Merk Lem Decoupage Terbaik untuk Sepatu hingga Kotak Tissue

650
sepatu

Apa merk lem decoupage terbaik? Dari sepatu hingga kotak tissue, Anda bisa menghasilkan aneka kerajinan decoupage dengan Ultra Phaethon.


Decoupage menjadi salah satu teknik kerajinan tangan yang saat ini sedang marak diaplikasikan. Teknik kerajinan ini dilakukan dengan cara menempelkan gambar pada sebuah benda yang kemudian dilapisi dengan clear coating. Dengan metode ini, Anda bisa membuat benda apapun menjadi lebih menarik tanpa harus susah-susah melukis atau menggambarinya. Toh, yang perlu Anda lakukan hanyalah menempel gambar yang Anda inginkan saja. Misalnya bila Anda ingin membuat toples lebaran lebih menarik. Anda tinggal mencari gambar yang bagus untuk ditempelkan pada toples tersebut. Selanjutnya, lapisi tempelan gambar tersebut dengan clear coat. Clear coat atau clear varnish atau pelapis seperti cat tapi warnanya bening. Dengan cara diolesi clear coat, gambar akan terlihat menyatu dengan toples lebaran Anda. Mudah dan simpel bukan?

Apabila kita bandingkan dengan teknik kerajinan lainnya, decoupage juga menawarkan banyak kelebihan seperti:

1. Lebih mudah dilakukan
2. Biaya yang dihabiskan tak perlu begitu besar
3. Tampilan yang diwujudkan bisa sangat beragam asalkan ada gambar yang tersedia
4. Mudah dikombinasikan dengan teknik lain. Contohnya, Anda bisa membuat kotak tissue klasik ala zaman Eropa dengan mengkombinasikan decoupage bebungaan dengan finishing white wash.
5. Sangat fleksibel, bisa diterapkan pada banyak benda
6. Hasil lebih seragam dibanding dengan cara melukisnya
7. Produk lebih murah

Meskipun punya banyak kelebihan, kerajinan ini bukannya tak punya kekurangan. Misalnya, terkait dengan masalah yellowing yang kerap terjadi pada penggunaan clear coat yang salah. Di pasaran ada banyak pernis bening yang tersedia. Ada yang bagus, dan ada juga yang tidak. Bila kita salah membeli yang tak cocok, maka hasilnya pun pasti tak maksimal.
Masalah clear coat itu hanya satu dari beberapa persoalan yang harus diperhatikan. Intinya, pilihlah alat dan bahan terbaik bila Anda memang ingin mewujudkan produk decoupage yang baik, termasuk tatkala Anda hendak membeli lem untuk kerajinan ini.

kotak decoupage

Apa Merk Lem Decoupage yang Bagus?

Seperti diterangkan di atas, berbagai permasalahan yang sering terjadi ketika hendak membuat produk decoupage disebabkan karena pemakaian alat dan bahan yang tak sesuai. Hal ini wajar mengingat dalam pembuatan decoupage, terdapat banyak alat dan bahan yang terlihat. Lem pun menjadi salah satu di antaranya yang bisa membuat kualitas produk terpengaruh secara signifikan.

Lem berperan menempelkan gambar decoupage pada medianya. Bila lem terlalu lemah sehingga harus dioleskan sangat banyak, gambar bisa saja malah rusak. Demikian juga bila lem memiliki warna. Warna lem tersebut dapat menguar di sekitarnya sehingga hasil decoupage-nya pun menjadi kurang menarik. Bisa dikatakan, efek lem terhadap kualitas produk secara keseluruhan memang begitu besar. Sehingga kita pun perlu membelinya dengan hati-hati. Pilihlah merk lem decoupage yang bagus dengan kriteria lengkap dari daya rekat hingga efeknya pada warna.

Ultra Phaethon untuk Decoupage Sepatu sampai Kotak Tissue

Merk lem decoupage yang kami sarankan untuk teknik kerajinan ini adalah Ultra Phaethon. Adhesive ini adalah adhesive berbahan dasar polyvinyl acetate atau biasa disingkat PVAc. Ultra Phaethon memiliki inner cross linker modifier yang membuatnya mampu menciptakan ikatan sangat kuat. Adhesive ini bisa digunakan untuk berbagai media mulai dari kain hingga kayu.
Keunggulan lain yang dimiliki Ultra Phaethon adalah sifatnya yang sangat awet. Lem ini punya resistensi yang sangat baik terhadap paparan air, solvent, hingga panas. Selain itu, Ultra Phaethon juga tidak menyebabkan glue line. Lem ini akan membuat warna produk yang dihasilkan seperti yang kita idam-idamkan.

Cara Membuat Decoupage dengan Merk Lem Decoupage Ultra Phaethon

Ingin tahu cara aplikasi Ultra Phaethon pada teknik kerajinan ini? Berikut ini contohnya.

jual lem untuk wallpaper

Alat dan Bahan

1. Kotak tissue kayu
2. Filler warna natural (pilih yang water based)
3. Cat warna putih (pilih yang water based)
4. Kain lap bersih dan kering
5. Amplas
6. Napkin atau kertas decoupage
7. Kuas
8. Ultra Phaethon
9. Clear varnish. Di pasaran ada banyak jenis clear varnish. Pilihlah yang water based dan tingkat kilaunya sesuai dengan yang Anda maui, baik itu matte atau super glossy.

Langkah-langkah

1. Pertama, siapkanlah semua alat dan bahan yang dibutuhkan di atas.
2. Siapkan kotak kayunya. Bersihkan, ratakan, lalu keringkan.
3. Aplikasikan wood filler. Tunggu hingga kering, lalu amplas. Ulangi bila perlu.
4. Aplikasikan cat warna putih. Sebelum cat benar-benar kering (satu atau dua menit saja pasca dioleskan), lap cat dengan kain lap bersih. Tapi jangan sampai cat benar-benar hilang ya. Hapus sebagian besar saja.
5. Keringkan.
6. Amplas.
7. Ulangi bila dirasa perlu.
8. Siapkan napkin atau kertas yang akan ditempel. Potong dengan rapi.
9. Siapkan Ultra Phaethon.
10. Oleskan Ultra Phaethon pada kertas.
11. Tempelkan kertas tersebut pada bagian kotak tissue yang Anda inginkan.
12. Ratakan. Jangan sampai penempelannya tidak merata atau kusut.
13. Biarkan hingga lem benar-benar mengering.
14. Siapkan clear varnish, encerkan sesuai rekomendasi produknya
15. Oleskan clear varnish pada media yang sudah ditempeli napkin.
16. Biarkan hingga kering.
17. Amplas setelah kering, ulangi bila perlu
18. Tambahkan hiasan-hiasan lainnya misalnya pita atau bunga hias.

Aplikasi Ultra Phaethon untuk menghias kotak tissue di atas juga bisa diterapkan untuk berbagai bahan lainnya, misalnya untuk membuat pot bunga decoupage hingga untuk menghias jendela dan furniture dari kayu. Intinya, Anda hanya perlu mempersiapkan media supaya bersih dan kering, lalu mulai mengikuti langkah-langkah yang lainnya. Bahkan, Anda juga bisa mengadaptasikan cara di atas untuk aplikasi decoupage pada kain. Misalnya saja untuk menghasilkan dompet dan tas kanvas suvenir yang lebih menarik, sarung bantal, taplak meja, maupun untuk membuat selimut decoupage.

decoupage pada sepatu

Berapa Harga Merk Lem Decoupage ini?

Jika Anda tertarik mendapatkan Ultra Phaethon, Anda bisa segera melakukan pemesanan pada kontak yang disediakan. Kami menyediakan Ultra Phaethon untuk kemasan 1 Kg yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah, yakni Rp. 48.000,- saja.

Anda juga bisa memesan via marketplace atau toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia. Kami telah hadir di hampir semua online shop yang digunakan masyarakat Indonesia. Layanan ini sengaja disediakan untuk memudahkan pesanan sekaligus memberikan kenyamanan bagi pembeli yang biasa melakukan online shopping via berbagai marketplace.

Kami juga menyediakan adhesive untuk kebutuhan perekatan kayu konstruksi dan mebel, yakni Crossbond X3 dan Crossbond X4. Keduanya juga bisa Anda dapatkan via cara pemesanan merk lem decoupage tersebut.

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here