Macam Sambungan Bambu dan Perlunya Lem yang Kuat untuk Bambu

1862
plug ini bambu konektor

Ada berbagai macam tipe sambungan bambu. Namun dari berbagai macam sambungan tersebut, upayakanlah untuk memanfaatkan lem yang kuat untuk bambu.

furniture bambuHingga hari ini, pemanfaatan bambu terus dilakukan manusia. Banyak sekali inovasi yang sudah dikembangkan. Misalnya saat kita melihat berbagai tipe bamboo joint. Berbagai tipe sambungan bambu berkembang dari zaman dulu hingga sekarang, tak kalah dari sambungan kayu.

Dalam aplikasi sambungan ini, terkadang dibutuhkan lem sebagai bahan pendukungnya. Fungsi lem bervariasi mulai dari yang sangat dibutuhkan, dianjurkan, sampai bisa digunakan maupun tidak. Namun secara umum, lem pada dasarnya berguna untuk menstabilkan sambungan pada material ini. Lem tidak hanya memperkuat, namun juga akan membuat posisi bambu tetap sehingga sambungan lebih kokoh, tidak terus bergeser, dan tidak mengeluarkan suara berdecit saat dikenai tekanan.

Contoh dua sambungan di bawah ini adalah bamboo joint yang memerlukan lem.

Interlocking Connection

Merupakan sambungan dengan banyak bambu yang bermuara pada bahan metal atau kayu. Sambungan tipe ini akan memberikan banyak manfaat tergantung kebutuhan percabangan bambu yang kita inginkan. Namun kekurangannya terletak pada teknik aplikasi yang tergolong sulit.

Plug In Bamboo Connector

plug ini bambu konektorPlug in bamboo connector dilakukan dengan setidaknya 3 bahan, yakni 2 bambu dan 1 kayu. Pertama, lubangi bambu pertama pada bagian dalamnya (hilangkan sekat-sekatnya). Selanjutnya, lubangi secara vertikal bambu kedua. Setelah itu, masukkan kayu ke dalam bambu pertama hingga tembus lubang bambu kedua. Lakukan penyumbatan agar kayu tidak lepas. Tidak sulit kan? Meski demikian untuk penghilangan bagian dalam bambunya memang harus dilakukan dengan sabar.

Ingat, Gunakan Lem yang Kuat untuk Bambu!

Yang tak boleh dilupakan adalah pemanfaatan lem yang kualitasnya baik terutama pada aspek kekuatannya. Pilih adhesive yang kuat untuk kebutuhan ini. Rekomendasi kami berdasarkan kriteria tersebut adalah Crossbond X3. Sebagai lem PVAc untuk kebutuhan perekatan struktural, Crossbond X3 memiliki inner cross linking yang membuat pengelemannya menjadi ekstra kuat.

Namun, lem yang kualitasnya baik saja sebenarnya tidak cukup. Gunakanlah Crossbond X3 dengan baik dan benar. Misalnya dengan mengoleskan lem dalam jumlah secukupnya. Jangan terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Keduanya sama-sama tidak ideal dan akan kurang bagus bagi perekatan yang dihasilkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here