Kenali Kerajinan Batu Alam Lebih Dekat!

1190
kerajinan batu alam

Ada berbagai wujud kerajinan dengan hasil berlainan dan dengan karakteristik sendiri-sendiri. Salah satunya adalah kerajinan batu alam. Seperti apa kerajinan ini dan apa fungsinya? Mari, simak di lemkertas.com.

Mengenal Kerajinan Batu Alam

Secara umum, kita mengenal batu sebagai material yang kerap ditemukan di tanah dan sungai. Bentuknya beragam, namun yang kerap ditemukan adalah membulat, gepeng, hingga oval. Batu yang dikenal awam juga memiliki warna coklat hingga kehitaman. Secara sekilas, ia tak menarik. Siapa yang akan menganggap benda ini berharga kecuali anak-anak yang kerap menggunakannya sebagai mainan? Namun tahukah Anda bahwa di tangan orang yang tepat, aneka batu-batu tersebut bisa menghasilkan produk dengan kualitas tinggi? Batu sungai yang kehitaman atau batu di tanah yang sepertinya tak ada bagusnya itu bisa menghasilkan produk yang bila dijual akan mendatangkan untung besar bagi Anda.

Jenis batu juga pada dasarnya sangat beragam. Ia tak melulu merupakan batu berwarna hitam yang sering kita temukan di sungai. Ada berbagia varian batu lainnya yang tak jarang harganya pun bisa mencapai jutaan hingga milyaran rupiah. Warnanya pun tak main-main. Ada bebatuan dengan warna pink, ungu, hingga kekuningan. Berikut ini contoh-contohnya yang kerap dipakai sebagai salah satu bahan kerajinan batu alam:

  1. Batu ukir, terdiri dari berbagai produk ukiran dengan bahan dasar batu. Contohnya saja patung hiasan yang dibuat dari teknik ukiran
  2. Berbagai perlengkapan fungsional dari batu alam, misalnya wadah sabun dari batu kali dan wastafel dari batu marmer
  3. Kerajinan sederhana seperti figura foto, vas bunga, dan frame cermin yang menggunakan batu alam
  4. Aneka jenis mainan dari batu alam, contohnya saja catur yang menggunakan bahan batu alam
  5. Berbagai benda untuk kegiatan keagamaan, misalnya saja pembuatan patung-patung agama tertentu
  6. Berbagai item fashion. Meski tak 100% menggunakan batu alam, namun kehadiran batu alam sangat signifikan. Contohnya untuk hiasan pada tas dan ikat pinggang
  7. Kolase yang memanfaatkan batu

Sebagaimana yang Anda lihat di atas, ada sangat banyak produk yang bisa dibuat menggunakan batu alam. Jenis-jenis natural stone yang biasa digunakan sendiri antara lain:

granit
  1. Batu kali. Batu kali meski bagi orang awam sering dianggap tak bernilai tapi di tangan orang yang tepat bisa diolah menjadi benda seni dengan harga yang sangat tinggi.
  2. Batu granit. Batu ini banyak dipakai untuk pembuatan produk dengan cara ukir atau penggerusan. Granit sendiri adalah batu dari lava gunung api.
  3. Batu gamping. Batu ini menawarkan banyak keunggulan sebagai material untuk kerajinan serat alam. Batu gamping memiliki warna variatif dan sifat yang mudah diukir.
  4. Batu paras. Batu paras merupakan batu sedimen yang terwujud dari lapisan pasir terikat bersama dengan silika atau kalsium karbonat.
  5. Batu marmer. Batu ini memiliki tampilan menarik. Tak heran, sejak zaman Yunani Kuno, batu ini telah sering digunakan
  6. Batu pualam. Batu ini memiliki tampilan yang sangat elegan. Tak heran, batu ini sering digunakan untuk membuat patung-patung spesial.
  7. Batu sabun. Batu ini memiliki sifat lunak. Nama lain batu ini adalah batu statite.

Memerlukan Lem yang Tepat

kerajinan batu alam (2)

Pembuatan kerajinan batu ini memerlukan adhesive yang tepat. Dalam pembuatan aneka produk natural stone, pada dasarnya memang sering digunakan lem untuk menyatukan batu dengan batu atau batu dengan komponen lainnya. Sayangnya, banyak pengrajin yang kerap kesulitan mendapatkan lem yang tepat. Acapkali lem yang mereka gunakan tak terlalu kuat, mudah lepas ketika terpapar air atau panas, sampai menyebabkan noda atau warna kehitaman. Menyadari hal ini, kami sebagai penyedia adhesive serba guna, menyarankan penggunakan Eva Phaethon.

Eva Phaethon adalah lem dengan bahan dasar ethylene vynil acetate. Salah satu keunggulan utama adhesive ini adalah sifatnya yang tidak menyebabkan glue line, awet, dan juga sangat kuat. Lem ini pun bisa diterapkan untuk berbagai tipe perekatan, termasuk untuk batu alam. Berikut ini selengkapnya kelebihan Eva Phaethon sebagai lem untuk kerajinan batu alam.

  1. Formula lem yang sangat tepat. Lem bisa digunakan untuk merekatkan media berbagai karakter dan antara bahan dengan sifat berlainan.
  2. Daya rekat yang sangat baik termasuk untuk pengeleman batu alam
  3. Tidak mudah rusak. Ikatan lem tahan panas, air, dan juga siraman solvent
  4. Cepat kering
  5. Warna tidak menyebabkan glue line
  6. Mudah digunakan bahkan bila Anda masih awam
  7. Praktis, tak perlu sedia alat dan bahan khusus
  8. Harga terjangkau
  9. Tersedia dalam kemasan hemat
  10. Solid content atau berat kering tinggi sehingga tidak boros pemakaiannya
  11. Lebih aman dan ramah lingkungan dibanding lem lain sejenis

Buat produk kerajinan batu alam Anda dengan adhesive unggulan ini ya.

Dapatkan segera Lem Eva Phaethon

lem eva phaethon

Yuk, segera beli lem Eva Phaethon! Seperti dijelaskan di atas, tak banyak lem di pasaran yang bisa diandalkan untuk kebutuhan perekatan kerajinan batu alam. Hanya Eva Phaethon yang paling ideal untuk digunakan. Dan ternyata, adhesive ini pun juga sangat mudah dipesan. Ada beberapa opsi pembelian yang bisa Anda lakukan. Ketiga opsi tersebut adalah:

  1. Pemesanan secara online via website ini. Caranya kontak Customer Service kami dan berikan data Anda sebagai pemesan, mulai dari nama, alamat, sampai jumlah lem yang dipesan. Selanjutnya, bayarkan tagihan yang diberikan oleh CS kami dan kirimkan buktinya. CS kami pasti akan segera memroses pesanan tersebut sesegera mungkin.
  2. Pembelian di berbagai toko online. Opsi kedua ini sengaja kami layani mengingat banyak kalangan yang terbiasa belanja di marketplace. Caranya? Tentu saja tergentung aturan tiap toko online tersebut. Anda tinggal mencari produk ini kotak pencarian toko langganan Anda.
  3. Pembelian secara konvensional atau langsung. Opsi pembelian ketiga, yakni pembelian secara langsung juga bisa Anda lakukan. Anda bisa mendapatkan lem ini dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point sudah bisa Anda temukan di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Pilih saja satu dari ketiga opsi di atas untuk mendapatkan lem ini. Dengan Eva Phaethon, kerajinan batu alam pasti akan hadir dalam kualitas terbaiknya.

Kesimpulan

Kerajinan batu alam memang memiliki penggemar sendiri karena keindahannya pun sangat khas. Bagi masyarakat konsumen, kerajinan ini bisa digunakan untuk mempercantik ruangan agar terlihat semakin bagus. Lantas bagaimana dengan para produsen?

Bagi produsen, tentu saja yang terpenting adalah menghasilkan produk yang bagus namun juga menguntungkan. Kunci untuk ini, adalah dengan memilih bahan yang tepat dan juga pengerjaan yang juga tepat. Untuk bahannya, salah satu yang tak bisa diabaikan adalah masalah lem. Lem mempengaruhi berbagai aspek produk. Lem berpengaruh pada kokohnya produk, keawetannya, sampai estetikanya. Karenanya, penting bagi pelaku usaha kerajinan batu untuk menggunakan adhesive yang baik. Dan, adhesive yang paling cocok untuk kebutuhan ini adalah Eva Phaethon.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here