Lem Kayu Laminasi buat Gitar Aman dan Cepat Kering

1368

Lem kayu laminasi buat gitar pada bagian body yang memiliki peran penting. Body memiliki peran penting dalam menghasilkan suara.

lem kayu laminasi buat gitarGitar memiliki beberapa bagian penting yang harus dipahami oleh para pemainnya. Body adalah salah satu bagian terpenting dari alat musik ini. Bersamaan dengan tali senar, body gitar adalah tempat suara beresonansi. Jika bagian ini dibuat dengan bahan dan cara yang buruk, maka suara yang dihasilkan juga tidak akan enak didengar.

Kayu adalah bahan baku utama dalam proses pembuatan gitar. Dalam setiap bagian biasanya membutuhkan jenis kayu dan teknik pengerjaan yang berbeda. Sehingga, lem kayu buat gitar yang akan digunakan pun jelas berbeda. Pada bagian body, gitar membutuhkan kayu triplek dan plywood. Teknik pengerjaannya pun menggunakan sistem perekatan laminasi. Seperti apa lem kayu laminasi buat gitar yang cocok?

Mengenali Bagian-bagian Gitar untuk Mendapatkan Lem Kayu Laminasi buat Gitar yang Bagus

Dewasa ini, beberapa orang sudah memulai untuk membuat gitar sendiri. Biasanya, orang-orang kreatif ini memang ingin memiliki gitar ekslusive dan memiliki feel (kesan) tersendiri. Gitar tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya. Misalnya; kayu, skrup, dan lem kayu. Sebelum membahas lebih lanjut tentang proses pembuatan body, ada baiknya Kita mengenali bagian-bagian gitar terlebih dahulu.

Gitar terdiri dari malding, neck (freet, nut, fingerboard, dan head), dan body. Body gitar sendiri juga terbagi dalam beberapa bagian yaitu side, back, dan top (rangka dan sound hole). Setelah bagian neck dibuat, ini saatnya untuk membuat body. Berikut langkah-langkah membuat body gitar.

  1. Siapkan alat dan bahan (plywood, triplek, lem kayu buat gitar).
  2. Pada bagian back dan top, gunakan plywood. Pada bagian side (tepi) gunakan triplek.
  3. Rekatkan bagian-bagian tersebut menggunakan lem kayu laminasi yang tepat.
lem kayu laminasi crossbond x 4
Crossbond X 4 250 gram

Bagaimana kriteria lem kayu yang bagus untuk membuat gitar. Produk lem yang disarankan ialah harus kuat. Akan lebih baik lagi jika lem tersebut cepat kering dan aman digunakan. Misalnya, Crossbond X 4 yang dibuat dari PVAc sesuai standard ECHA Reach Regulation dari Eropa. Bahan perekat ini tidak berbau dan beracun serta tidak menimbulkan glue line.

Mempercantik Gitar dengan Produk Cat dan Bahan Pengawet Kayu

Setelah body gitar sudah jadi, sambungkan dengan bagian neck. Pada proses ini, jenis lem yang digunakan tidak sama. Hal ini dikarenakan penyambungannya menggunakan teknik konstruksi. Lalu, prosesnya dapat lanjutkan ke tahap finishing. Gitar dapat diperindah dengan menggunakan produk cat dan coating sesuai selera. Akan tetapi, jangan lupa untuk menggunakan produk-produk water based yang lebih ramah lingkungan.

gitar-kecilTampilan gitar dengan warna kayu transparan dapat menggunakan BioColours Biovarnish. Sementara itu, tampilan gitar yang lebih modern dapat menggunakan Orchid Enamel Paint. Namun, sebelum kayu diambil untuk membuat gitar, lebih baik bahan baku gitar tersebut diberi treatment khusus. Kayu-kayu tersebut dapat diawetkan dengan BioCide Insecticide (anti serangga), BioCide Wood Fungicide (anti jamur), dan BioCide Surface Film Preservative ( anti jamur permukaan).

Lem kayu laminasi dan produk pengawet kayu memiliki fungsi yang luas. Fungsinya dapat diaplikasikan pada berbagai media selain kayu. Sebagai contoh, bambu, rotan, serat alam, dll. Hal yang paling penting, produk-produk tersebut aman digunakan dan tidak merusak lingkungan. Selain itu, gitar yang dihasilkan lebih berkualitas.

Tempat Jual Lem Kayu Laminasi buat Gitar dan Produk Lainnya

Lem kayu laminasi buat gitar, cat, dan bahan pengawet kayu dapat diperoleh di Bio Industries. Alamat kantor ini berada di jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta. Pemesan online dapat menghubungi nomer WA di 082 167 600 692. Sebagai tambahan, Crossbond x 4 hadir dalam dua kemasan dan harga. Kemasan 1 galon atau 4 kg memiliki harga Rp. 355.000,- dan kemasan 250 gram adalah Rp. 50.000,-.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here