Dari Desain sampai Perawatan Meja Ruang Tamu: Simak Saja di Lemkertas!

672
meja ruang tamu vintage

Seperti apa desain meja ruang tamu yang bagus? Bagaimana perawatannya? Di mana mencari produk dengan kualitas baik? Terpercayakah membeli meja tamu secara online?Yuk, simak aneka informasi seputar perabot ini hanya di lemkertas.com!


Apa Itu Meja Ruang Tamu?

Meja adalah salah satu jenis furniture yang sudah lama digunakan manusia. Berdasarkan gunanya tersebut, kita mengenal meja makan, meja belajar, hingga produk serupa yang ditempatkan di ruang tamu. Fungsinya jelas, yakni untuk meletakkan aneka benda. Khusus meja yang diletakkan di ruang tamu, selain memiliki fungsi khusus untuk meletakkan penganan dan minuman (atau aneka suguhan lain) ke tamu, ia juga memiliki fungsi dekoratif. Keindahan meja tersebut akan sangat berdampak pada ruang tamu secara keseluruhan. Apalagi mengingat ruang ini adalah ruang untuk menyambut orang lain ke rumah kita. Tentu kondisi ruang tamu akan dinilai oleh orang-orang yang bertandang tersebut.

Dari yang Biasa sampai yang Lesehan ala Jepang
Meja telah lama dikenal oleh manusia. Produk seperti ini biasa dipakai untuk menaruh aneka bahan meski pada perkembangan selanjutnya juga dipakai untuk memperindah ruangan. Berbagai bentuk meja sendiri, karenanya telah ditemukan dengan ragam yang begitu besar. Misalnya saja meja lesehan ala Jepang. Meja seperti ini dibuat dengan pendek karena tidak memakai kursi “biasa” sebagai pasangannya. Nah, gaya dan desain aneka meja lainnya, telah kami rangkumkan di bawah ini.

Aneka Gaya dan Desain Meja Ruang Tamu

Minimalis dan Modern

meja ruang tamu gaya modern

Gaya dan desain ini sangat cocok untuk diterapkan di rumah dan gedung modern minimalis yang sekarang memang sedang marak. Gaya ini mampu memperlihatkan kesan-kesan positif seperti efisienitas, warna yang tegas tapi tetap unik, bersih, hingga permainan bentuk yang menari. Tentu saja pasangan kursi ruang tamunya juga harus pas dan bergaya modern minimalis.

Victoria dan Gaya Klasik Eropa

Gaya cantik Victoria dan Eropa klasik lainnya memang sangat menawan. Meja ruang tamu pun banyak yang hadir dalam set khusus dengan desain ini. Bagi penyuka gaya seperti ini, pilih saja satu yang paling cocok dengan ruangan tamu Anda. Harganya sendiri sangat beragam.

meja ruang tamu victorian

Tradisional Indonesia

Keindahan asli Indonesia tak pernah kalah dari keindahan dari Eropa atau negara lainnya. Apalagi dengan tambahan aksen tradisional yang sangat khas dan sudah mendunia. Misalnya saja dengan tambahan ukiran jepara, pola lukisan Kalimantan, dan berbagai pola dan bentuk tradisional yang lain. Dikombinasikan dengan kayu yang juga asli Indonesia, tentu hasilnya akan sangat menarik.

Japanesse Table

Meja Jepang sebagaimana disebut di atas, terkenal khas dengan gaya lesehan. Meski demikian, bukan berarti meja ruang tamu ini tak menarik. Dipakai sampai sekarang pun tak masalah. Bukankah justru bagus kalau ruang tamu kita lain daripada yang lain?

meja ruang tamu gaya jepang

Vintage, Shabby Chic, dan Aneka Kesan Lawas

Tampilan vintage selalu menarik perhatian. Aneka gaya vintage sendiri sangat beragam. Misalnya vintage meja palet, kayu bekas kapal (boat recycle furniture), white wash, warna charcoal, dan masih banyak lagi yang jelas tak bisa disebut satu per satu. Shabby chic juga salah satunya. Gaya shabby chic memadukan dua kesan, yakni kesan lawas dengan kesan chic atau cantik.

Glamour

Bagi yang ingin mewujudkan ruang tamu dengan kesan mewah, maka pilihan perabotnya pun juga harus sesuai, termasuk saat memilih meja ruang tamu. Desain dan gaya mewah sendiri sudah banyak diterapkan pengrajin. Jadi Anda tak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan meja yang sesuai dengan keinginan.

Natural

Aksen natural pun tak akan kalah menarik ketika diterapkan untuk meja. Apalagi bagi Anda yang memang menyukai aksen tersebut. Keindahan alami kayu memang sesuatu yang tak dapat diabaikan.

Bagaimana Cara Merawat Meja Tamu?

Diletakkan di ruang tamu, di mana orang dari luar akan menilai rumah kita, jelas perawatan wajib dilakukan untuk furniture ini? Lantas bagaimanakah caranya?

membersihkan meja1. Pertama, lakukan pembersihan secara berkala. Gunakan kemoceng untuk membersihkan debu yang menempel di meja setiap harinya.
2. Pembersihan menyeluruh yang lebih intens. Anda bisa memakai peralatan yang lebih baik, misalnya kain lap yang sudah dibasahi.
3. Perawatan dengan semir kayu. Misalnya semir kayu Biopolish. Semir kayu adalah produk sebagaimana semir sepatu, tapi bisa dipakai pada kayu. Fungsinya adalah untuk melindungi sekaligus membuat produk kayu termasuk meja ruang tamu dari kayu terlihat lebih baik dan halus.

Ketiga poin di atas perlu selalu dilakukan. Pada periode tertentu, misalnya 6 bulan atau setahun sekali, lakukanlah pengecatan ulang atau refinishing. Selain untuk mengganti cat lama yang sudah buruk, refinishing akan mempertahankan proteksi pada meja yang sudah tak bisa dipenuhi dengan baik oleh cat yang lama. Ingat, salah satu fungsi cat adalah melindungi medianya dari faktor perusak dari luar. Mempertahankan lapisan cat yang rusak, selain terlihat buruk juga akan membuat kayu rentan terdegradasi baik oleh kelembaban sampai oleh jamur.

Di Mana Membeli Meja Ruang Tamu yang Bagus?

Furniture seperti ini sangat mudah dibeli. Anda ke toko mebel pun, pasti banyak yang menjualnya. Hanya kalau Anda ingin yang bagus, manfaatkan saja toko yang memang terkenal bagus. Anda pun saat ini sudah bisa membeli produk tersebut secara online. Terkait dengan kevalidannya, sebaiknya pilih online shop terpercaya. Jadi Anda tak perlu takut kena tipu.

Membuat Meja Ruang Tamu dengan Pelapis

hpl pada meja

Cara untuk bisa menghasilkan produk meja jelas sangat beragam. Langkah-langkahnya tergantung pada seperti apa meja yang akan dibuat. Dari segi finishingnya misalnya. Selain dapat dilakukan dengan cat, finishing juga bisa dilakukan dengan pelapis atau coating.
Pelapis seperti ini biasanya berupa lembaran tipis dengan corak dan warna yang menarik. Bahan tersebut banyak digunakan pada meja yang terbuat dari kayu olahan seperti MDF, particle board, HDF, hingga kayu lapis. Pasalnya, berbagai kayu olahan tersebut memang kurang cocok difinish dengan bahan cair. Tingkat porositasnya yang tinggi akan mempersulit proses pengecatan.

Varian atau jenis pelapis yang bisa dipakai sendiri sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah PVC, stiker khusus (vinyl self adhesive), HPL, hingga veneer. Tiap produk jelas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing!

Lem untuk Pelapisan Meja Ruang Tamu

Pemakaian kayu olahan untuk membuat furniture terutama meja adalah sesuatu yang harus didukung. Sebab, pemakaian bahan tersebut dapat mengurangi pemakaian kayu solid yang didapat dengan cara menebang pohon. Tapi konsekuensinya, proses finishing harus beralih ke finishing tempel. Untuk aplikasi finishing tempel sendiri dibutuhkan lem yang tepat. Sayangnya, mencari lem untuk kebutuhan seperti ini tidaklah mudah.

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Satu dari sangat sedikit adhesive yang cocok untuk pelapisan HPL hingga PVC adalah Eva Phaethon. Terbuat dari ethylene vinyl acetate yang diformulasikan khusus, lem ini mampu merekatkan kayu olahan yang porositasnya besar ke pelapis yang mungkin bahkan tak punya porositas. Lem ini secara umum juga lebih kuat, tahan lama, aman, dan cover areanya luas dibanding adhesive sejenis kebanyakan.

Sekiranya, demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja ruang tamu. Semoga bermanfat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here