Fungsi Lem Kayu Laminasi yang Beraneka Ragam!

733

Lem kayu laminasi memiliki beragam manfaat. Pada artikel ini kami akan membahas 2 fungsi lem kayu laminasi beserta produk yang direkomendasikan.

Mengingat Lagi Dua Tipe Pengeleman

Ingatkah Anda bahasan jenis perekatan di website ini pada artikel sebelumnya? Secara umum, kita bisa membagi tipe perekatan menjadi beberapa macam. Dua di antaranya adalah perekatan konstruksi dan perekatan laminasi. Keduanya dibedakan karena tujuan perekatan dan sifatnya memang berbeda. Karena itulah, lem yang digunakan pun harus berbeda. Sebaik apapun lem konstruksi belum tentu baik untuk laminasi. Demikian juga sebaik apapun lem laminasi, namun kualitasnya belum tentu dapat dinikmati bila dipakai untuk kebutuhan konstruksi.

Fungsi Lem Kayu Laminasi dan Crossbond X4

Tipe perekatan laminasi sendiri pada dasarnya terdiri dari dua kategori. Namun secara umum, pada perekatan ini kayu akan dibuat supaya permukaannya lebih luas maupun lebih tebal. Dua fungsi inilah yang biasanya tampak pada pembuatan produk-produk laminasi seperti:

lantai bambu bagus

Pemasangan Lantai

Pemasangan lantai adalah contoh laminasi produk untuk fungsi perluasan. Komponen lantai yang berukuran kecil disatukan membentuk areal luas yang menyatu. Pemasangan lantai tentu sangat memerlukan lem sebagai bahan penyatu antar komponennya tersebut.

Pembuatan Panel Kayu

Mirip dengan lantai, panel diaplikasikan dengan menyatukan komponen-komponen kayu kecil. Namun panel biasanya diaplikasikan untuk dinding sampai mebel, bukan lantai.

Pembuatan Kayu Lapis

Pemasangan lantai dan pembuatan papan panel kayu adalah contoh produk laminasi yang sifatnya untuk perluasan semata. Contoh laminasi yang fungsinya juga untuk perekatan vertikal adalah kayu lapis. Pada produk ini, lembaran tipis kayu disusun tumpang tindih agar menjadi lebih tebal. Kayu lapis bisa digunakan untuk membuat pintu geser sampai furniture. Salah satu karakter utama lem yang baik untuk pembuatan plywood atau multipleks adalah kemampuan lem tidak menyebabkan lapisan film lem dan glue line.

tripleks

Crossbond X4

Adhesive yang kami rekomendasikan untuk memenuhi berbagai keperluan laminasi adalah Crossbond X4. Mengapa Crossbond X4?

Pertama, lem ini memang sudah sejak awal dibuat untuk kebutuhan tersebut. Crossbond memiliki daya sebar luas dan daya serap yang baik. Lem ini akan masuk ke substrat kayu dan berikatan dengan kuat.

Crossbond X4 juga sangat mudah digunakan. Lem ini akan benar-benar optimal memenuhi berbagai fungsi lem kayu laminasi di atas. Dengan ketahanannya yang tinggi pada air, solvent, dan panas, Crossbond X4 juga bisa digunakan untuk decking kayu outdoor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here