Diandalkan Pelaku Usaha, Ini Lem untuk Bambu yang Bagus dan Tips untuk Menggunakannya

549
hutan bambu

Sulitkan mencari lem untuk bambu yang bagus? Sebenarnya tidak. Di bawah ini, kami menyajikan informasi mengenai adhesive andalan yang bisa digunakan untuk bambu. Tips pemakaiannya juga kami sertakan agar Anda bisa menggunakan adhesive tersebut secara optimal.

hutan bambu

Mengenal Bambu dan Produk-produknya

Bambu merupakan tumbuhan dari kelompok rumput-rumputan. Tanaman ini ditemukan pada banyak wilayah mulai dari Asia Pasifik, Australia, India, hingga di beberapa wilayah di Amerika.

CS LemKertas

Salah satu ciri khas bambu adalah bentuk batangnya yang berupa tabung berongga. Tiap ruas-ruas tabung tersebut memiliki sekat yang memisahkannya satu sama lain. Daun-daun bambu tumbuh pada bagian sekat-sekat ini dengan bentuk meruncing.
Dalam sejarahnya, bambu telah banyak dimanfaatkan masyarakat. Karena memiliki substrat solid, bahan ini biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti halnya kayu. Misalnya saja digunakan sebagai material untuk pembuatan mebel, bangunan, aneka kerajinan, hingga benda-benda fungsional seperti untuk peralatan makan.

Pada perkembangannya akhir-akhir ini, bambu telah lebih luas diolah dan dimanfaatkan. Bukan saja digunakan dalam bentuknya yang “alami”, bahan ini juga kerap diolah terlebih dahulu dalam bentuk-bentuk papan atau board. Biasanya, teknik pengolahannya dilakukan secara laminasi. Potongan-potongan kecil bambu disatukan satu sama lain sehingga membentuk papan. Dengan terbentuknya papan dari bambu, harapannya pemanfaatan material tersebut bisa menjadi lebih fleksibel. Misalnya saja untuk pembuatan talenan, lantai, decking, hingga panel dinding dari bambu. Bambu laminasi pun bisa membuat mebel yang dihasilkannya lebih menarik.

Perlunya Lem untuk Bambu yang Bagus dan Cocok

Penggunaan bambu sebagai bahan dasar mebel hingga bahan bangunan membutuhkan banyak bahan pendukung. Salah satunya adalah adhesive atau bahan perekat. Adhesive dipakai untuk berbagai kebutuhan mulai dari menyambungkan bamboo joint hingga merekatkan potongan kecil bambu sehingga menghasilkan bamboo board.

Karena sangat penting pengaruhnya pada produk bambu yang dihasilkan, pemilihan lem bambu harus diperhatikan baik-baik. Sangat diperlukan lem untuk bambu yang bagus agar produk yang dihasilkan juga bagus.

Untuk mendapatkan lem bambu yang bagus sendiri pertama-tama yang harus diperhatikan adalah tujuan pengelemannya. Bila lem dimaksudkan untuk merekatkan sambungan, maka perlu dipakai lem konstruksi. Bila lem dimaksudkan untuk membuat lem bambu laminasi, maka lem laminasilah yang harus dipilih. Sedangkan bila lem dimaksudkan untuk merekatkan dua media beda karakter (bisa bagian paling luar bambu atau pengeleman bambu dengan bahan lainnya), maka dibutuhkan lem berbasis EVA atau ethylene vinyl acetate.

Mengapa Eva Phaethon Cocok untuk Bambu?

Khusus untuk perekatan media beda karakter yang melibatkan bambu, adhesive berbasis EVA yang kami sarankan adalah Eva Phaethon. Eva Phaethon memanfaatkan formulasi dasar EVA dengan modifikasi tertentu agar hasilnya lebih baik. Secara umum, adhesive ini dilengkapi dengan feature-feature seperti:

1. Ikatannya yang lebih kuat

2. Ketahanan yang lebih baik

3. Tingkat keamanan sesuai standar

4. Cara pakai yang mudah

5. Solid content tinggi

6. Kemampuan merekatkan media beda karakter yang sangat bagus

7. Cepat kering

Eva Phaethon didesain dengan inner cross linker yang mampu membuat ikatannya sangat kuat. Adhesive ini juga sangat tahan lama dan memiliki resistensi sangat baik pada air, solvent, hingga panas. Dalam penggunaannya, lem untuk bambu yang bagus ini bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan mulai dari pemakaian bambu sebagai bahan mebel, penggunaan bambu sebagai bahan konstruksi bangunan, hingga pelapisan bambu dalam proses finishing tempel.

Selain memiliki berbagai feature menarik, Eva Phaethon juga bisa Anda beli dengan harga sangat terjangkau. Lem ini bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp. 148.000,- untuk kemasan 4 kg. Harga lem Eva Phaethon murah ini pun didukung dengan beberapa featurenya yang membuatnya lebih hemat ketika dipakai. Misalnya:

1. Kecepatan kering yang baik. Dengan kecepatan kering yang baik, adhesive ini akan membuat alur proses produksi berjalan dengan lebih efisien. Dana produksi pun bisa dihemat. Bahkan Anda bisa menghasilkan lebih banyak produk dalam waktu yang sama.

2. Solid content tinggi. Lem ini dikemas dalam kemasan 4 kg. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan yang jauh lebih besar dibanding adhesive lainnya.

3. Cover area yang luas sehingga membuat lem tak perlu banyak-banyak digunakan.

4. Mudah digunakan tanpa perlu alat dan tambahan lainnya.

5. Kualitas yang bagus sehingga membuat resiko kegagalan produksi bisa diminimalisir.

jual lem putih yang bagus untuk hpl

Cara Aplikasi Eva Phaethon dan Tips Pemakaiannya

Untuk menggunakan Eva Phaethon, caranya sebenarnya sangat sederhana. Anda pun bisa menerapkan adhesive ini untuk proses aplikasi manual maupun proses aplikasi dengan mesin-mesin canggih. Dengan demikian, lem untuk bambu yang bagus ini bisa dimanfaatkan berbagai pelaku usaha, baik itu pelaku usaha kecil menengah maupun pelaku usaha skala besar.

Langkah-langkah cara menggunakan Eva Phaethon secara manual adalah sebagai berikut:1. Persiapan media yang akan dilem satu sama lain. Tahapan persiapan ini mencakup pemerataan permukaan media, pembersihan media, dan pengeringan media. Pastikan media bebas noda termasuk noda bekas solvent.2. Pengolesan Eva Phaethon pada kedua permukaan media yang akan direkatkan.3. Penungguan hingga kering. Bila memungkinkan, aplikasikan tekanan pada kedua media yang sudah direkatkan. Dengan demikian, kekuatan ikatannya lebih kuat serta “tepat”.

Saat digunakan pada berbagai mesin canggih, Anda hanya tinggal menyesuaikan pemakaian lem ini dengan alat-alat tersebut. Secara umum, adhesive ini sangat fleksibel digunakan pada alur produksi modern menggunakan perlengkapan terbaik.

Mau Pesan Lem untuk Bambu yang Bagus Ini? Begini Caranya

Ingin memesan Eva Phaethon? Sebagai lem dengan feature lengkap namun harganya terjangkau, kini Eva Phaethon menjadi primadona industri-industri yang memanfaatkan bambu. Mulai dari industri mebel sampai craft sering menjadikan Eva Phaethon sebagai andalan mereka.

Tertarik menggunakan adhesive ini juga? Toh, kalau ada lem yang bagus seperti Eva Phaethon, kenapa harus menggunakan adhesive lainnya yang kualitasnya tak menjamin? Apalagi harga adhesive ini juga sangat terjangkau.

Cara pembelian adhesive ini juga sangat mudah dan terbagi atas beberapa opsi. Anda bisa menikmati aneka feature menarik lem ini dengan tiga cara pembelian di bawah ini.

1. Pembelian secara langsung di kantor Bio Industries dan agen-agennya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kantor Bio Industries terletak di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Sedangkan agen-agennya tersebar di kota-kota yang lain. Hubungi saja kontak CS kami untuk informasi lebih lanjut.

2. Pembelian secara online dengan menghubungi kami via website ini. Anda bisa memanfaatkan fitur “Pesan Sekarang” maupun menghubungi hotline CS kami.

3. Pembelian via marketplace atau online shop seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Pilih saja cara pembelian yang menurut Anda paling nyaman dilakukan. Di manapun Anda membeli, lem untuk bambu yang bagus ini akan selalu hadir dalam kualitas terbaiknya.
Ayo gunakan Eva Phaethon untuk produk bambu yang lebih unggul!

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here