5 Alasan Mengapa Lem Kayu untuk Gitar Berdampak Besar untuk Performa Anda

605
sambungan finger joint

Pernahkah Anda mendapati suara gitar yang berbeda setelah Anda perbaiki kerusakannya menggunakan lem tertentu? Bila iya, tak perlu merasa heran. Nyatanya lem kayu untuk gitar memang memiliki dampak signifikan. Bila Anda ingin performa Anda dengan gitar maksimal, maka Anda perlu mempertimbangkan faktor ini dengan cermat.

Lem Kayu Untuk Gitar
Gitar Kayu

Bagaimana sebenarnya lem berdampak pada alat musik ini?

Kelima alasan di bawah ini akan menerangkan bagaimana dampak tersebut bekerja.

5 Alasan Dampak Lem Kayu untuk Gitar

Lem Mempengaruhi Suara Gitar

Kekerasan substrat adhesive sekaligus kemampuan lem menyatukan komponen gitar akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Keduanya terkait dengan resonansi suara yang menjadi salah satu basis bagaimana gitar mengeluarkan bunyi.

Lem Mempengaruhi Usia Pakai Gitar

Sebagai bahan kimia, lem bisa rusak karena faktor-faktor khusus. Selama ini berbagai manufaktur adhesive telah berusaha membuat produk lemnya tahan terhadap faktor-faktor tersebut. Sebab bila ketahanan ini kurang, tentu fungsinya sebagai bahan perekat juga tidak maksimal. Yang diakibatkan selanjutnya adalah produk yang dilem pun menjadi mudah rusak. Hal ini pun berlaku pada lem kayu untuk gitar.

Lem Mempengaruhi Tingkat Keamanan Gitar

Tidak semua bahan perekat aman. Ketidakamanan maupun keamanan bahan perekat nantinya juga akan berpengaruh pada produk di mana adhesive ini diaplikasikan. Tentu sebaiknya Anda memilih lem yang aman. Sebab toksisitas lem yang tinggi dapat terpapar langsung pada pengguna gitar dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Lem Mempengaruhi Estetika GitarLem Kayu Untuk Gitar

Efek adhesive pada keindahan gitar bukan hanya terkait dengan sokongan bentuk alat musik tersebut. Waspadalah terhadap efek glue line pada perekat tertentu. Glue line atau garis lem bisa menyebabkan tampilan gitar tidak maksimal. Hindari efek ini dengan memilih lem berkualitas seperti Crossbond.

Lem Mempengaruhi Kekokohan Gitar

Pada akhirnya, tentu saja kita tak bisa mengabaikan fungsi paling populer lem. Perekat ini jelas memiliki pengaruh besar pada kekokihan alat musik petik itu.

Sebenarnya, bagi pengguna alat musik ini, kita hanya perlu memilih gitar dengan kualitas yang bagus. Hal-hal di atas perlu dipahami untuk memperbaiki alat musik gitar saja.

Justru yang paling berkepentingan dengan dampak lem kayu untuk gitar ini adalah para pembuatnya. Tanpa pemahaman akan faktor ini, bukan tak mungkin kualitas gitar Anda selalu kalah saing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here