plug ini bambu konektor

Macam Sambungan Bambu dan Perlunya Lem yang Kuat untuk Bambu

Ada berbagai macam tipe sambungan bambu. Namun dari berbagai macam sambungan tersebut, upayakanlah untuk memanfaatkan lem yang kuat untuk bambu.

lem yang kuat untuk bambuHingga hari ini, pemanfaatan bambu terus dilakukan manusia. Banyak sekali inovasi yang sudah dikembangkan. Misalnya saat kita melihat berbagai tipe bamboo joint. Berbagai tipe sambungan bambu berkembang dari zaman dulu hingga sekarang, tak kalah dari sambungan kayu.

promo produk biovarnish sanding sealer

Dalam aplikasi sambungan ini, terkadang dibutuhkan lem sebagai bahan pendukungnya. Fungsi lem bervariasi mulai dari yang sangat dibutuhkan, dianjurkan, sampai bisa digunakan maupun tidak. Namun secara umum, lem pada dasarnya berguna untuk menstabilkan sambungan pada material ini. Lem tidak hanya memperkuat, namun juga akan membuat posisi bambu tetap sehingga sambungan lebih kokoh, tidak terus bergeser, dan tidak mengeluarkan suara berdecit saat dikenai tekanan.

Baca Juga : Ingin Jadikan Bangku Bambu Kokoh? Pilih Dulu Lem yang Kuat untuk Bambu Ini!

Contoh dua sambungan di bawah ini adalah bamboo joint yang memerlukan lem.

Interlocking Connection

Merupakan sambungan dengan banyak bambu yang bermuara pada bahan metal atau kayu. Sambungan tipe ini akan memberikan banyak manfaat tergantung kebutuhan percabangan bambu yang kita inginkan. Namun kekurangannya terletak pada teknik aplikasi yang tergolong sulit.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Baca Juga : Langkah langkah Membuat Tempat Tidur Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

Plug In Bamboo Connector

lem yang kuat untuk bambuPlug in bamboo connector dilakukan dengan setidaknya 3 bahan, yakni 2 bambu dan 1 kayu. Pertama, lubangi bambu pertama pada bagian dalamnya (hilangkan sekat-sekatnya). Selanjutnya, lubangi secara vertikal bambu kedua. Setelah itu, masukkan kayu ke dalam bambu pertama hingga tembus lubang bambu kedua. Lakukan penyumbatan agar kayu tidak lepas. Tidak sulit kan? Meski demikian untuk penghilangan bagian dalam bambunya memang harus dilakukan dengan sabar.

Baca Juga : Ini Dia Varian Plybamboo yang Bisa Dibuat dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond X4

Ingat, Gunakan Lem yang Kuat untuk Bambu!

Yang tak boleh dilupakan adalah pemanfaatan lem yang kualitasnya baik terutama pada aspek kekuatannya. Pilih adhesive yang kuat untuk kebutuhan ini. Rekomendasi kami berdasarkan kriteria tersebut adalah Crossbond X3. Sebagai lem PVAc untuk kebutuhan perekatan struktural, Crossbond X3 memiliki inner cross linking yang membuat pengelemannya menjadi ekstra kuat.

Namun, lem yang kualitasnya baik saja sebenarnya tidak cukup. Gunakanlah Crossbond X3 dengan baik dan benar. Misalnya dengan mengoleskan lem dalam jumlah secukupnya. Jangan terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Keduanya sama-sama tidak ideal dan akan kurang bagus bagi perekatan yang dihasilkan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *