Tips Buat Mainan bagi Pemula: Sabar dan Jangan Lupa Lem Aman untuk Mainan Anak Food Grade!

463
mainan kayu warna warni

Membuat mainan kayu memang tak mudah dilakukan. Apalagi untuk pemula. Oleh sebab itu, pada artikel ini kami akan membagikan beberapa tips penting pembuatan wooden toys bagi pemula, mulai dari masalah kayu, sampai penggunaan lem aman untuk mainan anak food grade!

Berlatih dengan yang Sederhana

mainan kayu sederhanaSalah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pembuat mainan kayu yang masih pemula adalah mencoba membuat desain yang terlalu rumit. Kalau Anda masih benar-benar baru, cobalah mengaplikasikan desain yang sederhana dulu. Dengan mengaplikasikan desain yang sederhana, secara tak langsung Anda belajar teknik-teknik dasar yang diperlukan. Sehingga kemampuan Anda nantinya bisa lebih dikembangkan tanpa membuang-buang waktu serta bahan karena terlalu berambisi membuat mainan yang rumit.

Passion dan Kesabaran

Mainan kayu adalah salah satu produk kerajinan. Jadi, passion atau ketertarikan sangat penting di sini. Tapi passion saja tak cukup, serupa dengan tips di atas, Anda juga harus memiliki kesabaran. Jangan terburu-buru membuat mainan dengan keindahan yang hanya bisa dibuat oleh expert.

Menyediakan Alat dengan Kondisi yang Baik

Sediakan alat dan bahan dalam kondisi yang baik. Poin ini memang terkesan sederhana, tapi sebenarnya sangat vital. Seringkali orang terburu-buru membuat sebuah produk dengan kondisi alat yang kurang baik. Sehingga proses yang digunakan menjadi lama, pun begitu hasilnya kurang memuaskan.kayu bekas

Memilih Kayu yang Mudah Diolah

Pilihlah kayu yang mudah diolah. Kayu-kayu bekas pun tak mengapa asalkan kondisinya masih baik. Malah, penggunaan kayu bekas akan membuat produk Anda memiliki nilai tambah tersendiri sebagai “green product”.

Penggunaan Cat dan Lem Aman untuk Mainan Anak Food Grade

Pilih cat dan lem yang keamanannya terjamin. Jangan sampai cat atau lem yang Anda gunakan mengandung zat-zat toksik dari kelompok BTEX serta logam berat. BTEX adalah singkatan dari Benzena, Toulena, Etilbenzena, dan Xylena. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ dalam hingga kanker untuk paparan jangka panjang atau intensitas tinggi. Logam berat juga harus Anda hindari, mulai dari Pb hingga merkuri. Pun begitu zat-zat lain yang membahayakan kesehatan seperti ftalat.

lem aman untuk mainan anak food grade

Sebaiknya, pilihlah cat dan lem yang non toksik, bahkan kalau bisa food grade. Untuk lemnya, kami merekomendasikan lem aman untuk mainan anak food grade Crossbond. Lem ini didesain mengikuti standar FDA Amerika Serikat sehingga memang sangat cocok untuk aneka mainan kayu Anda.

Cat Harus Praktis

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah masalah kepraktisan cat. Aneka rupa mainan kayu akan tampak lebih cantik bila dicat dengan cat yang berkualitas. Namun aplikasi catpun harus diperhatikan. Jangan sampai kita harus mengecat dengan tahapan rumit seperti ketika mengecat furniture. Pilihlah cat yang aplikasinya bisa dicelup atau metode praktis lainnya seperti BioColours Orchid.

 

mainan kayu warna warni

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here