Hindari Hal ini Selama Aplikasi Lem untuk Laminasi Kayu

620
lapisan kayu

Apa saja yang harus diperhatikan kala menggunakan lem untuk laminasi kayu? Yuk, simak penjelasan penting di bawah ini.

lapisan kayu

Sekilas tentang Laminasi Kayu

Sebagaimana namanya, proses laminasi merupakan teknik manufacturing yang diterapkan pada sebuah material agar membentuk lapisan-lapisan. Dengan cara ini, diharapkan terjadi peningkatan pada aspek kekuatan, stabilitas, hingga tampilannya. Pelapisan yang dilakukan sendiri bersifat permanen dan biasanya dilakukan dalam proses yang melibatkan pemanasan, penekanan, hingga pemberian adhesive.

Teknik ini sangat berguna pada industri woodworking sekarang. Beragam industri mengandalkan teknik laminasi karena memerlukan suplai dari produk yang dihasilkan. Sebut saja industri kerajinan, industri furniture, hingga building material yang sangat membutuhkan kayu-kayu laminasi.

Adhesive yang Berperan Penting

kayu laminasi komponenSebagaimana disebut di atas, penerapan adhesive merupakan salah satu tahapan utama dalam teknik laminasi. Adhesive sendiri berperan sebagai zat yang menyatukan komponen-komponen kayu. Oleh karena fungsi krusialnya inilah, kualitas adhesive harus sangat diperhatikan.

Usahakan untuk menggunakan lem dengan daya rekat yang kuat, tahan lama, hingga aman digunakan. Sebab bila adhesive yang digunakan kurang baik, tentu pada akhirnya pun produk yang dibuat kurang bisa disebut baik.

Gunakan Lem untuk Laminasi Kayu dengan Benar

Selain masalah kualitas, Anda juga harus memperhatikan masalah aplikasi adhesive. Ini penting, sebab tak jarang kegagalan proses pengelaman disebabkan karena kesalahan pemakaian lem. Misalnya dalam hal jumlah yang digunakan.

lem untuk laminasi kayuDengan dalih mencegah noda lem yang terlalu banyak hingga berhemat, tak jarang banyak pengrajin kayu menggunakan lem terlalu sedikit. Akibatnya, beragam produk gagal dihasilkan dalam kualitas terbaiknya. Padahal, sebenarnya menggunakan lem dengan jumlah tepat tidaklah sulit. Untuk noda lemnya, pembersihan bisa dilakukan setelah perekatan selesai dilakukan.

Sedangkan bila alasannya “ingin berhemat”, maka solusi yang bisa diambil adalah menggunakan adhesive yang terjangkau namun wajib menggunakannya dalam jumlah yang cukup. Crossbond contohnya. Lem untuk laminasi kayu Crossbond bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Akan tetapi, adhesive ini memiliki kualitas yang sangat baik. Sehingga penggunaannya akan menjadi solusi yang tepat untuk berbagai aplikasi sambungan laminasi.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here