapkan finishing tempel dengan memakai Eva Phaethon. Tak dapat dipungkiri bahwa kayu olahan memang sulit untuk dicat. Sifat kayu yang mudah menyerap air menyebabkan hasil finishing tidak merata, kurang bagus, dan sangat boros pemakaian cat. Untuk itulah, aplikasi finishing tempel bisa dilakukan.

lem eva phaethon

Pada aplikasi finishing tempel, digunakan lembaran berwarna dengan pola tertentu pada kayu olahan. Lembaran tersebut ditempel dengan lem khusus seperti Eva Phaethon. Cara ini akan dengan mudah menyulap meja Anda dari yang tak difinish menjadi sudah difinishing dengan hasil yang sangat baik.

Menyediakan Taplak Meja Prasmanan yang Bagus

taplak decoupageNah, supaya produk Anda semakin menarik, Anda juga bisa menawarkan keuntungan lainnya lho. Misalnya saja dengan memberikan bonus taplak meja untuk pesta yang bagus. Lihat saja aneka pesta yang pernah diadakan. Hampir kesemuanya memiliki meja yang dipercantik dengan beragam rupa taplak. Taplak-taplak ini dibuat khusus supaya pesta menjadi lebih semarak. Umumnya, ukuran taplak juga besar sehingga menutup keseluruhan tubuh meja.

Menyediakan taplak untuk meja prasmanan pasti sangat menarik. Tapi tentu saja kita tak bisa menyediakan taplak dengan harga yang tinggi. Bisa-bisa kita yang merugi bukan?

Untuk taplak meja pesta, aplikasi kerajinan decoupage bisa diterapkan. Decoupage pada taplak termasuk decoupage pada kain. Pada teknik kerajinan ini, digunakan napkin bergambar yang ditempelkan pada kain taplak lalu dilapisi dengan coating. Hasilnya, taplak akan terlihat indah seperti dicetak. Sangat mudah bukan? Dengan meja prasmanan dan taplak yang baik tentunya akan lebih mudah bagi Anda meraup keuntungan pada usaha ini.

Semoga bermanfaat! Nantikan artikel kami selanjutnya seputar dunia woodworking dan pengeleman di lemkertas.com ya. Kami juga akan selalu menghadirkan berbagai tips, tutorial yang mudah, sampai peluang usaha yang bisa diambil di industri ini.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here