Lem Kayu Konstruksi untuk Kotak Kayu Serbaguna

1386
box kayu bagus

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk membuat kotak kayu serbaguna? Selain menarik, pasti peminatnya juga banyak. Apalagi bila Anda dapat membuatnya dengan cantik. Nah, ada dua cara mudah agar kotak yang dihiasilkan terlihat lebih menarik. Dua cara itu ialah aplikasi sambungan box joint serta lem kayu konstruksi untuk kotak kayu yang bagus.

Apa itu Box Joint?

boks joint

Box joint sebagaimana namanya ialah sambungan yang diaplikasikan untuk membuat kotak. Box joint memiliki nama lain finger joint. Namun istilah box joint secara spesifik ditujukan untuk aplikasi finger joint pada kotak. Pada sambungan ini, jari-jari finger joint tidak diposisikan dalam posisi mendatar. Kedua kayu yang disambung pada tangkupan jari-jari tersebut diposisikan menyudut. Dengan begitu, maka ukuran pada “finger” sambungan ini harus dibuat pas satu sama lain. Penyudutan harus dilakukan dengan tepat supaya hasilnya juga baik.

Cara Agar Box Joint Tampak Cantik

Aplikasi finger joint sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuat desain sambungan tersebut lalu menangkupkannya setelah aplikasi lem. Yang harus dicermati ialah ketelitian dalam memastikan ukuran jari-jari tersebut.Namun bila kita hanya membuat kotak dengan cara biasa seperti ini, tentu jadinya akan kurang menarik. Agar kotak kayu terlihat lebih cantik dengan menonjolkan bagian box joint-nya, kita perlu melakukan:

1. Pengecatan pada ujung jari. Sehingga nantinya box akan tampak berpola kotak-kotak di bagian sudut-sudutnya.

2. Aplikasi dua kayu yang berbeda, atau dua kayu yang sama namun dicat dengan cara berbeda.

3. Pengukiran pada jari box joint. Sehingga kotak akan tampak lebih menarik.

4. Pembuatan pola pada jari box joint.

box kayu bagus

Selain saran di atas, tentu masih banyak lagi upaya yang bisa kita lakukan supaya kotak terlihat lebih menarik. Nah, yang tak boleh Anda lupakan berikutnya ialah aplikasi lem yang harus berkualitas.

Harus Didukung dengan Lem Kayu Konstruksi untuk Kotak Kayu Berkualitas

Mengapa lem yang digunakan harus berkualitas? Pertama, harus dipahami bahwa lem tidak hanya berperan sebagai perekat. Lem secara langsung dan tak langsung juga akan berperan pada estetika produk. Misalnya terkait dengan efek glue line. Warna dari lem yang berkualitas buruk biasanya akan menyebabkan glue line sehingga keindahan kotak menjadi rusak. Lem juga akan berdampak pada terwujudnya rancangan desain sehingga sudah pasti berpengaruh pada estetika.Adhesive yang bisa Anda andalkan untuk pembuatan produk ini ialah lem kayu konstruksi Crossbond X3.

Crossbond X3 yang merupakan PVAc water based memiliki warna yang akan tersamar dengan baik dan tak menyebabkan fenomena glue line. Lem kayu konstruksi untuk kotak kayu ini juga memiliki daya rekat yang kuat.Sangat menarik ya? Dengan kualitas lem yang bagus, memang akan bisa dihasilkan kotak-kotak kayu yang lebih cantik. Aplikasi Crossbond juga sangat mudah dilakukan. Berikut ini langkah-langkah mengelem box joint dengan Crossbond X3:

1. Bersihkan bagian yang akan dilem dan keringkan

2. Oleskan lem kayu konstruksi untuk kotak kayu Crossbond X3

3. Rekatkan kayu

4. Pasang clamp press, tunggu hingga mengering

Dengan cara penggunaan yang mudah dan fitur yang berkualitas, Crossbond memang merupakan lem konstruksi idaman.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here