Aplikasi FJLB Sukses dengan Lem untuk Laminasi Kayu Berkualitas

783
papan oak fjlb

Salah satu syarat keberhasilan pengeleman FJLB adalah terpenuhinya kebutuhan lem untuk laminasi kayu berkualitas. Diperlukan spesifitas khusus seperti pada adhesive resin alifatik Crossbond X4.

papan oak fjlbPanel FJLB merupakan salah satu produk kayu yang saat ini banyak digunakan. FJLB yang merupakan singkatan dari Finger Joint Laminate Board dibuat dengan teknik finger joint sekaligus laminasi. Pada proses pembuatannya, diperlukan papan-papan kecil kayu yang selanjutnya akan disatukan satu sama lain. Biasanya, kenampakan bekas disatukannya kayu ini masih terlihat jelas dan akan dianggap menarik bagi beberapa orang, namun tak menarik bagi yang lain.

Papan FJLB banyak digunakan untuk menghasilkan produk kayu. Hingga hari ini, panel tipe ini biasa diaplikasikan pada furniture, lemari, buffet, meja, kursi panjang, dan berbagai kebutuhan sejenis lainnya.

Memerlukan Ketersediaan Lem untuk Laminasi Kayu

Proses pembuatan maupun pengaplikasian panel FJLB memerlukan adhesive dengan spesifitas khusus dan dalam kondisi yang baik. Lem berguna sebagai pemersatu saat panel dibuat dan sebagai bahan saat panel diaplikasikan. Jenis lem yang dibutuhkan adalah lem dengan tipe laminasi.

Tipe adhesive laminasi adalah tipe adhesive yang digunakan dalam pengeleman non struktural. Contoh adhesive tipe ini bisa digunakan untuk mengaplikasikan lantai, vinir, hingga dinding panel bambu. Memilih adhesive yang memang bertipe laminasi sangat dibutuhkan untuk aplikasi FJLB yang sukses. Pasalnya, kebutuhan ini memerlukan kondisi khusus yang memang hanya bisa dipenuhi lem laminasi.

Di lapangan sendiri, sebenarnya sudah banyak lem dengan tipe laminasi. Jadi, Anda tak perlu khawatir. Misalnya saja Crossbond X4. Crossbond X4 bahkan bisa disebut sebagai lem untuk laminasi terbaik dibanding adhesive lainnya yang tersedia. Lem ini memiliki beberapa fiture menarik yang membuatnya cocok untuk aplikasi panel FJLB.

Bisa meresap dengan baik sehingga mencegah lapisan film lem sekaligus mengikat substrat kayu dari bagian paling dalam.

  • Daya rekat sangat bagus.
  • Tahan lama dan bisa dipakai untuk kebutuhan outdoor.
  • Sangat mudah digunakan.
  • Cepat kering.
  • Sangat aman.
  • Murah dan aplikasinya hemat.
Lem untuk laminasi kayu
Lem untuk laminasi kayu

Dengan berbagai poin di atas, sudah jelas bahwa lem untuk laminasi kayu ini sangat bisa diandalkan untuk pengeleman panel FJLB.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here