Lem Kertas Food Grade untuk Membuat Kotak Kado

2466

Lem kertas food grade tidak hanya dibutuhkan untuk membuat box makanan. Akan tetapi, bahan perekat aman ini cocok untuk membuat kotak kado atau kerajinan tangan lainnya.

lem kertas food gradeFood grade merupakan istilah yang menjelaskan suatu golongan material untuk pembuatan peralatan makanan dan atau perlengkapan bayi. Jenis material yang dimaksud harus aman untuk kesehatan karena tidak mengandung racun atau bahan berbahaya lainnya. Sehingga, benda yang ditaruh dapat dikonsumsi dan digunakan tanpa adanya suatu kekhawatiran.

Tips Sederhana Membuat Kotak Kado Sendiri

Kebiasaan memberi kado pada orang biasa dilakukan pada saat pernikahan dan ulang tahun. Pemberian hadiah seperti ini juga sering ditemui pada orang yang baru saja melahirkan. Pemberian kado pada momen-momen tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri bagi yang memberi dan menerima. Apalagi, orang yang bersangkutan merupakan teman atau kerabat dekat.

Kegiatan membungkus kado sendiri ternyata sudah mulai bergeser. Mereka lebih memilih untuk menyewa jasa bungkus kado dari pelayan toko. Hal ini berkaitan dengan waktu pembelian kado yang sudah mepet. Selain itu, benda yang dibeli tidak mempunyai kotak atau pembungkus. Sehingga, membungkus kado sendiri menjadi aktivitas yang sulit untuk dilakukan.

lem kertas kualitas food gradeSebenarnya, kado yang dibungkus sendiri lebih berkesan bagi yang memberi dan menerima. Apalagi, bungkus kado dapat dibuat dari kardus bekas dengan kreasi yang unik. Berikut alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat kotak kado:

  1. Kertas karton dan kertas kado
  2. Alat tulis (pensil, bolpoint, spidol, penggaris,dll)
  3. Gunting, penggaris, pelubang kertas, computer dan printer
  4. Lem kertas food grade
  5. Kuas dan lidi
  6. Toples dua buah (satu untuk proses pengeleman menggunakan lidi dan satu toples untuk pengeleman menggunakan kuas dengan dicampur air).
  7. Air

Baca juga: cara membuat kotak pensil dari bambu

Tahap pembuatan kotak kado ialah:

  1. Gambarlah sketsa terlebih dahulu pada kertas karton menggunakan pensil dan penggaris. Jika sudah memiliki contoh pada computer, maka cukup diprint. Sesuaikan ukuran dengan besar kecilnya kado yang akan dibungkus.
  2. Potonglah kertas karton pada bagian lipatan dengan gunting sesuai dengan sketsa.
  3. Tempelkan masing-masing sudut kertas menggunakan lem. Lakukan scooring agar proses melipat lebih mudah dan rapi.
  4. Oleskan lem pada kertas menggunakan lidi.
  5. Jika kotak kado sudah selesai, proses selanjutnya adalah membuat tutup kado. Proses pengerjaan tutup kado hampir sama namun ukuran panjang dan lebarnya harus ditambah beberapa mili meter (mm) agar pas saat penutupan.
  6. Tutup kotak kado harus dipotong pada bagian tepi. Gunakan cutter untuk memotong agar hasilnya rapi.
  7. Lem tutup kado pada bagian lipatan. Jangan lupa melakukan scooring terlebih dahulu. Proses pengeleman masih menggunakan lidi.
  8. Proses selanjutnya ialah melapisi kotak karton menggunakan kertas kado. Pilih bahan yang berkualitas dan sesuai keinginan.
  9. Campurkan lem dengan air menggunakan toples kedua.
  10. Gunting atau potong kertas kado untuk kotak dan tutup kado.
  11. Kemudian, tempelkan kertas kado dengan lem menggunakan kuas.
  12. Selanjutnya, kotak kado dapat ditambah dengan accesoris lain seperti pita.

Penggunaan Bahan Perekat yang Aman dari Lem Ekonomi Phaethon

Pemilihan lem yang baik untuk pembuatan kotak kado harus memiliki kriteria aman dan food grade. Jenis lem seperti ini sudah banyak dijual di pasaran Indonesia. Lem aman yang baik adalah lem putih yang terbuat dari polyvinyl actetate. Untuk membuat kotak kado, bahan perekat pvac dapat diambil dari lem Ekonomi Phaethon. Produk bahan perekat dari Bio Industries ini memiliki harga yang mudah dibandingkan jenis lem PVAc lainnya.

Economic Phaeton™
Economic Phaeton™

Lem Ekonomi Phaethon dapat digunakan untuk bahan selain kertas seperti kayu, rotan, bambu, dan serat alam lainnya. Kualitas dari produk ini tidak perlu diragukan lagi. Bahan perekat ini cukup hemat penggunaannya karena daya sebar yang luas. Selain itu, lem ini unggul dalam hal daya kering, daya rekat, tidak beracun, dll. Untuk mendapatkan produk ini, Bio Industries berada di Yogyakarta. Tepatnya berada di jalan Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta 55162. Proses pembelian juga dapat melalui telepon atau wa dengan nomer: 082 167 600 693.

Memberi kado yang dibungkus sendiri dan oleh orang lain ternyata memiliki kesan yang berbeda. Selain hasil yang berikan bukan karya sendiri, bahan seperti lem yang digunakan belum tentu aman. Lem kertas food grade cocok untuk membuat kotak kado walau benda yang akan dibungkus bukan berupa makanan. Hal tersebut menyangkut sisi keamanan pembuat dan penerima kado.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here