Ini Dia Tutorial Cara Membuat Tulip dari Koran Bekas

1280
lili

Bagaimana cara membuat tulip dari koran bekas? Jangan salah, biarpun dari bahan koran bekas, dengan teknik dan tips yang tepat, karya Anda bisa dijual dengan menguntungkan. Sediakan saja lem Ultra Phaethon dan segera ikuti tutorial yang akan kami terangkan di bawah ini.

Kreatif dengan Barang Bekas!

Jangan buang begitu saja benda-benda yang tak terpakai di rumah Anda! Siapa tahu justru dari benda-benda yang dianggap tak berguna tersebut, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan. Sudah ada banyak orang dengan kisahnya yang membuktikan hal ini, lho. Ada yang menjadi kaya dengan hanya berbekal batok kelapa, atau bahkan pengusaha mebel yang justru bisa sukses setelah menggunakan kayu peti kemas, bukan kayu baru. Singkat kata, pada berbagai benda bekas yang kita tahu, bukan tak mungkin ada potensi besar yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah potensi untuk dijadikan benda-benda kerajinan tangan atau handicraft.

Kuncinya sebetulnya hanya satu: kreativitas kita. Kreativitas adalah daya untuk melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda. Ketika orang lain melihat batok kelapa sebagai sampah misalnya, orang kreatif akan melihat material yang sama sebagai bahan untuk membuat bunga hias.

Membuat Tulip dari Koran Bekas untuk Hasilkan Keuntungan!

Banyak sekali bahan bekas yang bisa dimanfaatkan dan bisa kita ubah menjadi keuntungan. Salah satu yang jumlahnya paling banyak adalah koran bekas. Koran, sebagai media penyampai berita tentunya sudah akrab di kalangan masyarakat. Langganan koran tiap hari pun merupakan suatu fenomena yang sangat wajar meski sekarang ini media-media online telah menjamur di mana-mana. Tak jarang, di satu rumah, ditemukan tumpukan koran yang begitu banyak.

Diapakan koran-koran tersebut? Kebanyakan akan membuangnya begitu saja. Sedangkan yang lain akan menjualnya ke tukang loak. Padahal, dari koran bekas yang sudah tak terpakai dan dianggap tak berguna itu, ada potensi yang bisa kita eksplore. Berbagai craft atau kerajinan bisa dihasilkan dari material ini. Bunga tulip hias misalnya. Penasaran bagaimana cara mengubah bahan bekas seperti koran menjadi aneka bunga cantik? Simak langsung tutorialnya di bawah ini!

tulip dari koran

Cara Membuat Tulip dari Koran Bekas

Alat dan Bahan

  • Koran bekas
  • Pewarna (opsional)
  • Gunting atau cutter
  • Kayu, kawat, atau sedotan hijau untuk batang tulip. Agar lebih bagus, sebaiknya gunakan kayu dan kawat yang kemudian dililiti dengan pita khusus berwarna hijau. Atau Anda juga bisa mengecat kayu menjadi hijau dengan cat kayu. Pilih saja alternatif yang bahannya paling mudah Anda dapatkan.
  • Lem Ultra Phaethon. Lem yang kami rekomendasikan hanya Ultra Phaethon. Sebab, lem ini memiliki kualitas paling ideal untuk membuat craft. Untuk harganya, Anda tak perlu khawatir, sebab lem untuk membuat kerajinan ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Lemkertas.com juga menyediakan adhesive ini untuk pemesanan secara online.
  • Berbagai hiasan tambahan mulai dari vas atau plastik hias untuk membungkus tulip tersebut.
  • Untuk kreasi daun bunga, Anda bisa menggunakan pita hijau, kain hijau, atau kertas hijau. Sekali lagi, gunakanlah bahan yang ada di sekitar Anda saja. Anda juga bisa lho menggunakan bahan alam seperti serat alam yang dicat dengan warna hijau.
ultra phaethon

Langkah-langkah Cara Membuat Tulip dari Koran Bekas

  • Siapkan koran yang hendak Anda gunakan.
  • Buat potongan mahkota seperti bunga tulip. Bentuk sedemikian rupa dengan lengkungan yang tepat.
  • Aplikasikan lem untuk membuat potongan mahkota tersebut lebih kuat
  • Sementara itu, buat dulu putiknya. Ambil tangkai untuk tulip, gunakan putik buatan atau putik dari kain flanel. Ikat atau lem dengan Phaethon pada tangkai. Yang jelas, pada permukaan luar putik tersebut butuh tempat untuk mengelem kertas koran. Lihat contoh gambarnya. Pada contoh tersebut yang digunakan adalah kertas crepe, bukan koran. Anda tinggal menggantinya saja menggunakan koran yang sudah Anda potong
  • Secara bergantian aplikasikan potongan mahkota untuk bunga tulip. Lakukan secara hati-hati dengan lem Ultra Phaethon.
  • Biarkan agar bunga stabil dulu
  • Setelah stabil, liliti tangkai dengan bahanyang sudah Anda rencanakan dan tambahkan daunnya
  • Selesai

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat tulip dari koran bekas di atas? Tampilan tulipnya memang sangat unik dan tak biasa. Sebab, bunganya memiliki corak tulisan koran. Tapi sebetulnya, justru karena itulah bunga-bunga tulip buatan Anda akan terlihat begitu unik dibanding tulip kertas lainnya.

membuat tulip
Contoh tutorialnya. Ganti kertas ungu dengan kertas koran bekas. Gambar: liagriffith.com.

Tips Tambahan untuk Membuat Tulip dari Koran Bekas Lebih Menarik

Agar lebih menarik, Anda bisa menyimak beberapa tips tambahan dari kami berikut ini.

  1. Ada sangat banyak model yang bisa diterapkan selain model bunga tulip di atas. Anggaplah di atas hanya satu dari sekian model bunga yang bisa dibuat. Anda bebas untuk mengembangkannya lebih lanjut supaya kreasi yang dihasilkan pun menjadi lebih menarik.
  2. Jangan sekadar membuat bunga tulipnya saja. Agar lebih menarik, Anda bisa merangkainya untuk menghasilkan buket bunga, memasangnya dalam vas yang bagus, atau membuatnya dalam bentuk satuan agar bisa digunakan sebagai souvenir.
  3. Khusus untuk lem, kami memang hanya merekomendasikan Ultra Phaethon untuk kebutuhan kerajinan. Kami tidak merekomendasikan lem yang lain karena belum tentu kualitasnya sebaik adhesive ini. Bukan hanya terkait dengan daya rekat, lho. Ultra Phaethon juga merupakan lem yang tidak merusak warna produk. Dan karakter ini sangat krusial saat kita membeli lem yang akan digunakan untuk proyek kerajinan.
  4. Jangan ragu untuk bermain-main dengan warna. Gunakan saja pewarna yang bisa diterapkan pada kertas. Lalu bereksperimenlah dengan pewarna-pewarna tersebut. Selain mewarnai keseluruhan bunga, Anda juga bisa mewarnai bagian pinggir saja seperti mawar hias dari koran bekas di bawah ini. Unik, bukan?

Mudah Bukan?

Bagaimana? Sangat mudah bukan mengikuti tips dan cara membuat tulip dari koran bekas di atas? Seperti diterangkan sebelumnya, selain mudah, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan besar bila produk yang Anda buat tersebut laku untuk dijual. Tentu saja hal ini bisa diwujudkan, asalkan kreasi Anda itu punya kualitas yang baik. Pastikan juga untuk senantiasa menggunakan lem Ultra Phaethon. Ultra Phaethon merupakan lem yang selalu bisa diandalkan untuk pembuatan kerajinan. Lem ini unggul karena kuat, tahan lama, dan tidak merusak warna. Lebih dari itu, lem ini juga sangat terjangkau lho karena harganya hanya Rp. 48.000,- untuk penggunaan yang banyak. Bagi Anda yang ingin menyeriusi proyek pembuatan kerajinan ini, andalkan selalu lem berkualitas yang murah, seperti lem PVA untuk kertas terbaik, Ultra Phaethon.

Semoga bermanfaat ya! Membuat tulip dari koran bekas memang kegiatan yang bukan hanya menyenangkan tetapi juga sangat menguntungkan!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here