Ini Dia Alasan Orang Memilih Meja Bundar

554

Bentuk merupakan salah satu pertimbangan yang perlu kita perhatikan saat membeli meja. Selama ini, acapkali bentuk meja yang kita pilih adalah yang kotak atau persegi panjang. Padahal ada banyak bentuk meja lainnya seperti bundar yang dapat dipilih. Nah, di artikel ini, lemkertas.com akan mengajak Anda membahas mengenai meja bundar, keunggulan bentuk tersebut, contoh modelnya, serta tips pembuatannya untuk para pengrajin!

Keuntungan Membeli Meja Bundar

Selama ini ketika orang hendak membeli meja, yang terpikir dengan segera adalah produk berbentuk kotak atau persegi panjang. Padahal kalau dipikir-pikir, bentuk meja sangat beragam. Ada yang ireguler, segitiga, hingga bundar! Yang terakhir ini sebetulnya cukup populer tapi sering dilupakan orang. Padahal, banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati tatkala membeli meja berbentuk bundar atau lingkaran dibanding meja dengan bentuk yang lainnya. Apa sajakah itu?

Jumlah Pengguna Lebih Banyak

Tak memiliki sudut, jumlah pengguna atau mereka yang duduk mengitari meja dengan bentuk lingkaran jelas menjadi lebih banyak. Satu meja dengan bentuk ini bisa menampung lebih banyak orang dibanding meja dengan ukuran yang sama namun memiliki bentuk yang berbeda. Tapi tentu saja, agar nyaman, jumlah kursi meja juga perlu dibatasi.

Lebih Hangat dan Less Informal

Bentuk menyudut akan menimbulkan kesan yang lebih formal dan tegas. Karena itu, banyak kantor yang menerapkan meja dengan bentuk kotak yang memiliki empat sudut. Sebaliknya, meja berbentuk bundar yang tak memiliki sudut, secara umum mampu memberikan kesan yang lebih informal dan sekaligus juga lebih hangat. Karenanya, bagi Anda yang hendak membeli meja makan baik untuk diri sendiri atau untuk usaha tempat makan, pertimbangkanlah membeli meja dengan kesan lebih relaks ini.

Cocok untuk Ruangan Sempit hingga Lebar

Keuntungan ketiga membeli meja bundar adalah adaptifnya meja dengan bentuk tersebut ditempatkan di ruangan yang sempit ataupun luas. Space yang dibutuhkan memang lebih kecil dan secara umum, meja ini pun lebih efisien dan tak terlalu memakan banyak ruang. Ia bisa ditempatkan di area yang sempit hingga yang sangat luas.

Meja Bundar Berdasarkan Bahannya

Meja dengan bentuk bundar adalah meja yang dibedakan berdasarkan “shape”nya. Namun selain persoalan bentuk, ada juga dasar pembagian yang lain. Misalnya saja, yang penting diperhatikan adalah bahan pembuat meja. Hal ini perlu diperhatikan pasalnya bahan yang digunakan untuk membuat furniture tersebut pasti berpengaruh pada kualitas estetika hingga keawetan produk terkait. Nah, meja dengan bentuk bundar sendiri, sebagaimana meja berbentuk lainnya, bisa terbuat dari:

1. Kayu
2. Kaca
3. Bahan logam
4. Natural fiber atau serat alam seperti rotan
5. Plastik dan sejenisnya
6. Kombinasi berbagai bahan tersebut

meja bundar

Yang paling sering dicari orang dan difavoritkan adalah meja dari bahan kayu atau setidaknya sebagian besar terbuat dari kayu. Selain merupakan bahan organik, kayu juga bisa menghadirkan suasana yang lebih hangat dan indah. Tapi ingat, bahan kayu sendiri sebetulnya terdiri atas beberapa jenis. Setidaknya, ada dua jenis kayu yang harus Anda tahu kala hendak membeli mebel:

Kayu Solid atau Natural Wood

Adalah kayu dari tebangan pohon. Meja bundar dari kayu solid bisa berupa meja dari hasil sambungan potongan kayu, atau dari irisan langsung batang pohon. Untuk yang terakhir ini, biasanya ukuran pohonnya harus besar. Maka harga meja seperti itu pun biasanya lebih mahal. Apalagi bila berasal dari jenis kayu dengan kualitas tinggi seperti kayu ebony dan jati.

Kayu Olahan atau Engineered Wood

Jenis kedua adalah kayu olahan. Meski sama-sama terbuat dari kayu, akan tetapi kayu olahan adalah produk lanjutan dari kayu solid. Jenisnya beragam, mulai dari MDF yang terbuat dari serbuk kayu, particle yang terbuat dari serbuk lebih kecil, hingga kayu lapis yang terbuat dari beberapa lapisan tipis kayu yang ditumpuk.

Kayu olahan secara umum lebih murah harganya. Akan tetapi kualitas kayu seperti ini untuk membuat mebel pun lebih rendah. Misalnya, dari segi estetika, karena tak punya serat kayu, engineered wood terlihat kurang menarik.

Style Desain Meja Bundar yang Dapat Anda Pilih

Dalam memilih meja dengan bentuk bundar, Anda juga perlu memperhatikan style desain aneka meja tersebut. Jenis style desain meja sendiri sangat beragam. Kita jelas tak bisa menyebutnya satu per satu. Tiga contoh style desain di bawah ini hanya contoh saja dari style desain yang ada.

Minimalis dan Modern

Gaya minimalis dan modern sebenarnya adalah gaya terpisah meski keduanya memiliki persamaan. Persamaannya, keduanya menekankan pada nilai-nilai modern seperti efisiensi, efektivitas, dan keindahan yang tak bertele-tele (tak perlu banyak detil). Tiap bagian biasanya punya fungsi sendiri-sendiri. Hanya saja, berbeda dengan gaya minimalis yang menerapkan warna netral, gaya modern mengkombinasikan dengan warna berani.

Bagi Anda yang suka dengan kedua gaya ini, pilihlah meja bundar yang bentuknya sederhana, tapi unik. Hindari yang memanfaatkan craft dan warna cat vintage serta sejenisnya.

Tradisional Indonesia

Keindahan meja bundar rupanya sangat cocok ketika dipadukan dengan ukir-ukiran khas Jepara. Meja terlihat jauh lebih menarik dengan kemegahan karya pengrajin Indonesia tersebut. Gaya tradisional negara kita pun sangat beragam selain style carved Jepara. Ada gaya dari Bali, Papua, Dayak, dan masih banyak lagi yang tak bisa disebut satu per satu.

Tradisional Luar Negeri

Gaya Tiongkok, Eropa, Jepang, hingga Afrika pun sebetulnya bisa diwujudkan pada mebel meja. Yang paling sering ditemukan di Indonesia sendiri adalah meja berbentuk bundar dengan gaya Eropa dan Jepang. Kedua gaya ini dinilai menarik sehingga digilai orang. Apalagi budaya populer Eropa dan Jepang juga cukup besar di Indonesia.

Membuat Meja Bundar yang Murah dengan Eva Phaethon

Tips terakhir ini kami persembahkan khusus untuk pelaku usaha mebel, khususnya yang memiliki rencana membuat meja berbentuk bundar. Dengan berbagai keunggulan dan aneka modelnya, meja ini memang menjadi produk yang menarik untuk dijadikan komoditas usaha.Lem HPL Kayu

Kami secara khusus menyediakan Eva Phaethon untuk kebutuhan usaha tersebut. Eva Phaethon merupakan lem ethylene vinyl acetate yang mampu merekatkan HPL, tacon, decon, PVC, dan aneka sheet laminate lainnya pada kayu olahan seperti MDF hingga particle board.

Eva Phaethon memiliki banyak keunggulan mulai dari daya rekatnya yang kuat, mudah digunakan, tahan lama, tidak menyebabkan glue line, dan lebih aman digunakan. Adhesive ini juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Dalam pembuatan meja bundar, Anda bisa menghasilkan produk murah dengan kombinasi pemanfaatan kayu olahan dengan HPL dan laminate lainnya. Eva Phaethon akan merekatkan kuat pelapis pada kayu olahan sehingga produk akhir yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here