Ini Dia Rekomendasi Lem untuk Kerajinan Kulit Jagung Paling Bagus

2902
bunga kulit jagung

Lem untuk kerajinan kulit jagung tentu harus memiliki kualitas terbaik. Tujuannya tentu berkaitan dengan hasil akhir dari produk kerajinan yang dihasilkan.

Dari berbagai lem yang tersedia di pasaran, manakah yang paling tepat digunakan untuk membuat kerajinan kulit jagung? Pasti tidak mudah untuk menemukan mana produk lem yang layak dan tepat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Ada berbagai kriteria khusus agar lem yang dipilih bisa sesuai untuk digunakan pada pembuatan produk kerajinan. Untuk mempermudah Anda menemukan yang berkualitas, kami berikan rekomendasi lem untuk kerajinan kulit jagung di artikel ini.

Kulit Jagung, Bahan Kerajinan yang Potensial Di Indonesia

Jagung merupakan tumbuhan yang mudah ditemukan di Indonesia. Proses penanamannya juga bisa dilakukan dan ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Memiliki banyak lahan yang subur, tak mengherankan Indonesia mampu menghasilkan berbagai komoditas pertanian penting.

Misalnya saja jagung. Di pulau Jawa, jagung sudah biasa ditanam petani pada musim-musim tertentu. Penanaman jagung di berbagai daerah lain diluar Jawa juga sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Sering menjadi makanan pengganti nasi, jagung memang dikenal dengan beragam manfaatnya.

kulit jagung
kulit jagung

Tapi siapa sangka bahwa selain biji-biji jagung yang dihasilkan itu, kita juga bisa mendapat keuntungan dari kulitnya? Ya, kulit buah jagung ternyata memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan.

Kita bisa mengubah bahan yang mulanya dianggap tak bermanfaat itu menjadi produk bernilai jual tinggi. Sudah banyak pelaku usaha yang sebetulnya mengetahui ini, namun yang mengoptimalkan potensinya itu hanyalah beberapa.

Berbagai bentuk produk kerajinan tangan yang menarik bisa dihasilkan dengan memanfaatkan kulit jagung. Diperlukan proses pengeringan terlebih dahulu tentunya agar kulit jagung bisa dibentuk menjadi berbagai produk kerajinan. 

Pemasaran produk kerajinan ini bahkan bisa mencapai mancanegara. Kesempatan memasarkan produk lokal Indonesia hingga ke kancah Internasional juga bisa dilakukan melalui produksi dan penjualan produk ini. Tapi, yang wajib diperhatikan paling utama yaitu kualitas dari masing-masing produk.

Contoh produk kerajinan yang bisa dihasilkan dari kulit jagung

Berikut ini beberapa contoh produk kerajinan yang bisa dihasilkan dari pengolahan limbah kulit jagung. Yang sudah populer beberapa diantaranya yaitu:

Bunga hias

Bagi Anda yang sering melihat suvenir di Malioboro dan destinasi wisata serupa lainnya, pasti tak asing dengan bunga hias tradisional yang dibuat menggunakan kulit jagung. Bunga-bunga hias ini terlihat begitu cantik dan berbeda dari bunga hias plastik yang biasa dijual di toko lain.

bunga hias dari kulit jagung

Berbagai produk fashion

Selain bunga, ada produk lain yang juga bisa dihasilkan dari pengolahan limbah kulit jagung. Yaitu berbagai produk di bidang fashion. Rupanya, berbagai produk fashion seperti tas dan dompet pun bisa dihasilkan dari material ini.

Sangat menarik, bukan?

Selain bisa dimanfaatkan untuk memenuhi nilai estetika, produk olahan kulit jagung juga bisa digunakan secara fungsional.

Hiasan dinding

Aneka jenis hiasan dinding juga bisa dihasilkan dari pengolahan kulit jagung ini. Misalnya saja dengan memanfaatkan kolase kulit jagung dan bahan alam lainnya.

Tak hanya lukisan, Anda juga bisa memilih untuk menghias dinding di rumah menggunakan produk ini. Kerajinan hasil olahan kulit jagung sebagai hiasan dinding tentunya menjadi pilihan menarik untuk mempercantik suasana rumah Anda.

Boneka

Produk kerajinan yang satu ini tentu banyak digemari terutama oleh anak-anak. Ya, boneka.

Aneka boneka hias dari olahan kayu dan bahan alam pun kerap memanfaatkan kulit jagung. Misalnya untuk digunakan sebagai pakaian hingga menjadi bagian rambut boneka.

Figura

Hiasan figura juga bisa dipercantik menggunakan material ini. Anda bisa mendapatkan tampilan figura yang lebih estetik dengan aksen kulit jagung.

Di atas, tentu saja hanya contoh produk kerajinan kulit jagung yang bisa dihasilkan. Masih ada beragam produk lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu. Yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah bahan pendukung yang digunakan. Misalnya saja lem.

Dalam banyak proses pengerjaan, lem yang digunakan untuk kerajinan ini harus benar-benar baik. Dan kami sudah sedia lem untuk kerajinan ini yang bisa Anda manfaatkan. Lem untuk kerajinan kulit jagung tersebut adalah Ultra Phaethon.

Kenapa Ultra Phaethon Cocok Digunakan Sebagai Lem untuk Kerajinan Kulit Jagung?

Bukan tanpa alasan kenapa lem ultra phaeton ini cocok digunakan untuk merekatkan kerajinan kulit jagung. Berikut ini beberapa diantaranya:

Ultra Phaethon Memiliki Daya Rekat Kuat

Ikatan lem ini sangat kuat. Lem ini merupakan lem dengan bahan dasar Polyvinyl acetate dengan inner cross linker modifier. Hasilnya adalah perekatan yang sangat kokoh pada 3 area pengeleman sekaligus, baik itu area kohesi, adesi, ataupun area intermediate.

Kekuatan Ultra Phaethon sebagai lem kerajinan ini juga sudah terbukti secara langsung. Lem ini menjadi andalan banyak pelaku usaha kerajinan.

produk lem ultra phaeton

Ikatan Lemnya Tidak Mudah Rusak

Ikatan adhesive ini sama sekali tidak mudah rusak. Jadi selain kuat, ikatan yang diciptakan Ultra Phaethon pun cenderung stabil. Berbagai paparan yang umumnya bisa merusak seperti air, solvent atau minyak, dan juga panas tidak akan serta merta menyebabkan kerusakan pada ikatan lem ini.

Dengan demikian, kerajinan kulit jagung yang dibuat pun tidak akan mudah lepas komponennya. Pernahkah Anda mendapati produk kerajinan bahan alam yang komponennya lepas? Hal itu terjadi karena lem yang dipakai tidak tahan terhadap faktor perusak yang disebut di atas.

Hindari persoalan ini dengan menggunakan lem Ultra Phaethon.

Cocok untuk Kulit Jagung

Lem untuk kerajinan kulit jagung ini kami sarankan tak terlepas pada kecocokannya ketika digunakan untuk material tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa secara umum, adhesive membentuk ikatan secara kimia. Artinya harus ada kesesuaian antara bahan kimia lem dengan molekul yang akan direkatkan.

Bila keduanya tak memiliki sifat saling mengait, maka ikatan tak akan terbentuk sama sekali. Sebagai contoh, rekatkanlah plastik dengan lem untuk kertas. Hasilnya sangat buruk sebab antara lem kertas dan bahan plastik tak memiliki kecocokan yang baik.

Mudah Digunakan

Selain memiliki ketiga keunggulan yang telah disebut di atas, lem untuk kerajinan kulit jagung ini juga sangat mudah digunakan. Lem ini bukan lem 2K atau 2 komponen yang dalam penggunaannya membutuhkan campuran bahan lain.

Lem ini juga bukan tipe adhesive yang dalam aplikasinya harus digunakan dengan alat-alat khusus. Anda pun tak perlu memiliki keterampilan luar biasa dalam menggunakan adhesive Ultra Phaethon.

Tidak Sebabkan Glue Line

Pernahkah Anda memperhatikan adanya warna bekas lem pada area yang disambungkan? Bekas lem di area sambungan tersebut dinamai glue line. Glue line muncul akibat perubahan warna pada lem setelah kering atau setelah berinteraksi dengan bahan seperti cat.

Adanya glue line akan membuat produk menjadi kurang menarik. Padahal, salah satu nilai jual produk kerajinan adalah estetikanya. Karena itu, cegahlah persoalan itu sejak dini menggunakan lem yang tidak menyebabkan masalah itu. Ultra Phaethon selalu bisa Anda andalkan untuk kebutuhan ini.

Cepat Kering

Lem Ultra Phaethon juga memiliki kecepatan kering yang baik. Dengan demikian, jalannya proses produksi menjadi lebih lancar, cepat, dan juga efisien. Proses produksi yang lancar, cepat, dan efisien, pada akhirnya akan membuat budget atau biaya produksi bisa diturunkan.

Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih atau menggunakan biaya produk yang lebih terjangkau supaya pelanggan lebih tertarik.

Aman dan Ramah Lingkungan

Lem untuk kerajinan kulit jagung ini juga merupakan lem yang sangat aman dan ramah lingkungan. Anda pun bisa menghasilkan produk yang eco friendly dengan bahan perekat ini. Hal ini jelas penting diperhatikan sebab saat ini, aturan atau regulasi mengenai keamanan produk sudah demikian ketat.

Tidak ada kandungan bahan kimia termasuk fomaldehyde yang terlalu tinggi bahkan melebihi ambang batas. Sehingga sudah bisa dipastikan produk ini sudah layak dan termasuk produk ramah lingkungan.

Masyarakat juga lebih menyenangi produk yang ramah lingkungan. Apalagi bila Anda ingin mengekspor produk kerajinan kulit jagung tersebut. Terutama di beberapa negara yang menetapkan regulasi standar keamanan bahan kimia dalam suatu produk.

Murah dan Sangat Hemat Digunakan

Selain berbagai keunggulan yang disebutkan di atas, lem ini juga merupakan lem yang sangat murah dan juga hemat digunakan. Anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau dan dengan pemakaian yang jauh lebih hemat.

Hematnya penggunaan Ultra Phaethon bukan tak berdasar. Lem ini didesain dengan berat kering atau solid content tinggi. Waspadalah, banyak lem di pasaran yang seolah murah padahal solid content-nya rendah. Lem seperti itu harus diaplikasikan dalam jumlah banyak agar bisa merekatkan dengan baik. Kondisi seperti ini tak perlu Anda alami bila menggunakan perekat Ultra Phaethon.

Dari pemaparan di atas, bisa kita katakan bahwa lem ini memang memiliki berbagai poin keunggulan untuk menunjang usaha produksi kerajinan kulit jagung. Jadi, jangan ragu untuk segera memesannya.

Buktikan Kualitasnya Sekarang Juga!

Penggunaan lem Ultra Phaeton memang sangat fleksibel, termasuk untuk merekatkan produk kerajinan kulit jagung. 

Telah banyak yang memanfaatkan Ultra Phaethon untuk usaha kerajinan mereka. Karenanya, jangan ragu untuk turut serta menikmati berbagai keunggulan yang ditawarkan lem untuk kerajinan kulit jagung ini. Dapatkan lem ini sekarang juga dengan mengontak Customer Service kami. Anda akan dipandu pada proses pemesanan yang mudah dan terpercaya.

Selain pemesanan di lemkertas.com, Anda juga bisa lho memesan produk ini di berbagai toko online dan secara langsung. Untuk pembelian secara langsung, kunjungi kami di Bio Service Point.

Semoga bermanfaat.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Lem untuk Kerajinan Kulit Jagung?

Adhesive

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here