Memilih Lem untuk Kain Non Woven yang Berkualitas

785
tas flanel

Bahan kain yang memiliki banyak keuntungan adalah kain non woven. Kain ini sering dimanfaatkan untuk membuat bros sampai pengganti busa poliuretan. Dalam aneka pemanfaatannya tersebut, diperlukan lem yang tepat digunakan. Seperti apakah lem untuk kain non woven yang bagus dan sebaiknya dibeli?

Apa itu Kain Non Woven?

Ada beragam jenis kain di pasaran. Salah satunya adalah kain non woven. Seperti namanya yakni “non woven”, kain ini tidak dibuat dari serat-serat yang dianyam atau dirajut. Kesatuan kain tersebut dilakukan secara mekanis, termal, atau kimia. Salah satu contoh kain non woven yang dikenal masyarakat secara luas adalah kain felt atau biasa disebut kain flanel. Coba perhatikan dan bandingkan perbedaan kain ini dengan kain lain seperti katun. Bilamana katun memperlihatkan adanya struktur serupa anyaman antar seratnya, tidak demikian dengan kain felt atau flanel.

Selain kain felt, contoh lain dari kain ini adalah aneka kain daur ulang. Kain-kain tersebut, bagaimanapun juga dalam pembuatannya sering melibatkan penyatuan dengan proses kimia, mekanik, hingga termal (panas).

Contoh Produk Kain Non Woven

Jenis kain ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Berikut ini contoh fungsi dari pemanfaatan kayu tersebut:

  1. Komponen pembalut wanita
  2. Pembuatan sepatu sekali pakai
  3. Tas belanja
  4. Bros dan hiasan-hiasan lainnya
  5. Bantal
  6. Tissue toilet
  7. Masker
  8. Pakaian bedah
  9. Wadah teh celup
  10. Tirai bedah
  11. Dan, masih banyak lagi lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Perlunya Lem untuk Kain Non Woven yang Bagus

Dalam pembuatan berbagai produk kain non woven, dibutuhkan perekatan sebagai salah satu bahan utamanya. Contohnya, pembuatan bros yang menggunakan kain felt atau bunga-bunga hias dengan kain tersebut. Lem yang digunakan sudah barang tentu harus memiliki kriteria spesifik. Kriteria tersebut mencakup kecocokan lem dengan material kain non woven, daya rekat, efeknya pada warna lem, dan masih banyak lagi. Hal ini makin penting diperhatikan bila Anda memiliki usaha pembuatan kerajinan dengan kain tersebut. Persoalan lem harus diperhatikan baik-baik,

Segera Gunakan Eva Phaethon

Ingin hasil pengeleman lebih baik tanpa glue line dan juga kuat? Sebagaimana disebut di atas, memang dibutuhkan lem yang baik untuk kebutuhan ini. Oleh karena itu, jangan sampai asal saat memilih lem. Salah memilih adhesive atau lem bisa berakibat pada pengeleman yang gagal atau hasil pengeleman yang kualitasnya kurang baik. Yang terakhir itu, misalnya berupa pengeleman yang tidak merata atau pengeleman yang tidak tahan lama.

Ada banyak produk lem di pasaran yang sebetulnya bisa digunakan. Namun untuk keperluan ini, dibutuhkan lem yang spesifik seperti telah diterangkan di atas. Sembarangan memilih lem kayu jelas tak bisa dilakukan. Sebab, kebanyakan lem kayu tidak bisa dipakai untuk merekatkan laminate.

Lem yang bisa Anda gunakan untuk kain non woven adalah Eva Phaethon. Berbasis ethylene vinyl aetate, Eva Phaethon adalah lem yang serba guna yang bisa digunakan untuk kebutuhannya ini. Sifat ikatannya juga kuat, tahan lama, tidak tebal, dan mudah digunakan.

Mengapa Memilih Eva Phaethon sebagai Lem untuk Kain Non Woven?
Seperti disebutkan secara sekilas di atas, lem ini merupakan lem yang memiliki banyak keunggulan sebagai perekat kain non woven. Agar lebih rinci, berikut ini poin-poin keunggulan Eva Phaethon.

Formulanya

lem eva phaethon

Formua Eva Phaethon adalah ethylene vynil acetate. Formula ini berbeda dengan formula kebanyakan lem lainnya baik itu PVA ataupun kanji. Lem Eva adalah lem yang biasa dipakai juga untuk holt melt adhesive. Namun Eva Phaethon didesain khusus dalam bentuk cair supaya pemakaiannya lebih cocok untuk kebutuhan usaha termasuk pembuatan aneka produk kain non woven. Ethylene vinyl acetate sendiri bisa digunakan untuk merekatkan berbagai media termasuk media dengan dua sifat yang berlawanan.

Daya Rekat Kuat

Lem ini memiliki daya rekat yang sangat kuat. Eva Phaethon mampu menciptakan area pengeleman yang tidak mudah rusak di bagian adhesi, kohesi, ataupun bagian antara atau intermedia.

Tidak Merusak Estetika Produk

Salah satu keunggulan utama Eva Phaethon sebagai lem untuk kain non woven adalah sifatnya yang tidak merusak estetika produk. Lem ini bisa digunakan dengan hasil yang tidak kotor dan sangat rapi. Apalagi bila Anda sudah memiliki keterampilan yang baik. Aneka produk kain non woven akan hadir dengan tampilan yang jauh lebih menawan.

Resisten terhadap Paparan Berbagai Faktor Perusak

Ikatan lem Eva Phaethon resisten terhadap berbagai produk yang bisa menyebabkan kerusakan terhadapnya. Lem ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air, cuaca lembab, siraman solvent, hingga suhu yang tidak ideal. Karenanya dengan memilih lem kain tahan air ini, produk kain non woven yang dihasilkan pun akan turut lebih awet.

Untuk Kain Non Woven dan Media lain

Sebagai lem berbasis Eva, adhesive ini bisa digunakan untuk merekatkan produk dengan sifat yang berlainan. Karenanya, lem ini juga bisa diandalkan untuk merekatkan kain non woven dengan media yang lain. Sifatnya ini akan memudahkan pekerjaan Anda sebab banyak kebutuhan penggunaan kain non woven harus dilakukan dengan kombinasi material yang lain.

Mudah Digunakan

Lem ini merupakan lem yang mudah digunakan. Pertama, lem untuk kain non woven ini adalah lem yang tak perlu dicampur dengan bahan lain seperti adhesive 2 K atau 2 komponen. Karenanya penggunaannya cenderung lebih praktis. Dengan kemudahan aplikasi ini, proses produksi pun akan berjalan lebih lancar sehingga pada akhirnya budget produksi bisa lebih dihemat.

Kecepatan Kering Ideal

Adhesive Eva Phaethon memiliki kecepatan kering lem yang ideal. Dalam artian, kecepatan keringnya tidak terlalu cepat dan terlalu lambat. Dengan sifat ini, justru proses pembuatan produk kain non woven dalam tahapan perekatan menjadi sesuai perencanaan.

Hemat

Lem untuk kain non woven ini juga sangat hemat. Lem ini bisa Anda beli dengan harga yang lebih terjangkau dan dalam kemasan yang lebih efisien. Solid content dan cover area lem ini tinggi. Hal ini membuatnya jauh lebih hemat bila dibandingkan lem lainnya. Untuk kebutuhan produksi jelas hal ini sangat diperlukan.

Yuk Segera Pesan Eva Phaethon

Lem ini kami sediakan di lemkertas.com, lho! Anda bisa memesannya secara online tanpa harus bingung kesana-kemari memilih lem yang tepat untuk kain non woven. CS dan teknisi kami juga senantiasa bisa Anda hubungi untuk menanyakan perihal pemakaian Eva Phaethon. Jadi, Anda tak perlu khawatir kesulitan menggunakan adhesive tersebut seperti saat menggunakan adhesive lainnya.

Ayo, segera pesan Eva Phaethon untuk bros, hiasan bunga, sampai tas unik dari bahan kain non woven yang berkualitas!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here