Cara Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa: Lampu Cantik Warna-warni!

2234
lampu tempurung kelapa

Batok kelapa ternyata bisa membuat usaha Anda lebih maju! Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memanfaatkan benda yang sering diperlakukan sebagai sampah tersebut. Salah satu usaha pemanfaatan batok kelapa yang bisa dilakukan adalah dengan mengubahnya menjadi kap lampu gantung super cantik. Nah, di kesempatan ini, kami akan bagikan tutorial serta panduan cara untuk membuat kerajinan dari batok kelapa tersebut!

Lampu Gantung Batok untuk Ramaikan Ruangan

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat sebuah ruangan lebih cantik. Kita bisa menempatkan sebuah vase besar dengan bunga hias, lilin kecil seperti di rumah makan, hingga memasang lukisan di dinding. Keindahan memang sesuatu yang sangat berarti.

CS LemKertas

Nilainya memang tak bisa dihitung dengan angka, namun bisa dirasakan bagi mereka yang berdekatan dengannya. Karenanya, tak mengherankan bila manusia senantiasa mengusahakan terciptakan estetika yang baik tersebut. Selain dengan bunga hingga lukisan, pemakaian lampu hias pun kerap diandalkan.

Bila Anda berjalan ke berbagai minimarket, lampu-lampu hias sudah banyak dijual. Umumnya lampu-lampu ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti dari anyaman bambu. Bahkan ada pula yang hanya terbuat dari silinder karton yang dihias. Sederhana memang, tapi efeknya memang bagus. Dan yang lebih menarik, sebetulnya aneka lampu hias seperti itu mudah untuk dibuat.

Tak percaya? Simak saja tutorial dan panduan pembuatan lampu gantung dari tempurung atau batok kelapa berikut ini. Tak perlu bahan-bahan yang sulit didapat, Anda akan mampu menghasilkan maha karya yang mampu mengundang decak kagum.

batok kelapa

Tutorial Cara Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa Lampu Gantung

Alat dan Bahan yang Diperlukan

1. Batok kelapa
2. Amplas untuk menghaluskan saja
3. Bahan finishing (opsional dan tergantung dengan selera Anda untuk warna yang dipilih)
4. Lem Ultra Phaethon
5. Kayu atau glugu atau sisa batok lainnya
6. Tali
7. Lampu LED warna-warni yang menarik
8. Kuas untuk aplikasi lem
9. Berbagai hiasan dekorasi tambahan
10. Alat tulis
11. Bor
12. Kertas

jual lem untuk wallpaper

Langkah-langkah Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa

1. Pertama-tama, tentukan dulu batok kelapa yang akan Anda gunakan. Pilihlah batok yang sudah tua, kering, namun kondisinya bagus. Hindari memilih batok yang masih muda dan atau memiliki banyak cacat pada materialnya.
2. Setelah itu, bersihkan batok dari sabutnya. Amplas agar permukaan batok juga lebih licin.
3. Potong batok menjadi dua belahan sama besar.
4. Setelah diamplas cucilah batok tersebut sampai bersih. Tunggu dan keringkan dengan cara batok diangin-anginkan.
5. Sembari menunggu batok kering, tentukan desain lampu yang akan dibuat. Pada tutorial cara membuat kerajinan dari batok kelapa ini, batok akan dilubangi dengan bor kecil supaya nantinya memancarkan cahaya lampu LED dengan cantik. Tentukanlah pola titik-titik bor pada kertas sebagai gambaran.
6. Siapkan juga kayu untuk hiasan pada batok. Potong kayu berbentuk lingkaran dengan diameter 5 cm, lalu lubangi bagian tengahnya.
7. Setelah batok kering, tentukan dengan alat tulis di mana Anda akan mengebor batok. Beri tanda dengan spidol atau pensil. Berbagai pola bisa Anda pilih mulai dari pola melingar sederhana hingga pola yang lebih rumit.
8. Ambil bor Anda (gunakan yang kecil). Setelah itu, bor tempurung kelapa tersebut dengan hati-hati. Jangan sampai batok kelapa malah pecah.
9. Secara khusus, buat juga lubang yang lebih besar sebagai tempat gantungan tali di ujung atas atau puncak batok.
10. Rekatkan kayu yang sudah dibuat di ujung atas batok menggunakan lem yang kuat untuk batok kelapa Ultra Phaethon. Jangan sampai kayu menutup lubang batok. Justru posisikanlah lubang kayu simetris dengan lubang pada batok. Adanya kayu ini akan membuat lampu gantung Anda lebih menarik.
11. Aplikasikan bahan finishing sesuai selera Anda apabila Anda ingin mewarnainya. Anda bisa menerapkan warna hitam, coklat, dan natural transparent, bahkan metal (emas, perak, atau perunggu). Gunakan saja cat yang mudah dipakai seperti Orchid untuk warna solid dan BioVarnish untuk warna natural transparan.
12. Posisikan lampu LED dengan tali. Selanjutnya, masukkan tali di ujung lubang batok.
13. Anda tinggak menyalakan lampu LED sekaligus menggantungkan tali pada tempatnya! Namun bila diinginkan, boleh saja menambahkan aksesori lainnya yang bisa ditempel dengan Ultra Phaethon.
14. Selesai.

lampu batok kelapa (5)

Tips untuk Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa Lampu Hias

Cara di atas akan menuntun Anda sehingga mampu menghasilkan gantungan lampu dari tempurung kelapa yang bagus. Tapi tak bisa dipungkiri, bahwa cara di atas masih sangat standar. Setelah Anda fasih dan menguasai langkahnya secara keseluruhan, terapkanlah modifikasi di sana-sini agar lampu terlihat lebih bagus. Berikut ini kami sajikan beberapa tips yang dapat Anda andalkan.

1. Pertama, jangan ragu untuk mengaplikasikan warna pada batok kelapa. Ada banyak sekali pilihan warna yang bisa dipilih dan dipadu-padankan satu sama lain. Keindahan lampu Anda pasti akan meningkat bila Anda mampu menerapkan warna yang bagus.
2. Perkaya desain lampu dengan beberapa cara. Misalnya dengan membuat semacam gantungan untuk lebih dari dua lampu dari tempurung kelapa.
3. Tambahkan berbagai hiasan yang mendukung.
4. Buat pola untuk titik bor yang menarik dan unik.
5. Dengan berbekal metode di atas, Anda juga pasti bisa membuat kap lampu duduk dari tempurung kelapa. Aplikasikan saja cara-cara di atas, namun bila pada tutorial di atas Anda menggunakan tali, kali ini Anda menggunakan dudukan lampu biasa.

Baca juga: gambar tempat pensil dari bambu

Nah demikianlah beberapa tips yang penting sekaligus cara membuat kerajinan dari batok kelapa. Sangat mudah bukan?

lampu batok kelapa

Manfaatkan Produk Anda!

Selain dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi, sebagaimana disebut di awal tulisan, aneka batok lampu di atas juga bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih menguntungkan. Misalnya saja untuk dijual. Anda dapat menjualnya di toko konvensional hingga di berbagai online shop. Ambil saja gambar produk yang telah Anda buat dan pasang harga yang tepat. Anda pun hanya perlu menunggu pesanan dan tak perlu merasa rugi bila produk tidak laku (karena pembuatan dilakukan setelah ada pemesanan).

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai produk di atas untuk usaha Anda yang lain. Misalnya saja bila Anda punya usaha kafe, warung makan, restauran, penginapan, dan lainnya. Hadirnya kerlap-kerlip cantik dari batok kelapa pasti akan membuat tempat Anda lebih mengundang perhatian. Eits, jangan salah lho. Banyak pembeli yang memperhatikan faktor suasana saat akan masuk ke area hiburan termasuk tempat-tempat makan. Lampu-lampu Anda pasti bisa diandalkan untuk hal tersebut. Apalagi bila pangsa pasar Anda adalah muda mudi yang sedang kasmaran. Daripada membeli lampu hias yang mahal, bukankah akan jauh lebih hemat bila kita membuatnya sendiri?
Nah, itulah cara membuat kerajinan dari batok kelapa sekaligus beberapa tips tambahannya. Semoga bermanfaat ya!

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here