Tripleks Berkualitas ala Produsen Lem untuk Laminasi Kayu Crossbond

651
membuat tripleks

Ingin membuat tripleks sendiri di rumah? Bila jawaban Anda iya, maka simaklah tips dari produsen lem kayu Crossbond berikut ini.

membuat tripleks

Apakah Anda memiliki banyak papan kayu tak terpakai di rumah? Pernahkah Anda terpikir untuk mengolahnya? Bila iya, maka jangan ragu untuk benar-benar melakukannya. Pada dasarnya dari berbagai papan kayu tersebut, kita memang bisa membuat berbagai produk. Salah satunya adalah papan kayu atau tripleks. Dari tripleks buatan yang dihasilkan, kita dapat mengolahnya lebih lanjut menjadi meja hingga pengganti dinding lemari yang mulai rusak.

Kayu dan Lem yang Baik

Sebelum mulai membuat tripleks, sediakanlah dua komponen produk ini dalam kualitasnya yang baik. Yang pertama mengenai kayunya. Pastikan kayu terpotong secara simetri. Pastikan juga kayu tidak dalam kondisi berhama. Bila kayu mengandung hama, gunakan dulu insecticide untuk membasminya.

Setelah kayunya siap, pilih lem yang berkualitas. Anda bisa mengandalkan perekat dari produsen lem untuk laminasi kayu Crossbond X4. Dengan aplikasi metode yang mudah diikuti, Anda tak akan kesulitan memanfaatkan lem ini. Baru setelah kedua bahan ini siap, perhatikan:

Aplikasi Lem yang Benar

Memilih lem yang baik saja sama sekali tidak cukup. Anda juga harus mengaplikasikannya dengan benar. Pastikan Crossbond X4 tersebar merata ke permukaan tripleks. Salah satu indikasinya adalah keluarnya lem (muncrat) saat papan kayu disatukan. Jangan khawatir pada noda Crossbond. Anda pasti bisa membersihkannya dengan mudah. Yang terpenting adalah seluruh bagian kayu sudah terlapisi lem dengan baik.

Gunakan “Clamp Press” Tiruan

Untuk kebutuhan industri, clamp press adalah alat yang wajib dimiliki. Namun untuk kebutuhan rumahan, tentu sulit mendapat bahan ini. Karenanya, contoh saja kinerja clamp press dengan memanfaatkan alat-alat di sekitar rumah. Misalnya menggunakan karet ban dengan panjang tertentu yang diikat pada kayu.

Percantik dengan Vinir

Bila Anda ingin menggunakan papan kayu tersebut untuk meja, papan nomor rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya, maka jangan lupa membuatnya lebih menarik. Salah satunya ialah dengan aplikasi veneer. Beli saja veneer di toko bangunan terdekat. Sekali lagi dengan adhesive dari produsen lem untuk laminasi kayu Crossbond, rekatkan vinir tersebut di samping maupun permukaan papan. Jadilah papan kayu Anda lebih menarik!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here