Hindari Kandungan Formalin dalam Lem Kayu Jika Peduli dengan Kesehatan

1110

US-EPA telah mengatur penggunaan formalin dalam lem kayu. Hal ini dilakukan agar peristiwa pengungsi korban Badai Kathrina tidak terulang kembali.

formalin dalam lem kayuSatu pelajaran berharga telah datang dari sebuah bencana Badai Kathrina tahun 2005. Pelajaran tersebut diambil dari peristiwa setelahnya saat para pengungsi tinggal di hunian sementara. Hunian yang mereka tempati menimbulkan masalah lain yaitu gangguan pernafasan dan iritasi mata. Masalah tersebut muncul akibat paparan formalin dalam lem kayu yang digunakan untuk membangun hunian sementara.

Dampak formalin yang ditimbulkan tidak hanya menyerang manusia. Bahan kimia ini juga dapat menyebabkan penyakit kanker terhadap binatang. Belajar dari peristiwa tersebut, sebuah lembaga perlindungan lingkungan dari Amerika Serikat (EPA) membuat peraturan baru. Penggunaan zat kimia formalin sangat dibatasi hanya untuk keperluan tertentu. Para pelaku industri manufacturing mebel direkomendasikan untuk menggunakan lem kayu dari bahan PVAc (polyvinyl acetate)

Keuntungan Beralih ke produk lem PVAc

Bahaya formalin dalam lem kayu bagi manusia dan lingkungan  memang sudah jelas. Oleh karena itu, bahan baku pembuatan lem digantikan oleh polyvinyl acetate (PVAc). Bahan kimia ini merupakan polimer karet dari monomer vinyl acetate. Produk lem yang menggunakan bahan ini dinilai lebih aman dan ramah lingkungan. Indikasi tersebut ditandai dengan sifat lem yang tidak berbau dan tidak beracun.

lem kayu bebas formalinDengan demikian, jenis lem tersebut tidak membahayakan kesehatan. Di Indonesia, produk bahan perekat ini sudah ada di pasaran. Bahan perekat tersebut ialah Crossbond X 3 dan Crossbond X 4. Crossbond X 3 adalah lem kayu khusus konstruksi atau penyambungan. Produk ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan interior termasuk furniture.

Sedangkan Crossbond X 4 adalah lem kayu untuk laminasi. Produk ini dibuat sesuai standard ECHA Reach (Eropa) dan EPA (US). Sehingga kandungan racun dan VOC content-nya sangat rendah bahkan tidak ada. Kegunaan dari lem ini untuk memenuhi kebutuhan laminasi eksterior dan interior.

Crossbond X 3 dan Crossbond X 4 memiliki keunggulan lain selain ramah lingkungan. Bahan perekat tersebut memiliki daya sebar yang luas, cepat kering, daya rekat kuat, dll. Daya sebar yang luas membuat penggunaan lem lebih hemat. Hal tersebut dapat mengurangi biaya produksi (cost of production).

Dimana Crossbond X 3 dan Crossbond X4 bisa didapatkan?

crossbond x4
crossbond x 4

Crossbond X 3 dan Crossbond X 4 bisa di peroleh di Bio Industries. Kantor Pusat perusahaan ini berada di jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta 55162. Produk ini juga dapat diperoleh di kantor cabang Jepara dan Cirebon. Pemesanan online dapat melalui WA di 082 167 600 692 dan pin BBM: D12B7E21.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati! Belajarlah dari pengalaman dan masa lalu! Dua pepatah di atas dapat digunakan oleh semua pihak yang peduli akan kesehatan. Sehingga, untuk menghindari kandungan formalin dalam lem kayu tidak perlu merasa ragu lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here