Mengenal Meja Stainless, Bahan, Kelebihan, dan Kekurangannya

865
meja makan dari stainless steel

Apa itu meja stainless? Seperti apa karakternya? Apa kelebihan dan kekurangannya? Ayo, simak sama-sama pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian

Sebelum membahas mengenai meja dari bahan stainless steel, tentu kita perlu memahami dulu apa itu stainless steel. Steel sebagaimana yang kita tahu adalah bahasa Inggris dari baja. Stainless steel bermakna baja yang tak mudah terkena noda. Karakter tersebut memang menggambarkan salah satu karakter atau ciri utama meja dari bahan stainless. Namun bukan itu saja kelebihan bahan stainless. Selain dikenal tidak mudah terkena noda, bahan ini juga dikenal sebagai bahan yang punya heat resistance dan tidak mudah terkena korosi. Singkatnya, stainless steel selain tidak mudah kotor, juga tidak mudah rusak.

Bagaimana meja ini dibuat? Pemakaian baja saja jelas tak memungkinkan. Sebab kualitas baja masih di bawah kualitas stainless steel.

Stainless steel diproduksi dengan menambahkan kromium setidaknya 10,5%. Campuran kromium inilah yang membuat produk baja lebih resisten dari korosi sekaligus paparan panas. Makin banyak persentase kromium, kualitas produk secara umum akan makin baik. Kadang juga dipakai campuran molybdenum atau bahkan nickel untum meningkatkan kualitas produk. Di pasaran, aneka produk stainless steel telah berhasil dibuat. Stainless steel juga telah diproduksi dalam aneka bentuk termasuk dalam bentuk sheet atau lembaran.

Adapun, meja stainless steel telah banyak dipakai untuk berbagai keperluan, mulai dari dining table, meja dapur, meja untuk berjualan, hingga berbagai kabinet dan countertop.

Kelebihan dan Kekurngan

Tiap produk tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut inilah kelebihan dan kekurangan stainless steel table.

meja stainless unik

Kelebihan

1. Meja dari bahan stainless steel adalah meja dari bahan baja. Karena itu, meja dari bahan tersebut memiliki ketahanan yang sangat baik dan tidak mudah rusak.
2. Tahan terhadap panas atau heat resistance.
3. Non porous atau tidak berpori sehingga tidak akan menyerap air. Karakter tersebut membuat meja dari bahan stainless steel tidak akan rusak akibat air. Hal ini penting untuk beberapa jenis meja, misalnya meja sebagai bagian dari kitchen set.
4. Mudah dibersihkan, secara umum hanya diperlukan kain lap bersih dan air saja untuk membersihkannya.
5. Low maintenance atau mudah dirawat. Produk ini pun tak akan diserang jamur atau serangga karena bukan bahan organik yang kaya akan selulosa.
6. Memiliki sifat antibacterial.
7. Awet atau durable. Bahan ini didesain dengan sifat tidak mudah terkena korosi atau pengkaratan. Akibatnya, usianya pun lebih awet dari kebanyakan produk berbahah logam.
8. Noda tak mudah menempel. Karakter inilah yang membuat meja tersebut dinamai sebagai stainless steel.

Kekurangan

1. Stainless steel table adalah produk yang tahan panas. Bahan ini pun tak mudah terkena noda apapun, baik itu noda makanan ataupun kotoran. Meski demikian, ternyata meja dari bahan ini rentan tergores. Jadi pemakaiannya perlu dilakukan hati-hati supaya tidak menyebabkan goresan yang akan membuat produk terlihat kurang menarik.
2. Meskipun durable atau tahan lama, tapi lama-kelamaan, produk akan makin terlihat tua dan tidak bagus. Tanda munculnya korosi juga pasti mulai terlihat meski dalam waktu yang lama dibanding bahan metal lainnya.
3. Sebagaimana logam lainnya, produk ini kerap meninggalkan bekas atau jejak sidik jari mereka yang memegangnya. Meski mudah dihapus, tapi hal tersebut membuatnya terlihat kurang mulus.
4. Ketika terkena bahan minyak dan turunannya, permukaannya cenderung menjadi lengket dan harus segera dibersihkan.

Aneka Model Meja Stainless Steel

Meski bahannya sama, sebagaimana meja kayu, meja dari bahan baja stainless pun bisa hadir dengan aneka model dan rupa. Contohnya saja berbagai desain menarik stainless steel table di bawah ini.

meja stainless menarik meja stainless model bagus

Salah satu meja di atas didesain sekaligus dengan kursinya. Meja seperti ini cocok dipakai untuk berjualan atau sebagai garden furniture tapi di lingkungan yang tidak terik (supaya tidak silau). Meja kedua merupakan meja biasa yang dapat digunakan untuk meja makan. Meja berikutnya merupakan meja belajar. Dan yang terakhir adalah meja stainless unik yang didesain dalam ruangan vintage! Sering, stainless steel table dianggap sebagai produk yang kurang estetik. Tapi ternyata, dengan beberapa usaha yang tepat (dalam hal ini menempatkannya di ruangan yang tepat, meja tersebut bisa hadir dengan tampilan yang begitu memukau.

Untuk Jualan

Dari berbagai tujuan pembuatannya, seringkali meja seperti ini dipakai untuk kebutuhan usaha, terutama usaha kuliner. Karakter meja stainless yang tahan lama, tak berkorosi, dan tidak mudah menyebabkan noda menjadi pilihan menarik bagi para pemilik warung.
Yang jadi kendala seringkali ada tampilan meja baja ini. Karena merupakan metal atau logam, tampilannya sering dianggap kurang “friendly”. Padahal, dengan sedikit sentuhan, misalnya dengan diterapkan pada desain yang cocok hasilnya pun bisa jadi sangat menawan. Misalnya saja meja di atas yang meski dibuat dari bahan baja stainless nyatanya bisa terlihat cocok dengan ruangan dengan desain vintage.

Berapa Harga Meja Stainless Steel?

Produk seperti ini bisa dibeli dengan harga yang bervariasi. Di pasaran, harganya secara umum ratusan ribu rupiah, kecuali yang kualitasnya sangat tinggi. Ada juga meja dari bahan ini yang dijual dalam bentuk paket. Misalnya paket meja untuk dapur dari bahan stainless steel. Pembelian paket secara umum lebih murah dibanding pembelian satuan.

Membeli Produk Bekas?

Karena sifatnya yang awet, jual beli meja stainless steel bekas sering dilakukan. Apalagi bila kebutuhan yang akan dipenuhi adalah kebutuhan usaha. Sering, pemilik kafe, warung, hingga rumah makan lainnya mencari produk stainless steel table bekas, beserta meja dapur, sink table atau meja untuk cuci piring dan tangan, serta berbagai produk serupa lainnya.

Di Mana Membeli Produk Ini?

Pembelian meja dari bahan seperti ini bisa dilakukan di berbagai tempat penjualan, baik secara online maupun secara offline. Anda bisa ke toko alat dapur khusus, toko mebel terutama mebel dari bahan stainless steel, atau mengandalkan berbagai marketplace seperti Tokopedia hingga Bukalapak yang menyediakan produk seperti ini.

Bagaimana Perbandingannya dengan Meja lainnya?

Meja ini tentunya menawarkan karakter tersendiri berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Bila dibandingkan dengan meja kayu, apalagi meja kayu jati, jelas kualitas estetika atau kekokohan stainless steel table kalah. Tapi tidak demikian bila dibandingkan dengan meja dari kayu olahan.

Bagaimana penampilannya dengan pelapis-pelapis meja, countertop, sink table, hingga aneka kabinet? Jawabannya tergantung jenis pelapisnya. Misalnya, bila dibandingkan dengan HPL, stainless table secara umum lebih unggul dari ketahanannya. Tapi dari segi estetika, pemakaian HPL dengan perekat Eva Phaethon jauh lebih menguntungkan.

Nah, demikianlah beberapa informasi penting mengenai meja stainless steel. Pertimbangkan berbagai informasi di atas kala Anda hendak menggunakan produk ini.
Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here