Tutorial dan Merk Lem untuk Decoupage Talenan Terbaik!

1048

Ingin membuat decoupage talenan? Segera saja, simak rincian pentingnya di bawah ini dan sediakan merk lem untuk decoupage talenan terbaik!


Apa itu Decoupage Talenan?

Decoupage talenan sebagaimana namanya adalah produk talenan yang dipercantik dengan teknik decoupage. Talenan yang digunakan biasanya adalah talenan berbahan kayu dan bambu. Teknik decoupage sendiri adalah teknik mempercantik suatu media dengan merekatkan sebuah gambar pada media tersebut. Setelah direkatkan, permukaan bagian atasnya kemudian dilapisi dengan clear coat. Tujuannya agar gambar terlihat benar-benar menyatu dengan medianya dan sekaligus membuat penempelen tersebut lebih awet.

Dari sejarahnya, teknik kerajinan ini sudah lama diaplikasikan. Namun di Indonesia, aplikasi decoupage tergolong baru-baru ini saja dilakukan. Selain talenan, kerap produk decoupage di negara ini diaplikasikan pada toples, gelas, hingga vas bunga. Bahkan sudah ada beberapa contoh aplikasi decoupae pada kain. Misalnya saja pada pembuatan sarung bantal, sarung guling, selimut, hingga tas kanvas untuk suvenir.

Apa Fungsinya?

Aplikasi decouoage jelas ditujukan untuk membuat produk lebih menarik. Dengan teknik ini, seorang pengrajin yang tak punya keahlian melukis bisa menghasilkan produk dengan gambar sangat menawan secara praktis. Selain itu, teknik kerajinan ini juga terbilang hanya menghabiskan dana terjangkau. Sehingga cost of production tak akan begitu membengkak bila dibandingkan dengan profit yang didapat.

Pada talenan sendiri, aplikasi decoupage akan membuat talenan bisa digunakan untuk dua hal yang berbeda. Pertama untuk difungsikan sebagaimana talenan biasa. Yang kedua, talenan yang dipercantik dengan teknik ini juga bisa dijadikan hiasan dekorasi. Sangat menarik bukan?

Apa Keuntungan Aplikasi Decoupage?

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, aplikasi kerajinan decoupage akan membuat produk lebih menarik dengan biaya lebih murah. Berikut ini rincian lengkap manfaat aplikasi decoupage untuk talenan:
1. Produk terlihat lebih menarik
2. Talenan bisa digunakan untuk hiasan atau dekorasi ruangan
3. Biaya yang dihabiskan lebih murah dibanding teknik lainnya
4. Aplikasinya lebih cepat dibanding melukis produk secara manual
5. Lebih praktis dilakukan

talenan decoupage

Bagaimana Cara Membuatnya?

Untuk membuat talenan yang diperindah dengan teknik kerajinan ini, caranya sebenarnya cukup mudah. Namun pertama-tama sediakanlah alat dan bahannya terlebih dahulu:
1. Merk lem untuk decoupage talenan yang bagus
2. Clear varnish (pernis) atau top coat
3. Cat dasar bila dirasa perlu
4. Kertas atau napkin decoupage yang akan ditempelkan
5. Media talenannya sendiri
6. Kuas untuk aplikasi cat
7. Kuas untuk aplikasi lem
8. Kain lap untuk membersihkan
9. Amplas

Langkah-langkah Membuat Deocupage Talenan

1. Siapkan semua alat dan bahan yang disebutkan di atas. Kumpulkan pada ruangan di mana Anda akan mengerjakan proyek ini.
2. Ambil talenan yang akan dipercantik dengan decoupage. Pastikan talenan sudah kering, bersih, dan rata. Amplas bila talenan perlu diamplas. Cuci, bila talenan masih kotor, lalu keringkan hingga benar-benar kering.
3. Aplikasikan cat dasar pada talenan bila dirasa perlu.
4. Siapkan napkin decoupage. Potong gambar yang akan ditempelkan.
5. Tentukan di mana Anda akan menempelkan tissue decoupage tersebut.
6. Aplikasikan napkin decoupage pada lokasi yang sudah Anda tentukan. Gunakan merk lem untuk decoupage talenan yang bagus.
7. Biarkan kertas menempel dengan baik hingga lem mengering.
8. Aplikasikan clear coat.
9. Biarkan mengering. Setelah mengering, amplas permukaannya hingga rata. Aplikasikan lagi clear coat bila dirasa perlu hingga tampilannya sesuai keinginan Anda.

Alat dan Bahan yang Kami Sarankan

Dalam pembuatan decoupage talenan seperti yang disebutkan di atas, jelas diperlukan kecermatan untuk melakukannya. Misalnya untuk menempelkan kertas decoupage, kita harus memastikan bahwa lem dioleskan secara merata agar tidak ada bagian yang mengkerut atau malah mudah mengelupas. Namun selain masalah cara kerja, kita juga harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Ada setidaknya 3 bahan yang harus kita perhatikan.

Merk Lem untuk Decoupage Talenan yang Bagus

Jangan sembarangan menggunakan lem atau bahan perekat. Pastikan lem yang digunakan tersebut bisa menempelkan kertas pada medium talenan dalam waktu yang lama. Selain itu, pilih juga lem yang tidak menggumpal dan aman digunakan (karena akan digunakan untuk produk yang bersentuhan dengan makanan).

Pernis atau Top Coat

Beda decoupage dengan seni menempel lainnya adalah adanya aplikasi top coat atau pernis bening. Tak ayal, kualitas pernis pun pasti berpengaruh pada hasil decoupage secara umum. Untuk memilih top coat atau varnish yang bagus, berikut ini hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Bening tidaknya clear varnish. Hindari memilih top coat yang bisa menyebabkan efek menguning atau yellowing.
2. Pilih top coat dengan tingkat kilau yang Anda inginkan. Ada top coat yang sangat glossy atau berkilau, medium, hingga sama sekali tidak berkilau. Biasanya, semakin tidak berkilau, harga top coat akan semakin mahal.

Cat Dasar

Sering kita ingin memberikan warna pada talenan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, aplikasikanlah cat dasar untuk kebutuhan ini. Pilih warna yang sesuai dengan pilihan Anda.

Merk Lem untuk Decoupage Talenan yang Bagus

Secara khusus, kami di lemkertas.com merekomendasikan Ultra Phaethon untuk pembuatan kerajinan decoupage. Adhesive ini memiliki kriteria yang sangat ideal untuk pembuatan kerajinan seperti decoupage. Ultra Phaethon dilengkapi dengan feature-feature menarik seperti:
1. Daya rekat yang sangat kuat
2. Tidak merusak warna
3. Tidak berbau menyengat
4. Tidak menyebabkan gumpalan lem
5. Sangat mudah digunakan
6. Sangat aman digunakan karena merupakan lem PVAc water based
7. Harga terjangkau hanya Rp. 48.000,- untuk kemasan 1 kg.

Bagi Anda yang sedang mengembangkan usaha pembuatan decoupage, kami menyediakan adhesive ini untuk digunakan. Anda bisa melakukan pemesanan secara online via website ini maupun pada berbagai marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia. Pembelian pun juga bisa dilakukan secara langsung di berbagai kantor Bio Industries di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Kami juga sudah memiliki agen di berbagai kota di Indonesia.

lem kertas terbaik

Tips Membuat Deocupage Talenan Lebih Menarik

Bagaimana? Tertarik membuat talenan decoupage dengan Ultra Phaethon? Sebagai penutup artikel ini, berikut ini tak lupa kami bagikan beberapa tips penting untuk membuat hasil kerja Anda lebih menarik.
1. Pengemasan itu penting. Apalagi bila talenan Anda dipasarkan secara online. Pengemasan yang baik juga akan membuat produk lebih awet. Jadi, kemaslah produk Anda dengan tepat, benar, dan kreatif.
2. Percantik hiasan decoupage dengan hiasan-hiasan tambahan. Misalnya dengan pita atau bunga kertas.
3. Kombinasikan indahnya kertas yang Anda tempelkan dengan tipe finishing yang tepat. Misalnya gambar bunga yang diterapkan pada talenan yang difinish dengan tipe finishing unik seperti whitewash. Pasti hasilnya sangat menarik.

Nah, demikian beberapa tips kerajinan decoupage pada talenan. Ingat, selalu gunakan alat dan bahan berkualitas seperti merk lem untuk decoupage talenan yang bagus. Dengan demikian, produk Anda pun akan sama berkualitasnya.
Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here