4 Super Tips Membuat Furniture Murah Bersama Eva Phaethon

436
furniture murah

Ssst! Kami punya 4 super tips untuk bisa membuat furniture murah. Kuncinya adalah Eva Phaethon. Bersama lem ini, Anda bisa menghasilkan mebel dari MDF hingga particle board yang jauh lebih menarik, berkualitas, dan tetap terjangkau!

Bagaimana cara agar mebel yang kita jual lebih murah? Di tengah persaingan dengan raksasa produsen mebel seperti China dan negara-negara lainnya, pelaku usaha Indonesia jelas dituntut kreatif. Apalagi, sebelum “berhadapan” dengan Tiongkok, sejatinya masih banyak negara yang mengungguli Indonesia. Negara kita masih kalah dengan Amerika, Jerman, Perancis, Malaysia, hingga Vietnam. Tiongkok yang berada di posisi 1 dunia sebagai produsen mebel masih jauh dari jangkauan Indonesia. Tapi tentu saja bukan berarti kita lantas pesimis. Sekali lagi, berbagai kiat harus dilakukan. Apalagi ketika Indonesia sudah berani menarget lima besar produsen mebel dunia.

Agar mebel yang dihasilkan bisa murah sendiri, budget produksi harus diturunkan. Sebab tanpa itu, keuntungan akan sulit didapatkan atau harus dikurangi. Cara agar budget produksi bisa dikurangi sendiri memang tidak mudah. Tapi Anda mungkin bisa mencoba menggunakan kayu olahan.

Apa itu Kayu Olahan?

Engineered wood atau kayu olahan adalah bahan yang dibuat dari kayu solid dan bagian pohon lainnya. Bahan ini diolah secara fabrikasi untuk kemudian digunakan pada pembuatan berbagai jenis mebel mulai dari meja, kursi, hingga buffet. Pada kayu solid, bagian pohon yang digunakan hanya bagian batang saja. Sedangkan pada kayu olahan, bagian di luar batang pun sering dipakai. Selain itu, tak jarang juga limbah seperti serpih dari pengolahan kayu solid juga digunakan untuk membuat kayu olahan. Hal inilah yang membuat engineered wood jauh lebih murah dibandingkan dengan kayu solid. Pemakaiannya untuk membuat furniture murah juga prospektif. Apalagi supply kayu oalah juga secara umum mencukupi untuk kebutuhan produksi. Karena itulah, tips dari kami untuk membuat furniture dengan harga terjangkau melibatkan penggunaan aneka jenis engineered wood.

Agar lebih jelas, simak langsung tipe material kayu olahan yang kami sarankan di bawah ini.

Tips Bahan untuk Membuat Furniture Murah

Kayu Lapis atau Plywood (Tripleks dan Multipleks)

Kayu lapis adalah kayu olahan yang bisa menjadi alternatif menarik untuk membuat mebel dengan harga yang lebih terjangkau. Plywood atau kayu lapis juga merupakan kayu olahan terpopuler yang sering digunakan. Apalagi dibanding jenis kayu olahan lainnya, kayu ini masih memiliki pola serat kayu yang membuatnya lebih menarik.

MDF

Bahan lain yang sering dipakai pada pembuatan mebel murah adalah MDF atau Medium Density Fiberboard. Bahan ini terbuat dari serbuk kayu yang kemudian disatukan dengan resin khusus pada kondisi bertekanan tinggi. MDF sering dipakai untuk membuat papan meja hingga kabinet dapur.

HDF atau High Density Fiberboard

Fiberboard bisa dibagi menjadi dua. Selain MDF yang telah disebutkan di atas, juga terdapat MDF. Bahan HDF sebetulnya sama saja dengan MDF. Material ini juga bisa dipakai untuk membuat furniture murah. Hanya saja, HDF dibuat dengan densitas yang lebih tinggi sehingga kekuatannya pun secara umum lebih baik dibanding MDF.

Particle Board

Particle board merupakan material yang paling terjangkau untuk membuat furniture murah. Particle board, sebagaimana namanya terbuat dari serpih kayu yang lebih kecil untuk kemudian disatukan sehingga membentuk papan. Papan-papan ini, secara kualitas lebih rendah resistensinya terhadap air. Selain itu, kekuatan particle board juga lebih rendah dibanding kayu olahan yang lain. Keunggulan utama particle board terletak pada harganya yang lebih terjangkau saja.

Block Board

Block board adalah papan kayu yang terbuat dari potongan kayu yang lebih kecil. Potongan-potongan kayu yang hanya berukuran beberapa cm ini kemudian disatukan satu sama lain sehingga membentuk papan yang lebih lebar. Di bagian paling luar blockboard sering dilapisi dengan veneer. Salah satu contoh blocboard yang terkenal adalah teakblock. Sebagaimana namanya, teak block atau yang juga sering disebut dengan tik blok adalah block board dengan pelapis veneer kayu jati.

Kayu Olahan juga Eco Friendly

Penggunaan berbagai jenis kayu olahan tersebut, dengan harganya yang lebih terjangkau sudah pasti akan membantu Anda menghasilkan furniture murah. Namun, selain keunggulan tersebut, masih ada beberapa keunggulan lain kayu olahan. Misalnya sifat kayu yang dinikai eco friendly. Kayu ini, sebagaimana disebut di atas terbuat dari bagian yang seringkali tidak digunakan ketika pohon ditebang untuk diambil kayu batangnya. Selain itu, kayu ini juga sering menggunakan limbah tak terpakai industri woodworking kayu solid. Hal ini membuat kayu olahan dinilai sebagai bahan baku yang lebih ramah lingkungan.

Kayu Olahan Perlu Pelapis

Proses pembuatan furniture murah dengan bahan kayu lapis bagaimanapun juga memiliki beberapa kekurangan. Selain sifat kayu yang tak tahan air dan kurang kuat, masalah lain yang sering harus diantisipasi adalah estetika kayu olahan yang kurang menarik. Apalagi kayu olahan selain plywood. Kayu-kayu seperti MDF, HDF, hingga particle board tidak memiliki pola serat kayu yang menarik. Proses pengecatan pun sulit dilakukan. Sehingga cara terbaik untuk melakukan finishing adalah dengan memanfaatkan pelapis.

Penggunaan berbagai kayu olahan di atas akan membuat Anda lebih hemat dari segi anggaran. Agar estetika produk menarik, pilihlah pelapis sintetis dengan tampilan yang menarik. Pelapis sintetis sendiri telah tersedia dalam berbagai varian warna serta motif. Ada yang warnanya polos, motif bunga, dan lainnya. Contohnya saja pelapis sintetis High Pressure Laminate dengan motif floral. Sangat menarik, bukan? Finishing menggunakan pelapis seperti ini disebut sebagai finishing tempel. Namun dalam pengaplikasiannya jelas dibutuhkan adhesive. Dan, adhesive yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah Eva Phaethon.

Mengapa Eva Phaethon?

Tapi mengapa Eva Phaethon dan bukan lem lain di pasaran? Eva Phaethon pada dasarnya merupakan lem berbasis ethylene vinyl acetate. Lem ini didesain secara khusus untuk industri berbasis kayu olahan atau engineered wood. Eva Phaethon memiliki karakteristik khas yang membuatnya mampu merekatkan media beda karakter. Sehingga, Anda bisa menggunakan kayu olahan dan pelapis sintetis seperti High Pressure Laminate. Lem ini juga memiliki berbagai keunggulan menarik mulai daya rekat yang kuat, cepat kering, hingga lem yang tidak menyebabkan glue line.

Eva Phaethon saat ini juga bisa dipesan dengan cara yang lebih mudah. Adhesive ini bisa Anda dapatkan secara online dengan cara memesan di kontak Customer Service yang kami cantumkan pada website ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan via berbagai online shop seperti Tokopedia. Ingin membeli secara langsung? Mengapa tidak? Pembelian secara langsung juga bisa dilakukan. Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here