Yuk Simak Tips Pembuatan “Bent Lamination” oleh Merk Lem Kayu Laminasi Crossbond!

696
kursi laminasi modern

Bent lamination kayau laminasi melengkung merupakan salah satu teknik menarik pada industri pengolahan kayu. Berikut ini, merk lem kayu laminasi Crossbond akan membahas salah satu bentuk inovasi kreatif ini.

kursi laminasi modern
Pernahkah Anda melihat kursi menarik seperti gambar di atas? Kursi tersebut dibuat menggunakan papan kayu laminasi yang kemudian dibengkokkan atau dilengkungkan sedemikian rupa. Pelengkungan tersebut sukses memberikan kesan futuristik, elegan, berkelas, sekaligus simpel. Selain kursi, tak jarang juga tampilan seperti ini diaplikasikan pada produk-produk seperti meja hingga rak. Yang jelas, untuk membuat produk di atas perlu diaplikasikan teknik khusus yang dinamai bent lamination atau laminasi melengkung.

Bent Lamination

Kayu laminasi melengkung biasanya merupakan produk yang awalnya berupa kayu biasa. Komponen kayu disatukan sedemikian rupa dengan cara dikondisikan dalam tekanan yang bisa membuatnya melengkung sembari dilem.
Zaman dulu, teknik ini biasanya dilakukan dalam suhu panas. Namun metode tersebut telah lama ditinggalkan karena malah lebih banyak merugikan dibanding menguntungkan. Kini pengolahan kayu laminasi melengkung lebih sering diterapkan dalam metode suhu dingin. Selain berbeda dalam hal suhunya, aplikasi metode ini juga memerlukan adhesive yang memiliki ketahanan khusus baik pada suhu rendah maupun pada es dan air.

merk Lem kayu laminasi crossbond
Lem untuk laminasi kayu

Tips Aplikasi dari Merk Lem Kayu Laminasi Crosssbond

Sebagaimana disebut di atas, pengaplikasian teknik laminasi melengkung banyak dianggap sebagai salah satu inovasi menarik di industri pengolahan kayu. Oleh sebab itu, pembuatannya harus didukung dengan bahan-bahan berkualitas seperti adhesive yang tepat. Lem yang kami rekomendasikan adalah Crossbond X4. Selain menarik dan memang sesuai dengan tipe perekatan ini, Crossbond X4 selalu hadir membantu konsumennya dengan berbagai informasi serta tips menarik. Contohnya saja tips aplikasi dari merk lem kayu laminasi Crossbond.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam penerapan “bent lamination”? Berikut ini sedikit di antaranya.

  1. Pemahaman akan karakter kayu. Perhatikanlah sifat lengkung kayu, ketahanan kayu pada tekanan tertentu, hingga sifatnya saat dilengkungkan.
  2. Pola serat kayu. Pola serat kayu memainkan peran signifikan menentukan keberhasilan proses pelengkungan.
  3. Hindari mata kayu.
  4. Kombinasi jenis atau tipe kayu yang dilengkungkan (bila digunakan lebih dari satu jenis atau satu tipe).
  5. Penggunaan clamp untuk membengkokkan dengan tekanan dan lama waktu yang tepat.

kursi

Demikian sedikit tips dari merk lem kayu laminasi Crossbond. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here