Memanfaatkan Kayu Pinus dari Bekas Stik Es Krim untuk Membuat Kotak Pensil

1955

kayu pinusPinus merupakan jenis kayu lunak yang memiliki serat halus. Tumbuhan ini telah banyak dipilih oleh berbagai industri kayu untuk membuat mebel. Sumber alam ini secara umum digunakan untuk furniture interior seperti meja makan, kerangka tempat tidur, dll. Kayu pinus ternyata dapat dimanfaatkan untuk  kerajinan tangan. Sebagai contoh ialah kotak pensil yang dapat dibuat dengan jenis lem kertas.

Industri pengolahan kayu sering membuang sisa bahan baku yang sudah tidak terpakai. Sebenarnya, hal ini sangat disayangkan karena akan menjadi sampah produksi. Melihat hal tersebut, beberapa industri kerajinan mulai memanfaatkan sisa kayu ini sebagai bahan baku utama. Penggunaan bahan bekas ini ternyata memberikan omset yang besar dengan biaya produksi yang lebih hemat.

4 Langkah Mudah Pembuatan Kotak Pensil dari Kayu Pinus

Kayu pinus untuk membuat kotak pensil bisa menggunakan stik es krim. Bahan baku ini dapat dibeli di toko kelontong, swalayan, dll. Jika kayu didapat dari sisa industri maka proses pembuatan kotak pensil akan lebih panjang. Kayu ini harus dipotong kecil-kecil dahulu seperti bentuk stik es krim atau persegi panjang. Ada bahan lain yang diperlukan untuk membuat kerajinan ini selain kayu jenis pinus. Bahan tersebut ialah lem, plester, dan gunting. Lem yang digunakan tentunya adalah lem yang cocok untuk stik es krim.

kotak pensil kayu dari pinusStep pembuatan kotak pensil:

  1. Susun 12 stik es krim menjadi persegi panjang sebagai alas menggunakan lem. Kemudian, perkuat dengan plester.
  2. Ulangi cara pertama dengan jumlah 4 buah sebagai dinding (masing-masing 8 buah stik es krim).
  3. Lem bagian ujung bawah dan tempelkan pada alas kotak pensil.
  4. Tambahkan stik es krim pada bagian bawah dengan cara ditumpuk secara selang seling. Untuk bagian ini, stik es krim dapat diberi warna.
  5. Kemudian, hiasi dinding menggunakan kain flannel atau assesories lainnya.

Proses pembuatan kotak pensil ini hanyalah salah satu contoh yang dapat dilakukan dengan mudah. Masih banyak tutorial lainnya dengan menggunakan lem kertas.

Pemilihan Lem Kertas yang Baik untuk Membuat Kotak Pensil

Mengapa tidak menggunakan lem kayu? Kotak pensil merupakan barang yang tidak digunakan untuk menampung benda berat. Bahkan, benda untuk perlengkapan sekolah ini sering digunakan sebagai hiasan meja. Meskipun demikian, pemilihan lem kertas harus memiliki kualitas yang baik sehingga barang tidak mudah rusak.

lem eva phaeton
Eva Phaethon

Lem Eva Phaethon cocok untuk proses pembuatan kerajinan ini. Bahan perekat ini dapat digunakan untuk berbagai media termasuk kayu pinus. Manfaat yang dapat diperoleh dari produk ini ialah cepat kering, kuat, daya sebar luas (hemat), dll. Hal yang paling penting ialah jenis lem ini aman dan ramah lingkungan karena terbuat PVAc bukan formalin.

Lem Eva Phaethon dapat di peroleh di Bio Industries dengan alamat jalan Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta. Sistem pembelian juga dapat dilakukan melalui telp/wa: 082 167 600 693. Dengan demikian, kayu jenis pinus sisa produksi atau bekas es krim dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk kerajinan tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here