Adhesive untuk Bridge Joint? Lem Kayu Konstruksi Crossbond

661
bridle joint sambungan

Lem kayu konstruksi Crossbond merupakan jawaban atas tuntutan penggunaan lem berkualitas untuk sambungan bridle joint. Mengapa demikian? Simak jawabannya di bawah ini.

bridle joint sambungan

Apa itu Bridle Joint?

Sambungan bridle atau disebut juga sebagai bridle joint merupakan salah satu sambungan dalam dunia woodworking. Tipe sambungan ini memiliki desain menyerupai mortise and tenon joint. Hanya saja, terdapat beberapa perbedaan di sana-sini. Perbedaan terbesarnya adalah pada aspek ukuran. Secara umum, panjang tenon dan kedalaman mortise pada sambungan ini lebih panjang dibanding mortise and tenon joint.

Dari tipenya sendiri, terdapat setidaknya dua tipe bridle joint. Yang pertama adalah bridle joint sudut, dan yang kedua adalah bridle joint T. Sesuai namanya, kedua tipe tersebut dibedakan atas bentuknya. Bila bridle joint sudut diaplikasikan pada sudut, bridle joint T diaplikasikan di salah satu bagian tengah kayu.

T bridle joint

Saran Bridle Joint Berkualitas

1. Pastikan ukuran antara tenon dan mortise-nya tepat. Hati-hatilah dalam mengukur maupun memotong keduanya.

2. Gunakan kayu dari jenis yang cocok untuk sambungan ini, terutama bila Anda hendak menggunakan kayu beda jenis.

3. Aplikasikan lem dalam jumlah yang cukup.

4. Pilih adhesive dengan daya rekat yang baik.

5. Jangan gunakan tenon yang terlalu pendek. Lebih baik menggunakan tenon yang terlalu panjang dibanding tenon yang terlalu pendek. Sebab tenon yang terlalu panjang bisa dipotong agar ukurannya sesuai.

Yuk, Gunakan Lem Kayu Konstruksi Crossbond!

Telah disebutkan di atas, bahwa penggunaan lem dengan daya ikat yang baik merupakan tuntutan sambungan ini. Aplikasi bridle joint bagaimanapun juga memang dipengaruhi lemnya.

Crossbond merupakan adhesive bertipe konstruksi dengan daya ikat yang didukung inner cross linker modifier. Adhesive ini akan menjadi jawaban untuk perekatan sambungan bridle joint dengan kualitas yang baik. Lem ini akan masuk ke dalam substrat kayu, berikatan dengan material tersebut, dan untuk berikutnya berikatan saling-silang sesama zat adhesive. Dengan ikatan ganda yang ditimbulkan tersebut, Crossbond akan menyokong stabilitas dan kekuatan sambungan bridle.

lem kayu konstruksi crossbond

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here