Lem PVAc Tahan Air? Adakah?

1841
istana kayu

Adakah lem PVAc tahan air? Dengan formulasi PVAc yang dilarutkan dengan air, tentu pertanyaan seperti ini wajar dipertanyakan.

istana kayuSejak pertama ditemukan beberapa abad yang lalu, polyvinyl acetate telah digunakan manusia untuk berbagai bidang. Salah satu bidang tersebut adalah bidang woodworking atau pengolahan kayu. Kerap, PVAc atau PVA dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan adhesive. Dan rupanya, penggunaan PVAc sebagai lem telah mampu menjawab persoalan adhesive yang saat itu didominasi penggunaan animal glue atau lem kak. Bahkan hingga hari ini, PVAc terbukti sebagai lem yang penggunaannya begitu diprioritaskan.

Dibanding lem Kak dan adhesive lainnya, lem PVAc secara umum lebih:

1. Kuat

2. Tak berbau menyengat

3. Sangat aman

4. Mudah digunakan

5. Lebih tahan lama

Namun kekurangannya, lem PVAc memiliki feature yang kurang baik terkait ketahanannya pada air.

Lem PVAc Tahan Air Phaethon dan Crossbond

Untungnya, teknologi pembuatan lem berbasis PVAc terus berkembang dari sejak ditemukannya. Memang benar, lem PVAc awalnya memiliki ketahanan yang kurang begitu baik pada air. Namun saat ini, beberapa lem berbasis PVAc bahkan sangat tahan air dan bisa digunakan untuk outdoor. Contohnya saja lem-lem berbasis PVAc Crossbond dan Ultra Phaethon.Menggunkan formulasi PVAc, lem-lem tersebut hadir dengan keamanan sangat terjamin dan kekuatan paling bagus di antara adhesive lainnya. Namun formulasi PVAc Crossbond maupun Phaethon telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan lem PVAc yang ketahanan pada airnya sangat baik.

Crossbond

Crossbond merupakan lem putih yang bisa digunakan untuk kayu, bambu, dan bahan kaya selulosa lainnya. Lem ini memiliki ketahanan sangat baik pada air, bahkan Crossbond X4 bisa digunakan untuk eksterior, yakni untuk perekatan lantai decking kayu.

Ultra Phaethon

Ultra Phaethon merupakan PVAc

adhesive seperti Crossbond namun diformiulasikan untuk berbagai kerajinan. Misalnya untuk decoupage. Sebagai lem untuk berbagai jenis craft, Ultra Phaethon sangat aman digunakan, kuat, serta tahan lama. Warnanya juga cocok untuk berbagai kerajinan tersebut. Berbeda dari kebanyakan lem craft, ketahanan Ultra Phaethon sangat baik. Terbukti lem ini sangat tahan pada air, solvent, maupun panas.

Mana di antara Crossbond dan Phaethon yang bagus? Jawabannya tergantung kebutuhan Anda. Untuk lem PVAc tahan air industri furniture dan lantai, maka Crossbond jawabannya. Namun untuk kerajinan, andalkanlah lem Ultra Phaethon!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here