Lem Kayu untuk Gitar Akustik Aman dan Bersuara Kuat

5830

Lem kayu untuk gitar akustik yang bagus menghasilkan suara yang kuat dan merdu. Selain itu, produk tersebut harus aman bagi kesehatan.

lem kayu untuk gitar akustikGitar ialah salah satu alat musik yang paling mudah untuk dimainkan. Bahkan, hampir semua orang dapat mempelajarinya secara otodidak (mandiri). Dewasa ini, gitar digolongkan menjadi 3 kategori. Ada gitar listrik, gitar akustik, dan gitar klasik. Masing-masing dibuat dengan kelebihan tertentu. Namun, salah satu tipe yang menjadi favorit para musisi dan anak muda jaman sekarang.

Salah satu ciri dari gitar akustik ialah seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Bahan baku tersebut memiliki pengaruh besar terhadap suara yang akan dihasilkan. Suara di dalam ruang suara beresonansi terdadap kayu badan gitar. Dengan demikian, proses pembuatannya akan membutuhkan lem kayu. Jenis lem kayu untuk gitar akustik harus kuat. Selain itu, kandungan lem untuk gitar akustik bukan berasal dari zat-zat kimia berbahaya.

Ancaman Lem Kayu untuk Gitar Akustik Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Produk lem kayu untuk gitar akustik memang harus jelas keamanannya. Hal ini akan menyangkut pembuat gitar sampai pada penggunanya nanti. Apalagi, penikmat alat musik ini tidak hanya para musisi terkenal tetapi orang awam juga. Mereka bermain gitar dengan berbagai alasan. Mulai dari mengasah bakat, hobi, sampai hiburan. Artinya, keberadaan instrument ini sangat dekat dengan manusia.

formalinOleh karena itu, proses pembuatan gitar akustik harus benar-benar aman. Gunakan jenis lem kayu yang cocok dan tidak mengandung racun. Racun dalam lem biasanya ditimbulkan karena zat-zat kimia berbahaya misalnya formalin dan timbal. Zat-zat kimia tersebut juga menghasilkan senyawa organik yang mudah menguap di udara. Senyawa ini bisa meracuni seluruh ruangan yang berimbas pada kesehatan manusia.

Secara umum, lem kayu yang mengandung formalin atau timbal berwarna kuning. Sehingga, produk ini juga disebut dengan lem kuning. Karakter lain dari bahan perekat ini ialah memiliki bau menyengat. Pengguna lem yang sensitif dapat merasa pusing, mual, iritasi mata, hingga gangguan pernafasan. Di sisi lain, lem ini beresiko terhadap efek kesehatan yang lebih buruk. Biasanya, hal ini terjadi setelah terpapar dalam jangka waktu yang lama.

Lem Kayu untuk Gitar Akustik seperti Apa yang dibutuhkan?

lem kayu untuk membuat gitar akustikGitar membutuhkan lebih dari satu jenis kayu dalam proses produksinya. Badan gitar umumnya menggunakan triplek atau plywood. Sehingga, pengerjaannya menggunakan teknik laminasi (perekatan non komponen). Kemudian, pembuatan kepala dan leher gitar menggunakan teknik konstruksi (perekatan antar komponen). Jadi, perekat yang dibutuhkan untuk mengelem gitar harus sesuai dengan kedua teknik perekatan tersebut. Meskipun demikian, jangan melupakan kriteria utama dari bahan perekat yang aman bagi kesehatan.

Bahan perekat yang aman, kuat, dan sesuai dengan kebutuhan ialah Crossbond. Lem kayu untuk konstruksi dapat menggunakan Crossbond X 3. Sementara itu, proses laminasi dapat menggunakan Crossbond X 4. Keduanya diformulasikan dari inner cross linker PVAc modifier. Zat kimia ini dinilai lebih aman daripada formalin dan timbal. Selain kayu, rotan, bambu, batu, serat alam dan lainnya cocok menggunakan produk ini.

Dimana Crossbond  X 3 dan Crossbond X 4 dijual?

Crossbond dapat diperoleh di Bio Industries dengan dua kemasan. Perusahaan ini membuat lem kayu tersebut dengan kemasan 1 galon ( 4kg) dan 250 gram. Informasi lebih lanjut tentang produk dan harga dapat menghubungi WA kami di 082 167 600 692. Kantor pusat Bio Industries beralamat di jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta.

x3 x4Crossbond X 3 dan  Crossbond X 4 memang lem kayu untuk gitar akustik yang cocok. Bahan perekat ini memiliki daya rekat yang kuat dan bebas racun. Selain lem, proses pembuatan gitar juga membutuhkan bahan finishing kayu. Gunakan produk cat can coating water based yang lebih ramah lingkungan. Bahan-bahan tersebut juga tersedia di Bio Industries.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here