Kerajinan Kayu Matoa Bisa Jadi Sumber Keuntungan Anda, lho!

314
pohon matoa

Kerajinan kayu matoa? Ya. Di luar buahnya yang terasa sangat manis dan lezat, rupanya pohon matoa juga memiliki potensi lain untuk dimanfaatkan. Dan potensi besar itu bisa kita temukan pada kayunya.

Buah itu berwarna bulat oval dengan warna dasar kulit hijau. Ketika dikupas, penampakannya mengingatkan kita pada buah rambutan. Namun ketika dirasakan, rasanya lebih mendekati buah kelengkeng. Ya. Itulah matoa. Matoa merupakan pohon asli dari wilayah paling timur Indonesia, Papua. Buah ini makin lama makin populer dan banyak digemari masyarakat. Apalagi, selain buahnya yang lezat, pohon matoa juga merupakan tanaman yang mudah ditanam dan mampu menghasilkan banyak buah.

Namun, apakah Anda tahu bahwa selain buahnya yang begitu menggiurakan, ada potensi besar lain yang ditawarkan oleh pohon ini? Tak disangka, potensi tersebut terletak pada kayunya. Ada berbagai produk yang bisa dihasilkan dari kayu ini. Salah satunya adalah produk-produk kerajinan kayu matoa. Tapi sebelum membahasnya lebih lanjut, mari simak dulu karakteristik kayu ini.

Karakteristik Kayu Matoa

CS LemKertas

Matoa menghasilkan kayu dengan kelas kuat di rentang II hingga III. Bisa dikatakan kayunya cukup baik meski tak sebaik kayu-kayu “grade” pertama. Sedangkan kelas awetnya berada di level III. Hal ini mengindikasikan bahwa kayu ini kurang tahan lama. Tingkat keawetannya kurang lebih mirip dengan kayu pinus. Tingkat kembang susutnya sendiri sedang dengan daya retak mulai dari rendah hingga sedang.

Bagaimana dengan tingkat kekerasannya? Pada umumnya, kayu ini tergolong kayu yang sangat keras. Ini adalah poin yang bisa merugikan maupun menguntungkan pengolahnya. Kayu yang keras cenderung sudah dirusak hama, namun juga lebih sulit diolah dengan bentukan yang detil. Namun tingkat pengerjaan kayu ini secara umum baik karena berada di kategori sedang.

kayu matoa

Dari tampilannya sendiri, kayu ini memiliki warna gubal dan teras yang berbeda. Kayu gubal yang berada di bagian luar memiliki warna lebih muda sedangkan bagian terasnya berwarna kelabu muda hingga kecoklatan. Terdapat kontras yang mencolok antara kedua bagian ini. Adapun teksturnya agak kasar hingga agak licin dengan pola serat lurus dengan peduan di sana-sini.

Beragam Kerajinan Kayu Matoa

Ada berbagai produk yang bisa dibuat dari kayu matoa seperti telah dijelaskan di atas. Hal ini memungkinkan sebab secara umum, kayu matoa pun memiliki karakter yang membuatnya potensial untuk digunakan. Kayu ini mudah dikerjakan, memiliki tampilan khas yang menarik, dan juga kelas kuat yang cukup. Berbagai produk mulai dari konstruksi sampai mebel bisa dibuat menggunakan material dari kayu ini. Namun tentu saja, ketika bicara mengenai kayu tersebut, maka aneka produk kerajinan tak bisa dikesampingkan. Salah satu contoh produk kerajinan yang terkenal dari kayu ini adalah produk jam kayu matoa.

Selain jam tangan matoa, tentu masih ada sangat banyak produk yang bisa dibuat. Misalnya saja berbagai miniatur dari kayu ini, hiasan dinding, vas bunga, dan berbagai kerajinan lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu.

kayu matoa (3)

Sebetulnya yang tak kalah penting adalah masalah pengolahannya. Bagaimana kita membuat kerajinan kayu matoa tersebut tak bisa diabaikan begitu saja. Kita boleh mengatakan bahwa kayu ini adalah kayu yang bagus dan potensial digunakan. Namun di tangan orang yang salah, kayu ini bisa menjadi produk yang begitu buruk,

Yang dimaksud pengolahan kerajinan kayu matoa sendiri meliputi keseluruhan alur produksi kerajinan tersebut. Dan bicara mengenai keseluruhan alur produksinya jelas begitu rumit. Kita harus memastikan sejak awal bahwa kayu yang digunakan adalah kayu yang bagus dan usianya cukup. Berikutnya proses pengeringan dan lainnya pun tak bisa diabaikan. Termasuk juga proses finishing yang sangat menentukan kualitas tampilan akhir produk.

Selain itu, proses lain yang perlu dilakukan adalah tahapan pengeleman.

Tahapan Pengeleman?

Ya. Pengeleman meskipun bukan tahapan “besar” seperti finishing, namun juga punya arti penting. Tahapan ini sebenarnya termasuk dalam tahapan di mana komponen kerajinan matoa disatukan menjadi satu kesatuan. Sehingga kualitas tahapan ini tak biasa diabaikan begitu saja. Apa jadinya (misalnya) tahapan ini gagal? Pengecatan yang gagal setidaknya masih meninggalkan bekas produk yang memiliki bentuk. Namun ketika rakitan gagal karena lem yang jelek, sudah pasti kita tak akan mendapatkan apa-apa.

Lem untuk Membuat Kolase Biji-bijian

Tahapan pengeleman sendiri ditentukan oleh lem yang dipakai. Lem sangat mendominasi karena dalam pembuatan produk kerajinan, paku dan penyambung lain tak mudah digunakan. Untungnya, saat ini telah tersedia berbagai merk lem bagus yang bisa dipilih. Dan di antara berbagai merk lem yang bagus tersebut, terdapat Ultra Phaethon yang paling baik digunakan.

Perlu Lem yang Bagus? Gunakan Ultra Phaethon ya!

Pembuatan aneka produk kerajinan yang menggunakan kayu matoa bagaimanapun juga membutuhkan lem dengan kualitas yang baik, seperti disebut di atas. Dan lem yang bisa diandalkan untuk kebutuhan tersebut adalah lem Ultra Phaethon.

Telah banyak pelaku usaha kerajinan yang mengandalkan lem ini untuk berbagai kebutuhan mereka. Hal ini tak lain dikarenakan kualitas yang ditawarkan oleh adhesive tersebut. Lem ini merupakan lem yang memiliki banyakk keunggulan dibanding adhesive lainnya seperti:

  1. Daya rekat kuat. Lem Ultra Phaethon mampu menciptakan ikatan yang sangat kuat dan stabil. Dengan demikian, produk kerajinan kayu matoa pun menjadi tidak mudah rusak dan tetap kokoh dalam waktu lama.
  2. Tidak menyebabkan glue line. Lem ini tidak menyebabkan warna atau noda kehitaman seperti beberapa lem berkualitas buruk di pasaran. Estetika kerajinan berbasis kayu matoa Anda pun akan senantiasa terjaga.
  3. Merupakan lem yang aman dan ramah lingkungan.
  4. Memiliki kecepatan kering lem yang sangat ideal sehingga cocok dalam alur produksi kerajinan.
  5. Mudah digunakan dan juga praktis. Lem ini adalah lem PVAc water based yang dalam aplikasinya tak membutuhkan alat atau bahan tambahan.
  6. Tersedia dalam kemasan yang hemat. Anda pun tak perlu boros dan bisa menghemat ongkos produksi secara sangat signifikan.
  7. Merupakan lem yang lebih aman dan ramah lingkungan dibanding adhesive lainnya.
  8. Harga yang terjangkau. Anda bisa mendapatkan lem ini dengan harga terjangkau padahal solid content-nya tinggi.

Penggunaan lem Ultra Phaethon pun dengan demikian bukan hanya membuat kerajinan kayu matoa terpasang lengkap semua komponennya. Penggunaan adhesive ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas produk sambil menghemat biaya produksinya. Sangat menarik, bukan?

Sudah Banyak yang Menggunakan Ultra Phaethon!

Yuk, segera dapatkan Ultra Phaethon. Lem kami telah menjadi andalan banyak pelaku usaha lokal hingga ekspor. Ultra Phaethon digunakan berbagai kalangan industri kerajinan skala rumah tangga sampai skala besar.

Pesan sekarang juga Eva Phaethon dan jadikan kerajinan kayu matoa Anda hadir dalam kualitas terbaiknya.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here