Lem Kayu Laminasi untuk Pelaminasian dan Pembengkokkan Kayu

309
kursi laminasi bagus

Dengan teknik laminasi sekaligus pembengkokkan kayu, berbagai produk furniture futuristik telah berhasil diolah. Namun untuk kesuksesan pengolahan tersebut, maka Anda harus senantiasa memperhatikan kualitas lem kayu laminasi yang digunakan.

kursi laminasi bagus

Apa itu Kayu Laminasi?

Kayu laminasi adalah istilah yang merujuk pada sebuah produk kayu yang dihasilkan dengan teknik tertentu. Biasanya teknik ini dimaksudkan untuk membuat produk yang lebih lebar maupun lebih tebal.

Dalam aplikasinya, penggunaan kayu laminasi bisa dikombinasikan dengan pembengkokkan. Perpaudan ini sudah pasti akan menghasilkan produk yang menarik. Pasalnya, produk yang dihasilkan adalah kombinasi atas dua hal yang sama-sama penting, yakni laminasi dan yang kedua adalah “bending”. Kursi-kursi modern dengan kesan futuristik bisa dibilang merupakan contoh dari aplikasi kombinasi kedua teknik tersebut. Namun selain kursi, laminasi dan pembengkokkan pada kayu juga bisa diterapkan untuk berbagai jenis furniture yang lain. Contohnya untuk pembuatan meja, rak, hingga tempat tidur sekalipun.

Perlu Lem Kayu Laminasi yang Berkualitas

Untuk aplikasi teknik ini, diperlukan lem yang baik. Di pasaran sendiri sudah banyak lem yang beredar. Namun bila kita tidak memahami spesifikasi yang diperlukan, maka sebaiknya kita mulai mereview ulang kebutuhan perekat yang akan diterapkan. Buatlah poin-poin penting mengenai proses perekatan yang perlu diperhatikan. Selanjutnya, pilih lem berdasarkan hasil review yang Anda buat itu.

Misal terkait dengan waktunya. Pilih lem yang kecepatan keringnya sesuai irama kerja industri pengolahan kayu. Hindari menggunakan lem yang terlalu cepat kering maupun lem yang terlalu lambat kering. Keduanya sama-sama merugikan. Lem yang terlalu cepat kering bukan tak mungkin akan kering saat kita sedang mengoleskan lem pada bagian kayu tertentu. Akibatnya, proses perekatan berjalan tak sempurna bahkan seringkali berakhir dengan kegagalan.

Contoh lain selain lama waktu kering, yang perlu Anda simak adalah tingkat keamanan lem terkait. Memang aspek ini masih dianggap kurang begitu penting di negara seperti Indonesia. Namun bila Anda ingin memasuki dunia ekspor, penggunaan lem kayu laminasi yang aman adalah syarat wajib yang harus dipenuhi.
Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here