Bahas Komplit Kerajinan dari Limbah Kertas Yuk!

2763
kerajinan dari limbah kertas

Semua orang boleh mengenal kertas. Dari anak TK sampai profesor, tak ada yang tak kenal dengan material ini. Tapi bagaimana dengan kerajinan dari limbah kertas? Kalau hanya kerajinan kertas, kita dengan mudah menyebut aneka kreasi seperti origami dan bunga hias. Tapi bagaimana dengan limbah kertas? Yuk, bersama lemkertas.com, kita bahas handicraft unik nan kreatif ini.

Sekilas Mengenai Kertas

Sebelum membahas mengenai kerajinan limbah kertas, tentu kita harus mengenal dulu mengenai bahan dasar pembuatnya, yakni kertas itu sendiri. Kertas dalam Bahasa Inggris disebut paper. Sedangkan dalam bahasa Belanda disebut dengan Papier. Produk ini kita kenal dengan karakter khasnya berupa lembaran tipis yang mudah robek, digulung, hingga dilipat. Dari segi fungsionalitas, kertas dipakai untuk menggambar hingga menulis. Meski dalam perkembangan selanjutnya, material ini pun banyak dipakai untuk pembuatan produk-produk lain seperti untuk kerajinan tangan.

Dari apa kertas dibuat? Jawabannya dari pulp yang diproses sedemikian rupa. Pulp sendiri berasal dari bahan kaya selulosa seperti kayu, bambu, hingga rotan. Karakter bahan pembuat kertas dan proses pembuatannya inilah yang akan mempengaruhi kertas itu sendiri.
Nah, sudah jelas kan mengenai apa itu kertas? Intinya, kertas berasal dari bahan organik (selulosa), tipis, mudah robek, digulung, hingga dilipat serta dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Limbah Kertas? Dibuang Sayang

Kebanyakan material kertas dipakai sebagai media tulis menulis. Sebagai media tulis menulis, kertas pun tak hanya dipakai secara perseorangan. Surat kabar hingga majalah, kompak memakai kertas untuk menghasilkan karya-karya mereka. Dari berbagai industri inilah kemudian “lahir” limbah-limbah kertas.

Sebenarnya, dibanding limbah dari bahan lain seperti plastik dan besi, limbah kertas adalah limbah yang jauh lebih aman dan tidak membahayakan. Proses degradasi atau pembusukannya pun cepat. Tapi tentu saja, akan lebih baik bila kita tetap melakukan proses daur ulang atau recyle. Toh selain bagus untuk menurunkan jumlah sampah, pemanfaatan limbah kertas juga positif untuk:

  1. Meningkatkan ekonomi, terutama bila limbah dimanfaatkan industri kecil menengah
  2. Menurunkan penebangan hutan untuk pembuatan kertas-kertas baru

Jadi, ada dua manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas daur ulang limbah kertas. Tapi bisa diapakan limbah-limbah ini?

Baca juga: cara membuat tempat pensil dari bambu beserta gambarnya

Salah satu industri yang sangat potensial menyerap limbah kertas adalah industri kerajinan tangan atau handicraft. Berbagai kerajinan dari limbah kertas telah banyak dihasilkan dan sampai saat ini dinilai memiliki prospek yang sangat baik. Tak hanya lokal, beberapa pelaku industri kerajinan dari limbah kertas Indonesia bahkan telah masuk ke pasar internasional.

Contoh Kerajinan dari Limbah Kertas

Beberapa contoh di bawah ini bisa memberikan gambaran aneka produk kerajinan tangan dari kertas bekas.

Bunga Kertas Cantik

Bunga kertas cantik bisa dihasilkan dari lembar kertas bekas yang menarik dan berwarna. Bunga-bunga yang dihasilkan, nantinya dapat dijadikan pajangan yang diletakkan di atas perabot, ataupun dijadikan bunga-bunga untuk seremoni khusus seperti wisuda.

Miniatur dari Bahan Kertas

Miniatur seperti peta ataupun pemandangan alam seperti gunung juga bisa dihasilkan dari kertas bekas. Malah, selain sekedar menghasilkan kerajinan saja, berbagai miniature seperti ini juga bisa dijual untuk media pembelajaran. Contohnya, peta Indonesia dari bubur kertas yang memang dibutuhkan dalam pelajaran PPKN ataupun sejarah.

Patung-patung Kertas

Patung dari kertas? Ya. Kenapa tidak? Nyatanya, patung 3D yang menawan juga bisa dihasilkan dari kertas bekas. Jenis kerajinan dari limbah kertas ini pun terlihat sangat menarik dan lain daripada yang lain.

patung kertas

Tas

Kertas juga bisa digunakan untuk menghasilkan tas. Meski dari bahan bekas, justru tas yang dihasilkan punya nilai positif tersendiri. Selain itu, para pengrajin pun sudah demikian pandai dan mampu menyulap bahan daur ulang menjadi sesuatu dengan nilai tinggi.

tas kertas

Decoupage

Kerajinan dari limbah kertas berikutnya adalah decoupage. Seperti yang kita ketahui, decoupage adalah teknik kerajinan yang dilakukan dengan menempelkan gambar untuk kemudian dilapisi coating. Nah, kita bisa saja memanfaatkan kertas bekas yang gambarnya bagus untuk dijadikan napkin decoupage. Lebih murah bukan?

Topeng

Kertas juga bisa dipakai untuk pembuatan aneka rupa topeng, baik itu topeng tradisional ataupun topeng modern. Untuk topeng tradisional, Anda bisa menjadikan produk tersebut sebagai suvenir yang murah meriah.

Wadah dan Aneka Frame

Dengan cara tertentu, kita juga bisa mengubah kertas yang tidak kokoh menjadi bahan baku wadah dan frame. Hasilnya pun bisa diterapkan untuk menghasilkan aneka bentuk mulai dari vas bunga, tempat pensil, hingga tas.

Selain beberapa contoh kerajinan kertas bekas di atas, tentu masih banyak lagi produk-produk lainnya yang tak bisa disebut satu per satu. Daripada melakukan hal itu, lebih baik kita pelajari hal penting berikutnya, yakni mengenai cara atau teknik untuk membuat kerjaninan dari kertas daur ulang.

Teknik Pembuatan Kerajinan dari Limbah Kertas

Baik kertas bekas ataupun yang masih baru, pembuatan produk handicraft berbahan ini biasanya dilakukan dengan teknik yang disesuaikan dengan produk akhir yang ingin direalisasikan. Aneka macam teknik tersebut antara lain:

Anyam

Misalnya saja Anda ingin membuat hiasan dinding berupa anyaman. Maka teknik anyam pun paling tepat untuk dipilih.

Bubur

Banyak pengrajin yang sebelum menggunakan kertas bekas, mengubahnya dulu menjadi bubur kertas. Dari bubur inilah nantinya dihasilkan produk baru. Miniatur peta dan benda lainnya biasanya dihasilkan dari teknik bubur ini.

Sobek

Teknik pembuatan kerajinan dari limbah kertas juga bisa dihasilkan dengan cara menyobek-nyobek kertas. Misalnya saja untuk membuat lukisan dengan efek timbul. Daripada memberi warna dengan pewarna konvensional, Anda bisa menggunakan sobekan kecil kertas yang kemudian ditempelkan dengan lem.

bingkai dari kertas

Lilit

Teknik lilit adalah teknik paling umum untuk membuat kerajinan limbah kertas dari koran bekas. Setelah dililit, kertas kemudian dibentuk satu sama lain dalam desain kerajinan yang menarik dan fungsional. Misalnya saja untuk pembuatan vas bunga, keranjang, tas, hingga wadah camilan.

Lipat

Teknik lipat adalah teknik paling umum dalam penggarapan kerajinan kertas. Pembuatan bunga hias hingga origami adalah contoh cara membuat kerajinan dari limbah kertas dengan teknik lipat.

Remas

Meski jarang, tapi teknik remas juga sering diaplikasikan kala membuat craft dari recycle paper.

Ultra Phaethon dan Perlengkapan untuk Kerajinan dari Limbah Kertas

jual lem untuk wallpaper

Pembuatan kerajinan tangan dengan bahan baku kertas bekas jelas memerlukan berbagai alat dan bahan tambahan. Apa saja alat dan bahan tambahan itu? Jawabannya sangat tergantung pada produk kerajinan yang ingin dibuat. Tapi yang jelas, di antara berbagai produk kerajinan tersebut, hampir pasti, lem selalu dibutuhkan. Oleh sebab itulah pada bagian akhir pembahasan ini, kami ingin merekomendasikan lem yang cocok untuk kerajinan ini, yakni Ultra Phaethon.

Dibanderol dengan harga lebih terjangkau, lem ini punya kualitas yang sangat baik dibanding lem atau adhesive serupa lainnya. Lem ini:

  1. Kuat
  2. Tahan lama
  3. Mudah digunakan
  4. Cepat kering
  5. Tak sebabkan glue line
  6. Cover area luas
  7. Solid content tinggi

Harga Ultra Phaethon hanya Rp. 48.000,- untuk kemasan 1 kg. Jadi, memperhatikan kualitas serta harganya yang sangat terjangkau tersebut, yuk segera gunakan Ultra Phaethon!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here