Mengenal Kerajinan Pensil Bulu dan Cara Membuatnya

105
kerajinan pensil bulu

Uniknya aneka kerajinan pensil bulu itu! Bagaimana ya cara membuatnya dan apakah membuat pensil seperti ini menguntungkan?

Ada sangat banyak cara untuk membuat suatu produk seni. Ada yang menggunakan sampah, benda membahayakan, benda yang dianggap menjijikkan, dan masih banyak lagi. Tak bisa dipungkiri, dunia kesenian memang menempatkan kreativitas sebagai keterampilan utama yang harus dikuasai. Dan dari berbagai benda yang dianggap sampah hingga menjijikkan tersebut, para pengrajin mampu mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna dan secara estetik bagus.

Selain memanfaatkan benda yang dianggap tak bernilai, industri kerajinan juga mampu membuat suatu produk memiliki nilai tambahan. Pensil, misalnya. Pensil hanyalah salah satu alat tulis yang kita kenal. Tapi tahukah Anda bahwa saat ini, pensil pun bisa dihias lebih lanjut? Pensil hias ini berikutnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dan yang tak kalah menarik adalah pensil unik tersebut bisa mendatangkan keuntungan yang jumlahnya tak sedikit.

Apa itu Kerajinan Pensil Bulu?

CS LemKertas

Secara garis besar, bisa dikatakan bahwa kerajinan pensil berbulu adalah kerajinan yang memadukan pensil dengan bulu hias. Pensil sebagaimana yang kita tahu adalah salah satu alat tulis paling populer di masyarakat. Sedangkan bulu, selain dipersepsi milik unggas, juga merupakan material yang bisa dijadikan komponen dekoratif. Jadi ketika kita padukan, maka pensil ini diolah lebih lanjut supaya terlihat lebih menarik.

Bulu yang dipasangkan bisa ditempelkan begitu saja atau ditambah dengan komponen lain sehingga membentuk wajah, bunga, dan lain sebagainya.

Kenapa harus dibuat menarik? Jawabannya jelas beragam. Namun satu yang pasti, pensil ini memang sengaja dibuat sedemikian rupa untuk mendatangkan keuntungan bagi pembuat dan juga penjualnya.

Jenis Pensil Bulu

Ada beragam jenis pensil bulu yang tersedia di pasaran. Jenisnya tergantung dari berbagai faktor. Berikut ini contoh varian pensil bulu tersebut.

Macam Pensil Bulu Berdasarkan Target Penggunanya

  1. Untuk anak-anak. Biasanya jenis yang ini lebih berwarna-warni, warnanya lebih mencolok, dan juga menggunakan bentuk-bentuk yang lebih kekanak-kanakan.
  2. Untuk remaja. Selain anak-anak, para remaja juga sering tertarik dengan pensil seperti ini, utamanya remaja putri. Agar cocok bagi mereka, buatlah pensil yang lebih feminim dan girly.
  3. Untuk wisatawan. Bila targetnya adalah wisatawan, maka pensil Anda seyogyanya dibuat dengan desain khas dari daerah yang dikunjungi wisatawan itu. Contoh, bila pensil itu ditarget untuk wisatawan yang datang ke Kalimantan, maka gambar dan motif khas dayak akan cocok untuk dipilih. Pun begitu bila pensil itu akan dijual di Lombok, maka pola-pola khas Lomboklah yang seharusnya dipilih.

Macam Pensil Bulu Berdasarkan Jenis Bulunya

Kerajinan pensil ini juga bisa dibedakan berdasarkan jenis bulu yang dipakai, yaitu.

  1. Bulu asli. Berdasarkan jenis bulu yang dipakai, ada pensil yang memanfaatkan bulu ayam, bulu angsa, bulu bebek, sampai bulu merpati.
  2. Bulu sintetis. Beberapa kain bisa dipakai sebagai pengganti bulu asli. Meski artifisial, tapi bulu sintetis tetap bisa dibuat sama menariknya dengan bulu asli.
kerajinan pensil bulu (2)

Mudahkah Cara Membuatnya?

Secara umum proses untuk membuat kerajinan ini tak begitu sulit dilakukan. Namun demikian, agar produk Anda benar-benar terlihat menarik dan disukai pasar, sudah barang tentu Anda harus memiliki kiat-kiat khusus. Berikut ini tips dari kami bagi Anda yang ingin membangun usaha kerajinan pensil bulu.

  1. Kenali target pasar Anda dan buat produk sesuai selera mereka. Seperti diterangkan di atas, ada berbagai jenis pensil ini. Ada yang untuk remaja, anak-anak, sampai untuk wisatawan. Buatlah produk yang sesuai dengan selera target pasar tersebut.
  2. Buat desain yang lain daripada yang lain. Jangan menerapkan desain yang sudah terlalu banyak terdapat di pasaran. Buatlah produk Anda lebih menonjol dengan aplikasi model yang berbeda.
  3. Pakai pensil yang bagus. Anda bisa menyediakan pensil yang bagus untuk membuat kerajinan ini. Seringkali, kerajinan ini memanfaatkan pensil yang kurang baik untuk menulis. Harganya memang murah, namun akhirnya pensil tersebut tak bisa digunakan. Bila target pasar Anda menghendaki pensil terkait bisa benar-benar digunakan, pakailah pensil yang baik meski dengan harga lebih tinggi.
  4. Kemas produk dengan baik. Daya tarik produk Anda juga sangat dipengaruhi oleh kemasannya.
  5. Pastikan harganya rasional atau cukup kompetitif. Untuk menekan biaya produksi, gunakan bahan-bahan yang murah tapi bagus. Misalnya untuk lemnya, gunakan lem Eva Phaethon yang harganya lebih terjangkau.

Cara Membuat Pensil Bulu

Untuk bisa menghasilkan produk pensil bulu, metode yang harus diikuti sebetulnya tidak sulit. Anda hanya harus kreatif agar bisa membuat produk yang menarik. Tips yang disebutkan sebelumnya akan membantu Anda menghasilkan pensil yang lebih menarik.

Nah langsung saja, di bawah ini adalah peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan pensil bulu ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. Pensil, penggaris, dan berbagai alat tulis lainnya
  2. Bulu-bulu yang hendak digunakan
  3. Berbagai pernak-pernik tambahan seperti mata, tali serat alam, dan manik-manik.
  4. Stiker untuk ditempelkan pada pensil
  5. Lem Eva Phaethon

Contoh Langkah-langkah Membuat Kerajinan Pensil Bulu

Di bawah ini hanya contoh saja untuk membuat produk kerajinan ini. Cara di bawah ini juga hanya gambaran garis besar metode yang biasa diterapkan oleh pengrajin di lapangan.

  1. Siapkan pensil yang hendak Anda gunakan. Pensil sebaiknya tak memiliki “kulit luar” atau stikernya sudah bagus sesuai rencana pensil hias Anda. Bila pensil belum memiliki stiker maka pasangilah dengan stiker yang sudah dipunya. Stiker tersebut bisa dilem dengan lem Eva Phaethon.
  2. Siapkan semua bulu hingga manik-manik yang dibutuhkan.
  3. Setelah siap, pasang satu per satu bulu dan manik-manik tersebut menggunakan lem Eva Phaethon.
  4. Agar area pengeleman tak terlihat dari luar, maka tutupilah. Anda bisa menutupinya dengan pita dan bahan-bahan lain.

Usaha Kerajinan Pensil Bulu?

Lantas bagaimana dengan prospek usaha kerajinan ini? Secara umum, bisa dikatakan bahwa usaha pembuatan pensil berbulu ini cukup baik. Ada banyak segmen pasar yang bisa ditargetkan mulai dari anak sekolah, remaja putri, sampai untuk wisatawan. Jadi, bila Anda sedang bingung ingin membangun usaha tapi belum mendapatkan idenya, kerajinan ini mungkin dapat Anda tekuni.

Anda pun bisa menjual produk tersebut dengan berbagai cara. Anda bisa menjual dan memasarkannya secara online ataupun menyalurkan ke pedagang di sekitar tempat wisata.

Nah, sekiranya, demikian informasi yang bisa kami bagikan kali ini mengenai kerajinan pensil bulu. Pada akhirnya, jenis kerajinan ini memang sangat menarik dan merupakan ceruk usaha yang bisa ditekuni. Prospeknya bagus karena banyak kalangan yang potensial untuk menyukainya.

Semoga bermanfaat.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here