Langkah Mudah Membuat Kotak Tissue Cantik dengan Patina dan Decoupage

611

Jelang hari raya idul fitri, ada banyak kreasi menarik yang bisa kita buat dan berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Penasaran apa saja kreasi tersebut? Salah satunya adalah kotak tissue cantik yang terbuat dari kotak kayu. Eits, jangan salah. Membuat kotak tissue cantik dapat dilakukan dengan mudah tapi hasilnya luar biasa indah. Kuncinya ada pada teknik finishing yang diaplikasikan dan tambahan teknik kerajinan decoupage.

Peluang Besar Wooden Craft

Berbagai produk yang terbuat dari kayu akhir-akhir ini kembali diincar pasar. Kalau Anda ke beberapa tempat yang menjual produk craft, Anda akan tahu jawabannya kenapa. Belakangan, pasar sedang menyukai tampilan natural dengan kesan agak tua. Vas bunga, frame foto, dan berbagai produk lainnya tak jarang terbuat dari kayu dan dibuat dengan tampilan tua yang memikat. Trend ini baru beberapa tahun berkembang setelah dulunya pasar meninggalkan kayu dan lebih menyukai bahan yang terbuat dari porselen hingga kaca.

Pemakaian kayu yang disukai juga terkait dengan trend pemakaian produk dari bahan alami. Isu environment dan kesehatan diri sendiri membuat masyarakat mulai mengambil langkah untuk lebih memilih produk natural. Kayu pun menjadi opsi yang dianggap menarik. Kayu sudah jelas merupakan bahan yang tidak menyebabkan kerusakan alam. Selain itu, kayu juga bisa didaur ulang sehingga pemakaiannya tidak selalu berpotensi menyebabkan penebangan pohon yang akhir-akhir ini makin masif dilakukan.

Kotak Tissue Kayu yang Memikat

Bagi para pengusaha, baik itu skala kecil, menengah, atau besar, trend penggunaan kayu bisa direspon positif maupun negatif. Bagi pengusa wooden craft atau kerajinan dari kayu, jelas trend ini menggembirakan. Berbagai produk bisa mereka hasilkan untuk memenuhi trend tersebut sekaligus mengeruk keuntungan dari pasar. Aneka macam produk yang dibuat juga sangat bervariasi. Salah satunya? Kotak tissue.

Kotak tissue selama ini kebanyakan terbuat dari bahan plastik. Pemakaian kayu memang tergolong mewah dan jarang dilakukan. Tapi justru hal itulah yang membuat kotak tissue kayu sangat menarik dibuat. Tantangannya sendiri jelas ada. Misalnya masalah berat kayu. Bagaimanapun juga, masyarakat pasti keberatan bila kotak tissuenya terasa berat dan sulit dibawa kemana-mana. Sehingga produsen harus cermat memilih bahan kayu yang akan dipakai.

Jelang momen lebaran seperti ini, produksi kotak tissue juga termasuk menggiurkan. Sebagai tempat yang bisa dipakai untuk wadah lap diri dari noda makanan, kotak tissue menjadi produk yang banyak dibutuhkan. Tentu saja tampilan produk ini harus menarik. Kembali mencermati trend pasar, untuk membuat kotak tissue yang unik, kita bisa coba menerapkan teknik finishing seperti patina. Dengan teknik finishing seperti ini, kotak tissue kayu yang Anda buat pasti terlihat lain daripada yang lain.

Kenapa Patina?

Lantas apa yang dimaksud dengan patina? Anda mungkin baru sekali ini mendengar istilah tersebut. Yang dimaksud dengan patina pada dasarnya adalah warna yang mengekspresikan kesan teroksidasi. Oksidasi atau pelapukan adalah proses dekomposisi material yang bisa terjadi akibat berbagai hal, mulai dari paparan sinar matahari, terkena logam, hingga terkena lumut. Jadi, warna patina sangat beragam. Ada warna patina akibat terpapar sinar mentari, tapi ada juga warna patina akibat terkena serangan lumut sehingga menimbulkan bekas kehijauan.

Efek seperti patina bisa dihasilkan dengan beragam cara. Secara natural, kita hanya perlu menunggu kayu dimakan usia. Tapi tentu saja kita tak bisa menerapkan cara ini untuk membuat kotak tissue cantik untuk dijual. Ada teknik finishing khusus yang bisa kita andalkan. Selain itu, akan lebih menarik bila kita memadukan teknik ini dengan decoupage. Decoupage seperti telah dijelaskan sebelumnya adalah teknik kerajinan yang dilakukan dengan menempelkan gambar-gambar khusus. Agar lebih jelasnya, kita langsung saja membahas contoh cara membuat kotak tissue dengan kedua teknik ini.

Cara Membuat Kotak Tissue Cantik dengan Patina dan Decoupage

Alat dan Bahan

Tipe warna patina yang akan diterapkan adalah kombinasi walnut brown dan black. Produk cat yang kami gunakan adalah produk cat water based (berbasis air) BioVarnish dan BioColours).

  1. Kotak kayu
  2. Amplas nomor 400
  3. BioVarnish Walnut Brown dan BioVarnish Black
  4. BioColours Sanding Sealer
  5. BioColours Top Coat Death Matte atau Matte (untuk coating)
  6. Air suling sebagai pengencer cat
  7. Kuas atau spray gun
  8. Decoupage
  9. Napkin decoupage atau gambar menarik yang Anda miliki
  10. Lem decoupage, Ultra Phaethon
  11. Kuas atau alat untuk mengoleskan lem
  12. Gunting

jual lem untuk wallpaper

Langkah-langkah Membuat Kotak Tissue Cantik dengan Patina dan Decoupage

  1. Buat dulu kotak kayu untuk membuat kotak tissue-nya. Anda bisa memanfaatkan kayu-kayu bekas peti kemas. Bila Anda kesulitan membuatnya, coba cari di toko bahan craft atau pesan dari tukang kayu di sekitar tempat tinggal Anda.
  2. Setelah kotak kayunya siap, bersihkan, keringkan, dan haluskan dulu sebelum diproses lebih lanjut.
  3. Siapkan BioVarnish Walnut Brown. Encerkan dengan perbandingan 1:5 (1 cat dan 5 air). Aplikasikan ke seluruh permukaan kotak kayu. Biarkan mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan hati-hati agar halus saja.
  4. Siapkan BioColours Sanding Sealer. Encerkan Sanding Sealer tersebut dengan perbandingan 1 : 2. Biarkan mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan hati-hati agar halus saja.
  5. Siapkan BioVarnish Black dengan pengenceran 1 : 5. Biarkan mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan hati-hati agar halus saja.
  6. Siapkan napkin decoupage. Potong dengan rapi.
  7. Aplikasikan napkin decoupage pada kotak tissue di posisi yang Anda inginkan. Gunakan lem decoupage berkualitas, Ultra Phaethon.
  8. Siapkan BioColours Top Coat death matte (hindari menggunakan top coat mengkilap atau di atas matte). Biarkan mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan hati-hati agar halus saja. Ulangi bila dirasa perlu.
  9. Selesai!

Membuat Kotak Tissue Cantik dengan Patina dan Decoupage

Tips Penting Membuat Kotak Tissue Cantik dengan Patina dan Decoupage

Anda sudah berhasil membuat kotak tissue cantik dengan kombinasi patina serta decoupage. Agar hasilnya lebih menawan, aplikasikan juga beberapa tips di bawah ini.

  1. Pilih gambar yang kesannya cocok dengan warna patina yang Anda aplikasikan. Misalnya kombinasi warna pink dengan keabu-abuan dari patina, atau aplikasi gambar floral klasik pada patina. Jangan memilih gambar dengan warna-warna pastel atau cerah.
  2. Agar gambar makin terlihat menyatu, Anda bisa sedikit merusaknya di bagian pinggir. Caranya, aplikasikan dulu gambar dengan Ultra Phaethon. Setelah itu, gunakan koin logam untuk merusak bagian pinggirnya.
  3. Tambahkan hiasan atau dekorasi tambahan yang cocok. Misalnya penggunaan pita pada kotak tissue yang Ana buat.
  4. Bila Anda ingin menjualnya, kemaslah dengan kemasan yang menarik.

Bagaimana? Mudah bukan membuat kotak tissue cantik dengan perpaduan finishing patina dan decoupage?

Semoga bermanfaat ya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here