Untuk Panel Bambu Terbaik, Pilih Lem untuk Laminasi Bambu Terbaik

428
panel bambu bagus

Tak ada cara lain mengaplikasikan panel yang baik bila tidak didukung dengan lem untuk laminasi bambu yang baik. Lem untuk kebutuhan tersebut harus dipilih secara spesifik menurut tujuan pembuatan panel itu sendiri.panel bambu bagus

Apa itu Panel Bambu?

Bamboo panelling barangkali belum begitu familiar bagi orang Indonesia. Namun sejatinya, produk ini telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya sebagai dinding untuk bangunan resort, komponen desain hotel, hingga gazebo. Panel bambu disukai karena beberapa hal. Selain bahan bambunya tersedia dalam jumlah yang masih melimpah dan tidak dilindungi, estetika yang dihasilkan juga sangat khas. Meski mirip kayu, namun bambu tetap memiliki keunikan tersendiri.

Syarat Apalikasi Panel Bambu yang Baik

Untuk mengaplikasikan panel bambu yang baik, ada setidaknya dua hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah kualitas bahan yang digunakan. Bahan bambu sampai lem yang dipakai harus memiliki kualitas standar yang dipersyaratkan. Demikian juga cat hingga perlengkapan lain yang dipakai.

Yang kedua harus dicermati adalah teknik pengaplikasiannya. Sebaik atau sebagus apapun bahan yang digunakan bila tidak digunakan dengan tepat tentu hasilnya juga tak akan baik. Oleh karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui rekomendasi penggunaan tiap bahan yang dipakai. Jangan menggunakan dengan basis kira-kira. Sebab hasilnya bisa sangat fatal.

Pemilihan Lem untuk Laminasi Bambu yang Baik

Sebagaimana disebut di atas, salah satu hal krusial dalam aplikasi panel bambu yang baik adalah lemnya. Fungsi lem sebagai perekat memang memainkan peran besar terhadap kualitas panel. Pasalnya bahan inilah yang membentuk komponen panel menjadi satu. Bila kualitasnya tidak baik tentu kualitas panel secara keseluruhan juga tidak akan baik. Mulai dari aspek estetika sampai kekokohan pun pasti akan dipengaruhi oleh aspek ini.

Rekomendasi kami pada pembaca untuk kebutuhan panel bambu adalah Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan adhesive berbahan dasar resin alifatik yang memiliki sifat kuat dan sangat tahan lama. Bahkan adhesive ini didesain untuk outdoor sehingga panel yang dibuat pun bisa diletakkan di luar ruangan.

Namun sebagaimana disebut di atas juga, agar aplikasi Crossbond X4 berkualitas, maka cara pemakaiannya pun harus tepat. Hindarilah kesalahan pengeleman seperti di bawah ini:

  • Tidak menggunakan clamp press atau menggunakannya namun dilepas sebelum lem mengering.
  • Mengaplikasikan lem yang terlalu sedikit karena khawatir akan noda lem.
Lem untuk laminasi bambu Crossbond X4
Lem untuk laminasi bambu Crossbond X4

Kombinasi lem untuk laminasi bambu yang baik dengan cara penggunaan yang baik pastinya akan membuat kita berhasil mewujudkan panel yang baik pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here