Ini Dia Lem PVA untuk Jilid Buku yang Bagus!

791
penjilidan buku

Ada banyak sekali lem PVA di pasaran yang bisa digunakan untuk jilid buku. Tapi jelas tidak semuanya merupakan lem PVA untuk jilid buku yang bagus. Di bawah ini, kami akan memberikan beberapa kiat memilih lem yang tepat sekaligus merekomendasikan pada Anda satu merk produk yang punya keunggulan untuk kebutuhan tersebut.

Usaha jilid buku memang sangat prospektif. Apalagi bila Anda punya tanah di area yang strategis seperti di sekitar kampus. Banyaknya mahasiswa yang membutuhkan jasa tersebut bisa membuat Anda mendulang banyak keuntungan. Mereka memerlukan jasa jilid buku untuk membuat laporan penelitian, tugas, skripsi, tesis, sampai untuk mencopy dan menjilid buku bacaan kuliah. Namun demikian, jelas kompetisi dengan usaha serupa yang lain pun tak bisa diabaikan begitu saja. Supaya usaha kita lebih diminati, tentunya diperlukan berbagai kiat tersendiri. Salah satu yang krusial adalah memilih lem PVA untuk jilid buku yang bagus.

Mengapa Lem?

Kita tentu bertanya mengapa lem ditekankan di artikel ini dibanding faktor lainnya. Bukankah ada banyak faktor lain yang berpengaruh termasuk keterampilan penjilidan? Hal ini sebenarnya mudah dijawab. Dari berbagai komponen yang lain, lem sangat berpengaruh terhadap keseluruhan pengerjaan jilidan. Sebaik apapun cover yang dipakai atau ketebalan hasil penjilidan, lem punya pengaruh terhadap kualitas secara umum penjilidan yang dilakukan. Sayangnya, banyak yang abai terhadap faktor ini. Ketika penjilidan gagal, sering yang disalahkan adalah karyawan yang mengerjakannya. Sehingga karyawan dituntut untuk lebih lihai dengan usaha yang terlampau keras. Padahal, dengan mengganti lem yang dipakai, seringkali proses penjilidan berjalan lebih lancar. Agar lebih jelas, di bawha ini akan dijelaskan lebih lanjut.

jilid soft cover

Pengaruh Lem pada Hasil Jilidan

Ada sangat banyak pengaruh lem pada proses sekaligus hasil penjilidan, berikut ini hanya beberapa poin di antaranya saja.

  1. Kekuatan. Yang pertama, tentu lem berdampak pada kekuatan hasil jilidan. Karenanya, saat memilih lem jilid buku yang bagus, tidak bisa tidak memperhatikan daya rekat adhesive tersebut.
  2. Kedua, ketahanan lem. Ketahanan lem mengacu pada tingkat kestabilan ikatan adhesive saat terpapar dengan faktor seperti panas, kelembaban, hingga eksposi air. Semakin tahan lem, ikatan lem tak akan mudah rusak ketika terkena air, solvent, dan lainnya. Dengan demikian, hasil jilidan juga akan menjadi lebih awet. Banyak tempat penjilidan yang masih menggunakan lem tidak awet. Untuk mengakali hal tersebut, lem yang dipakai pun semakin banyak dan karenanya, budget yang dikeluarkan akan menjadi semakin besar.
  3. Estetika dan Bau. Faktor ketiga ini meskipun bukan faktor teknis tapi juga sangat penting. Estetika, misalnya, terkait dengan kerapian hasil jilidan. Oleh sebab itu, saat memilih lem, dibutuhkan produk yang tak menyebabkan warna ataupun punya bau tidak enak.

Lem PVA Paling Sering Digunakan

Apa itu lem PVA? Secara umum, lem dengan jenis PVA atau polyvinyl acetate dianggap unggul dari berbagai jenis lem lainnya untuk kebutuhan pengeleman kertas. Dan hal ini memang benar. Yang ingin kami koreksi adalah penyamaan lem PVA dengan lem PVA yang lain. Pertama, meskipun jenisnya sama, tapi formulasi lem PVA bisa begitu berlainan. Crossbond, misalnya. Crossbond adalah lem berbasis PVA. Tetapi, Crossbond tidak direkomendasikan untuk kertas, melainkan untuk kayu. Kedua, lem PVA punya formulasi khusus sendiri-sendiri dari inovasi yang diterapkan oleh manufaktur tiap merk adhesive. Dengan demikian antara satu lem PVA untuk kertas dengan yang lain pun bisa berlainan.

jilid buku

Lem PVA untuk Jilid Buku yang Bagus

Mencermati bahwa; 1) lem punya pengaruh besar pada proses dan hasil penjilidan, serta 2) lem PVA yang bagus pun berlainan kualitasnya, maka sangat penting bagi kita untuk bisa mendapatkan lem yang tepat. Di pasaran, sebenarnya sudah tersedia berbagai lem PVA yang bisa digunakan. Yang jadi pertanyaan, manakah yang paling bisa diandalkan?

Untuk menjawab hal ini, sebenarnya prinsip pemilihannya sederhana. Anda hanya perlu memilih lem yang daya rekat dan aspek-aspek lainnya didesain secara khusus untuk kebutuhan penjilidan. Hati-hati! Tidak semua lem kertas bisa dipakai untuk menjilid buku. Ada sangat banyak lem kertas yang daya rekatnya terlalu lemah. Kedua, sebaiknya Anda memilih lem yang memang didesain untuk kebutuhan usaha, bukan untuk kebutuhan pribadi. Lem untuk kebutuhan usaha umumnya dikemas lebih banyak dengan harga yang lebih murah.

Sebagai saran, dengan mencermati berbagai poin di atas, lem PVA untuk jilid buku yang bagus yang kami sarankan ialah lem Ultra Phaethon. Ultra Phaethon merupakan lem untuk kerajinan serat alam dan kertas. Namun, lem ini bukan lem kertas biasa yang daya rekatnya hanya bisa dipakai untuk merekatkan dua lapisan kertas. Lebih dari itu, lem ini didesain khusus sebagai lem kertas yang daya rekatnya tinggi. Dan karena hal itu pulalah, Ultra Phaethon merupakan lem yang bisa digunakan untuk mengelem berbagai kerajinan serat alam mulai dari eceng gondok sampai dengan

Yuk, Segera Pesan Ultra Phaethon

Dapatkan lem untuk jilid buku yang bagus ini sekarang juga. Anda bisa membeli Ultra Phaethon dengan mudah via pemesanan secara online. Mengapa online?

ultra phaethon

Adhesive Ultra Phaethon sebelumnya merupakan adhesive yang diperuntukkan untuk penjualan Business to Business (B2B) atau untuk kebutuhan perusahaan. Sehingga kami tidak menjualnya secara retail dan satuan. Namun, melihat trend permintaan Ultra Phaethon yang tinggi untuk usaha kecil dan menengah serta untuk kebutuhan pribadi, lem ini sekarang mulai bisa dibeli secara retail dan satuan. Saat ini, kami sudah menyediakan adhesive ini di agen Bio Industries, service point Bio Industries, dan pembelian online yang langsung di bawah Bio Industries sebagai penyedianya. Kontak saja Customer Service kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai lem ini dan cara pemesanannya.

Semoga bermanfaat ya! Hasilkan penjilidan yang baik dengan lem PVA untuk jilid buku yang bagus, Ultra Phaethon.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here