Membuat Meja TV Murah Meriah dengan Eva Phaethon dan MDF

344
meja tv murah

Dari berbagai bahan yang bisa dipakai untuk membuat meja TV, mdf menempati satu di antara daftar bahan tersebut. Selain supply yang banyak, material ini juga bisa didapat dengan harga terjangkau. Anda pun bisa menghasilkan berbagai produk meja TV murah yang lebih ramah bagi kantong pembeli.

Dari berbagai industri yang berkembang di negeri ini, industri furniture menjadi salah satu yang berhasil memberikan kontribusi besar ke masyarakat. Menguasai pasar lokal, berbagai perusahaan mebel Indonesia juga telah mencatatkan namanya di kancah internasional. Perpaduan kayu berkualitas dan keterampilan pengrajin Indonesia memang tak diragukan lagi. Sampai saat ini, tercatat potensi ekspor hingga 2,6 milyar US Dollar dengan 1,6 milyar untuk mebel dan sisanya untuk berbagai produk home dekor. Jumlah usaha (unit) yang terdaftar sendiri mencapai angka 3.500 yang tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, hingga Nusa Tenggara. Sedangkan serapan tenaga kerjanya mencapai angka hingga 500.000 ribu orang. Mebel ukir Jepara, misalnya. Mebel dari daerah tersebut telah begitu terkenal dengan carved furniture yang memiliki estetika dengan kesan mewah. Jepara sebagai sentra industri mebel juga berhasil meningkatkan ekononomi penduduk lokal dengan produksi mebelnya tersebut.

Sayangnya memasuki era yang makin mengglobal ini, industri furniture kita mendapat tantangan baru yang lebih berat. Dalam hal estetika, pelaku usaha kita memang unggul. Tapi bagaimana dengan aspek harga? Bagaimana dengan aspek estetika atau style design? Belum lagi dengan tingkat keragaman produk. Jangan sampai produk Indonesia stagnan pada jenis mebel yang sama dari tahun ke tahun.

Dari segi harga, misalnya, produk mebel murah dari negara lain telah mengancam produk nasional negeri ini. Strategi lama tentu tak bisa terus dilakukan. Pelaku usaha Indonesia juga harus lebih kreatif dan mengikuti tuntutan pasar.

Membuat Meja TV Murah dengan Kayu Olahan!

Terkait dengan masalah harga, pelaku usaha Indonesia memang mau tak mau ditantang untuk menurunkan harga mebel mereka. Utamanya untuk mebel-mebel yang banyak digunakan. Salah satunya meja TV.

Lantas apa strategi yang bisa dilakukan?

Secara umum, harus dipahami bahwa harga produk pasti terkait dengan biaya produksinya. Sehingga salah satu cara untuk bisa memproduksi meja televisi murah ialah dengan menghemat biaya pembuatannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan.  Misalnya dengan memanfaatkan kayu olahan.

Apa itu kayu olahan? Engineered wood atau kayu olahan adalah material yang dibuat dari bahan kayu namun dalam bentuk partikel, serabut, atau serat-serat. Kayu seperti ini dihasilkan dari proses daur ulang hingga pemakaian limbah mebel yang tak terpakai. Beberapa jenis kayu olahan antara lain:

  1. Fiberboard, seperti MDF dan HDF. Fiberboard terdiri atas Medium Density Fiberboard dan High Density Fiberboard. Kedua kayu olahan ini ideal dipakai dalam pembuatan berbagai jenis mebel. Fiberboard lebih kuat dibanding particle board akan tetapi tidak lagi memiliki pola serat kayu solid sebagaimana kayu lapis atau plywood.
  2. Particle board. Particle board merupakan jenis kayu olahan yang paling murah. Namun kayu olahan ini juga yang paling rendah kualitasnya. Particle board kurang tahan terhadap air dan kelembaban serta berbagai faktor perusak yang lain.
  3. Blockboard. Blockboard adalah papan laminasi kayu yang di bagian luarnya dilapisi dengan veneer.
  4. Kayu lapis. Kayu lapis merupakan potongan tipis kayu lebar yang ditumpuk satu sama lain. Kayu lapis terdiri atas tripleks dengan ketebalan lebih rendah dan multipleks yang jauh lebih tebal. Kayu lapis masih memiliki pola serat indah kayu solid, dan unggul karena menghadirkan supply kayu dengan ukuran lebar yang tak bisa disediakan kayu solid.

Pemakaian kayu-kayu seperti di atas akan menurunkan biaya produksi Anda sehingga harga produk akhir bisa diturunkan. Yang juga menguntungkan, berbagai kayu olahan tersebut secara umum lebih mudah didapat secara kontinyu dibanding kayu solid untuk ke depannya. Dengan demikian, supply material pokok untuk kegiatan produksi Anda pun akan menjadi lebih lancar. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga dengan kelancaran proses produksi tersebut.

Memperhatikan Aspek Estetika

Meski menguntungkan, tak semua aspek kayu olahan lebih bagus dibanding kayu solid. Selain kekuatannya yang kurang, kayu olahan juga dinilai kurang menarik. Lihat saja kayu seperti MDF atau particle board. Tak ada serat atau pola alami yang bagus seperti jati. Kesan unik pun tak ditemukan seperti pada kayu jati belanda.

Kedua, kayu-kayu olahan juga sulit difinish. Karena dibuat dari serpih atau particle kayu, bahan akhir engineered wood mudah menyerap cairan. Akibatnya, ketika diterapkan cat pada material tersebut, warnanya cenderung kurang seragam. Kalaupun bisa, usaha yang harus Anda lakukan sampai berlipat ganda dibanding ketika mengecat kayu solid.

Untungnya, kini Anda tak perlu khawatir lagi. Selain aplikasi finishing biasa menggunakan cat, sudah lama industri woodworking mengenal teknologi finishing tempel untuk membuat meja TV murah dari kayu olahan. Caranya cukup sederhana tapi sangat efektif. Yang perlu dilakukan hanya mengelem sebuah pelapis berupa lembaran yang memiliki gambar atau pola menarik. Cara ini akan secara kilat mengubah mebel kayu olahan menjadi sangat bagus dan sangat layak dijual.

Yang terpenting ialah memilih pelapis yang tepat. Misalnya HPL. HPL atau High Pressure Laminate adalah pelapis sintetis dari bahan kertas kraft dan beberapa zat resin. HPL biasanya didesain dengan berbagai motif serta warna. Ada HPL dengan motif serupa kayu jati, motif bunga atau floral, hingga tanpa motif dengan warna solid color. Penggunaan HPL juga akan berpadu secara baik dengan kayu olahan dalam hal proteksi. Sebab HPL memiliki sifat resisten atau tahan terhadap air, solvent, dan kelembaban. Penempelan HPL dengan demikian akan membuat meja TV tersebut menjadi lebih tahan lama.

Gunakan Eva Phaethon untuk Membuat Meja TV Murah Anda!

Nah, tentu saja untuk aplikasi pelapis seperti HPL dibutuhkan lem khusus untuk melakukannya. Penggunaan lem sangat krusial sebab akan mempengaruhi keawetan produk. Bila lem kurang rekat, maka HPL akan mudah mengelupas. Akibatnya, kayu olahan akan terekspos dengan kelembaban hingga air yang akan membuat bahan tersebut tak lagi kokoh seperti sedia kala. Oleh sebab itu, pilih lem dengan hati-hati dan tidak sembarangan.

Lem yang kami sarankan untuk keperluan ini ialah Eva Phaethon. Didesain dengan bahan dasar khusus dan dibuat dengan teknologi modern, adhesive ini akan membantu Anda merekatkan berbagai jenis bahan satu sama lain. Eva Phaethon juga murah sehingga akan membuat meja TV murah Anda benar-benar terwujud.

Keunggulan lainnya, lem Eva Phaethon merupakan adhesive yang juga memiliki kecepatan kering ideal untuk aplikasi finishing tempel. Dengan demikian aplikasi lem ini untuk membuat meja TV akan memperlancar kerja Anda menghasilkan produk yang berkualitas.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here