box kayu bagus

Perbaiki Gitar Anda dengan Lem Kayu untuk Gitar Crossbond

Kepala gitar patah? Tenang. Sebelum putus asa atau malah membuang alat musik tersebut, yuk simak cara memperbaiki gitar yang patah di bawah ini. Yang perlu Anda siapkan ialah lem kayu untuk gitar Crossbond, pemotong, kuas, clamp press (atau benda tiruannya), amplas. dan juga cat sesuai warna yang Anda inginkan (bila dirasa perlu).

gitar rusak

promo produk biovarnish sanding sealer

Langkah-langkah Memperbaiki Kepala Gitar Patah

Cermati Kerusakannya

Cermati dulu kerusakan yang terjadi. Bila gitar patah karena faktor fisik (misal terbanting), tentu hal tersebut akan lebih mudah diatasi dibanding bila gitar patah karena bagian dalamnya yang rapuh. Kondisi rapuh di bagian dalam sendiri seringkali disebabkan hama seperti wood boring beetle atau serangga pengebor kayu. Tentu saja sebelum perbaikan dilakukan, hama harus dibersihkan dulu.

Haluskan Bagian yang Patah

Serabut-serabut pada bagian yang patah sebaiknya dipotong. Gunakan pemotong dan bahkan bila memungkinkan amplas untuk melakukannya. Dengan langkah ini, harapannya, lem bisa lebih merata ketika dioleskan.

memperbaiki kerusakan gitar

Oleskan dengan Adhesive

Ambil bagian tubuh gitar yang patah dan letakkan di meja. Tahan posisinya sedemikian rupa dan oleskan dengan lem gitar Crossbond. Aplikasikan juga pengolesan pada bagian kepala gitar yang patah. Setelah itu sambungkan keduanya. Crossbond akan merasuk ke dalam substrat kayu gitar dan melakukan perekatan yang kuat.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Tahan posisi kedua bagian gitar yang disambungkan tersebut dengan clamp press. Clamp press berfungsi menekan dan menahan posisi dua bagian yang disambungkan hingga lem gitar mengering.

Cat atau Haluskan

Langkah terakhir ini sebenarnya bersifat opsional. Anda bisa mengaplikasikan cat baru maupun menghaluskan bagian yang patah. Sebab meski cara memperbaiki gitar yang patah sudah dilakukan, biasanya masih ada kerusakan minor yang terlihat.

lem kayu untuk gitar crossbond

Nah, begitulah sekilas cara untuk memperbaiki peg head atau kepala gitar yang patah dengan lem kayu gitar Crossbond. Sangat mudah bukan? Dari langkah di atas, kunci utama yang harus diperhatikan adalah ketelitian dalam melakukan tiap langkahnya. Selain itu, dukungan bahan berkualitas seperti Crossbond pun penting diupayakan.

Yuk, perbaiki gitar Anda yang rusak dengan Crossbond!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *