Penjelasan Lengkap Furniture Panel dan Lem yang Dibutuhkan

216
furniture panel

Apa itu furniture panel? Dan apa lem yang tepat digunakan untuk tipe mebel seperti ini? Temukan jawaban atas pertanyaan tersebut pada penjelasan di bawah ini.

Mengenal Furniture Panel

Salah satu jenis mebel yang makin populer di pasaran adalah furniture berbasis panel. Mebel-mebel seperti ini banyak digunakan untuk office furniture serta mebel rumah tangga dengan gaya modern hingga minimalis. Indonesia sendiri memiliki beberapa manufaktur yang secara khusus memproduksi mebel berbasis panel. Beberapa ada yang mengandalkan material lokal, namun beberapa masih menggunakan bahan impor. Hasilnya sendiri bukan hanya sudah dipasarkan untuk pasar lokal. Beberapa perusahaan berbasis panel berhasil memproduksi mebel berkualitas yang telah merambah pasar ekspor. Hal ini terjadi karena secara umum, produk furniture panel dari Indonesia dinilai kompetitif, termasuk ketika disandingkan dengan produk mebel panel dari negara lainnya.

Lantas apa yang dimaksud dengan furniture panel itu sendiri? Secara umum, panel adalah istilah yang merujuk pada papan atau “lembaran” luas. Dalam hal ini, papan yang dimaksud adalah papan berbahan dasar kayu. Papan bisa berupa kayu solid, namun lebih sering merupakan kayu olahan atau engineered wood. Papan kayu olahan yang dimaksud sangat beragam mulai dari particle board hingga MDF.

  1. Particle Board
    Particle board adalah papan kayu olahan yang memiliki harga paling murah. Bahan pembuatan particle board sering diambil dari serpih atau partikel kayu yang tak terpakai pada proses pemanfaatan kayu solid. Dan karena harganya yang paling murah, kualitas particle board secara umum juga yang paling rendah. Bahan ini lebih mudah rusak terkena air bila dibandingkan dengan kayu olahan yang lainnya.
  2. MDF (Medium Density Fiberboard) dan HDF (High Density Fiberboard)
    Setelah particle board, panel lain yang sering digunakan dalam pembuatan furniture panel adalah MDF dan HDF. Keduanya memiliki kualitas yang secara umum lebih baik dibandingkan particle board. Akan tetapi, MDF dan HDF (yang tergolong fiberboard) dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Sedangkan antara keduanya sendiri (HDF dan MDF) dibedakan berdasarkan densitas dan kekuatannya. Secara umum, HDF lebih kuat dan padat dibandingkan dengan MDF.
  3. Blockboard
    Blockboard adalah contoh kayu olahan lainnya yang bisa digunakan untuk membuat mebel panel. Blockboard yang paling terkenal adalah teakblock. Teak block menggunakan veneer jati sehingga kemudian dinamai dengan istilah teak di bagian depan namanya.

Kegunaan Mebel Panel

CS LemKertas

Furniture panel banyak diterapkan untuk:

  1. Berbagai macam office furniture terutama untuk meja kantor. Biasanya papan panel digunakan untuk permukaan meja. Jenis mejanya sendiri beragam, ada yang hanya meja staff hingga meja rapat yang permukaannya luas.
  2. Berbagai jenis mebel dapur, misalnya saja kabinet dapur.
  3. Berbagai macam mebel rumah tangga yang didesain dengan gaya minimalis atau modern.
  4. Berbagai jenis kid furniture atau mebel anak seperti meja belajar

Selain keempat jenis mebel di atas, masih banyak lagi contoh lainnya. Namun secara umum, keempat mebel di atas merepresentasikan pemakaian panel dalam sistem produksinya.

Membandingkan Mebel Panel dengan Non Panel

Pembuatan furniture panel oleh manufaktur mebel jelas didasarkan pada banyak hal. Dibandingkan mebel non panel, furniture berbasis panel menawarkan beberapa kelebihan. Misalnya saja, bila mebel panel tersebut dibuat dari kayu olahan seperti particle board, maka ongkos produksi bisa dikurangi. Mebel akan lebih murah dibuat sehingga ketika dijual pun harganya akan lebih kompetitif.

Kedua, pada beberapa jenis gaya, furniture berbasis panel juga cocok digunakan. Misalnya untuk gaya minimalis dan modern. Pembuatan kitchen cabinet dengan panel adalah contohnya. Pemakaian kayu seperti MDF lalu dikombinasikan dengan HPL akan membuat kabinet dapur tersebut lebih menarik.

Lem, Penting untuk Furniture Panel

Proses pembuatan furniture berbasis panel membutuhkan lem dengan kualitas yang baik. Lem tersebut harus mampu merekatkan material kayu panel dengan pelapis yang digunakan. Pada pemakaian pelapis alami, seperti veneer, perekatan cenderung mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan lem kayu khusus laminasi seperti Crossbond X4.

Akan tetapi pada aplikasi pelapis sintetis seperti High Pressure Laminate, lem kayu yang biasa tidak bisa digunakan. Sebab, terdapat perbedaan sifat yang sangat besar antara kayu panel dengan pelapis sintetis. Apalagi ketika kayu yang digunakan memiliki porositas yang besar, misalnya saja particle board. Particle board sebagaimaan dijelaskan di atas, sangat terjangkau sehingga prospektif digunakan untuk membuat furniture panel. Akan tetapi, papan partikel ini sangat mudah menyerap cairan. Tatkala lem yang diaplikasikan tidak tepat, lem hanya akan meresap seluruhnya ke dalam particle board. Lem tidak akan mampu mengikat pelapis sintetis yang tak punya material alami di dalamnya. Sehingga perekatan akan gagal ataupun kurang kuat. Maka dari itulah, dibutuhkan adhesive dengan sifat yang tepat.

Andalkan Eva Phaethon untuk Membuat Furniture Panel

Tak bisa tidak, pada proses pembuatan mebel panel, dibutuhkan lem yang tepat seperti telah dijelaskan di atas. Lem tersebut idealnya memiliki sifat mampu merekatkan media dengan karakter yang berbeda apalagi ketika bahan yang digunakan adalah kayu olahan dan pelapis sintetis. Pada kebutuhan seperti ini, andalkanlah adhesive Eva Phaethon.

Eva Phaethon merupakan lem berbasis ethylene vinyl acetate atau biasa disingkat EVA. Lem ini didesain secara khusus sehingga memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat yang sangat kuat, tidak mudah rusak, ikatan yang stabil, cepat kering, tidak tebal, dan lebih hemat. Lem juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih kompetitif sehingga Anda bisa menghemat biaya produksi pembuatan furniture panel. Dampak baiknya, jelas Anda bisa menjual produk tersebut dengan harga yang lebih kompetitif di pasaran.

Segera Pesan Lem Eva Phaethon! Begini Caranya!
Sebagaimana disebut di atas, pada pembuatan furniture panel dibutuhkan lem yang tepat. Rekomendasi kami atas Eva Phaethon jelas didasarkan pada karakter Eva Phaethon yang memang memiliki berbagai keunggulan. Bagi Anda yang tertarik dengan adhesive ini, segera saja lakukan pemesanan melalui kontak Customer Service yang telah disediakan.

Ingin membeli via marketplace dulu? Tak mengapa. Kami juga memiliki banyak agen yang telah menjual Eva Phaethon di berbagai online shop seperti Tokopedia, OLX, hingga Bukalapak. Search saja dengan kata kunci Eva Phaethon di toko online langganan Anda. Namun pilihlah penjual yang bisa dipercaya.

Sedangkan bagi yang ingin membeli secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point yang tersebar di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Tentu saja selain bisa melakukan pembelian, Anda juga bisa langsung bertatap muka untuk berkonsultasi mengenai penggunaan adhesive ini. Sangat menarik, bukan? Gunakan selalu Eva Phaethon untuk menghasilkan furniture panel yang berkualitas.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here