Ini Dia 3 Macam Lem untuk Laminasi Kayu yang Bisa Digunakan

855
vinir

Ada berbagai macam lem untuk laminasi kayu yang bisa digunakan. Tapi tentu saja lem-lem tersebut tak bisa disamakan begitu saja. Berikut ini kami akan menjelaskan aneka lem laminasi serta perbandingannya satu sama lain.

vinirPerekatan lamiansi merupakan perekatan yang banyak diaplikasikan dalam industri woodworking. Tipe perekatan ini dilakukan untuk membuat papan lebar hingga untuk mengaplikasikan lantai serta vinir. Di pasaran sendiri sudah ada banyak lem untuk kebutuhan ini. Selain bisa kita lihat dari mereknya, kita juga bisa membedakan beragam adhesive tersebut dari jenis bahan dasarnya. Berikut ini adalah 3 macam lem laminasi mulai dari lem putih hingga lem PU.

3 Macam Lem untuk Laminasi Kayu

Polyvinyl Acetate (PVA)

PVAc glue atau lem PVAc merupakan lem yang biasa digunakan untuk beragam fungsi perekatan. Lem ini juga sering disebut sebagai lem putih sedangkan beberapa variannya yang lain disebut sebagai lem carpenter. Lem PVAc merupakan lem yang paling kuat dan aman digunakan. Beberapa lem PVAc memiliki kelemahan dalam hal ketahananya pada air. Namun lem PVac yang telah dimodifikasi menjadi waterproof seperti Crossbond X4 menjadi sangat baik bahkan untuk perekatan outdoor.

Urea Formaldehyde

Lem Urea Formaldehida merupakan lem yang biasa disebut dengan lem resin plastik. Lem ini memiliki kelebihan pada fungsinya sebagai pengisi celah. Namun ada dua kelemahan fundamental pada adhesive ini. Pertama, lem ini tak semudah diaplikasikan. Kedua, lem ini memiliki tingkat keamanan yang tak begitu baik. Dari sisi kekuatan, lem urea formaldehida juga masih kalah dibanding lem putih.

Polyurethane Glue

Polyurethane glue atau lem PU merupakan adhesive yang kerap disebut-sebut sebagai lem yang paling kuat. Padahal, dari pengujian yang dilakukan Popular Woodworking Magazine (sebuah situs majalan woodworking online), tingkat kekuatan lem ini masih di bawah lem PVAc. Ketahanannya pada air juga memiliki kualitas yang sama dengan PVAc waterproof seperti Crossbond X4.

Demikian pembahasan mengenai beberapa macam lem untuk laminasi kayu ini. Bila kita bandingkan dari beberapa adhesive di atas, bisa disimpulkan jenis lem pvac merupakan lem laminasi terbaik dari lem lainnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here