Cara Menempel Banner Mudah, Baik, dan Benar!

6690
cara menempel banner

Bingung bagaimana cara menempel banner yang baik dan benar? Di artikel ini, kami akan jelaskan langkah-langkah pemasangan banner secara rinci. Dengan metode yang tepat dan lem yang bagus, media tersebut pasti bisa tertempel dengan ideal.

Bagaimana cara menempel banner? Apa yang akan Anda lakukan ketika pada suatu kesempatan diminta untuk merekatkan media tersebut? Orang sering tak berpikir perkara ini. Sebab, ia memang bukan masalah atau persoalan kebanyakan orang atau masalah sehari-hari yang harus dihadapi. Akan tetapi, kegiatan ini kadang kala harus dilakukan. Sebab, sebagai media yang bisa digunakan untuk sarana komunikasi, masyarakat sering menggunakannya. Dan, bukan tidak mungkin kita diminta untuk merekatkan banner-banner tersebut. Misalnya saat mengiklankan kegiatan jalan sehat yang diadakan perusahaan tempat kita bekerja. Atau, saat kita memang bekerja di sebuah usaha periklanan yang juga menyediakan jasa pemasangan iklan yang telah dibuat tersebut.

Dalam berbagai peristiwa itu, kita harus bisa menempel banner dengan baik. Sekilas memang mudah. Bukankah kita hanya perlu mengoleskan lem dan menempelkan media itu saja ke benda lain? Tapi, rupanya penempelan media ini tak semudah yang kita bayangkan. Pertama, Anda harus mencari dulu lem yang tepat. Pasalnya, tak sembarang lem bisa digunakan untuk menempelkan material yang digunakan untuk membuat banner. Apalagi bila Anda menggunakan lem berjenis lem kertas. Kebanyakan lem kertas tak cocok dipakai untuk material ini. Nah, sebelum kita membahas mengenai cara menempel banner, kami akan bahas dulu perekat yang dibutuhkan tersebut.

Lem Apa yang Cocok Dipakai untuk Menempel Banner?

Di pasaran, sejatinya tersedia berbagai produk lem dengan formula yang berbeda-beda dan merk yang juga berbeda-beda. Tiap produk lem pasti memiliki tujuan penggunaan sendiri-sendiri. Jadi, ketika Anda mencari produk lem yang tepat, pilihlah produk lem yang secacara khusus bisa digunakan untuk merekatkan bahan seperti banner.

Banner sendiri merupakan bahan yang merupakan material sintetis. Bahan ini memiliki sifat seperti plastik. Porositasnya kecil, tidak menyerap cairan, dan tidak hancur seperti kertas. Lem kertas akan sulit dipakai untuk kebutuhan ini (sudah diterangkan di atas). Bagaimana dengan lem kayu? Yang dimaksud dengan lem kayu seringkali merujuk pada lem PVAc atau lem putih. Lem berformulasi ini juga biasanya digunakan sebagai bahan utama lem kertas meski daya rekatnya jelas lebih kuat. Karenanya, lem kayu dari bahan PVAc pun tak cocok dipakai untuk merekatkan banner.

Adhesive yang cocok untuk bahan ini di antaranya adalah adhesive berbahan dasar vinyl acetate. Adhesive seperti ini bisa digunakan untuk media yang porositasnya kecil. Selain bahan seperti banner, lem-lem vynil acetate juga banyak digunakan untuk perekatan High Pressure Laminate.

Begini Cara Menempel Banner yang Baik dan Mudah dengan Eva Phaethon

Alat dan Bahan

  1. Banner yang akan ditempel
  2. Lem untuk merekatkan banner
  3. Kuas atau alat lain untuk mengaplikasikan lem
  4. Kain lap untuk membersihkan tembok atau papan kayu untuk merekatkan banner
  5. Air bersih

Langkah-langkah Cara Menempel Banner

Siapkan semua alat dan bahan yang telah disebutkan di atas. Kumpulkan semuanya dan letakkan di tempat yang berdekatan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Bersihkan dulu media yang akan ditempeli banner. Gunakan air bersih hingga kain lap. Misalnya, bila tembok yang akan ditempeli kotor, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu. Gunakan air yang bersih untuk membersihkannya, lalu lap dengan kain bersih.
  2. Keringkan tembok atau media lainnya sampai benar-benar kering
  3. Siapkan lem yang hendak digunakan untuk menempel banner.
  4. Oleskan lem pada kedua media, baik pada banner ataupun pada tembok.
  5. Rekatkan. Bila ukuran banner besar, cari bantuan orang lain (jangan melakukannya sendiri, karena hasilnya kemungkinan besar akan kurang rapi).
  6. Ratakan permukaan banner.
  7. Biarkan lem kering.

Perhatikan! Aplikasi penempelan ini sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat. Kelembaban udara harus terjaga dan tidak sedang hujan. Suhu udara juga sebaiknya tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu dingin. Sebab, pada kondisi tersebut (misalnya kelembaban udara terlampau tinggi), perekatan bisa kurang bagus hasilnya.

Tak Ada yang Lebih Baik dari Eva Phaethon
Lantas apa lem yang kami sarankan? Di atas, telah kami terangkan pada kami bahwa lem yang bagus untuk kebutuhan ini adalah ethylene vynil acetate. Namun produk apa yang sebaiknya digunakan?

Produk yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan ini adalah Eva Phaethon. Kenapa Eva Phaethon? Lem ini kami sarankan tentunya karena memang memiliki berbagai keunggulan. Namun perrama-tama, Eva Phaethon adalah jenis lem yang memang didesain khusus untuk bisa merekatkan media seperti material yang digunakan untuk membuat banner. Eva Phaethon bukanlah lem kertas. Lem ini biasanya digunakan untuk menempelkan HPL (High Pressure Laminate), PVC (polyvinyl chloride), dan bahan sintetis lainnya.

Keunggulan adhesive Eva Phaethon adalah:

  1. Lem Eva Phaethon adalah lem untuk perekatan berbagai media. Lem ini bisa digunakan untuk merekatkan bahan seperti PVC hingga HPL untuk tembok sehingga memang cocok untuk kebutuhan di atas.
  2. Lem ini tidak merusak estetika atau keindahan produk. Lem Eva Phaethon mudah menyebar dan tidak menyebabkan permukaan hasil pelapisan kurang rata seperti kebanyakan lem lainnya.
  3. Sifat lem yang tidak mudah rusak ketika terpapar kelembaban, panas, siraman air, hingga siraman solvent. Lem ini mampu menciptakan ikatan yang stabil dan tidak mudah rusak.
  4. Merupakan adhesive yang sangat mudah digunakan. Lem ini bukan lem yang butuh bahan lain dalam aplikasinya. Sehingga aplikasinya pun jauh lebih praktis untuk digunakan.
  5. Lebih aman dibanding lem sejenis lainnya
  6. Harga terjangkau dengan kemasan besar yang akan membuat Anda jauh lebih hemat. Lem ini bahkan cocok digunakan untuk kebutuhan usaha pemasangan iklan.
  7. Cepat kering sehingga proses perekatan akan berjalan sesuai rencana (standar mesin)

Lem ini bisa Anda pesan sekarang juga di lemkertas.com. Kami menyediakan lem ini bersama dengan lem kertas Ultra Phaethon yang bisa Anda pakai untuk berbagai kebutuhan pengeleman kertas. Anda bisa membeli kedua lem tersebut dengan pemesanan via online lewat Customer Service kami. Dengan belanja di lemkertas.com, Anda bukan hanya akan mendapatkan lem dengan kualitas yang baik. Customer Service dan teknisi kami juga senantiasa siap memberikan Anda informasi dan konsultasi untuk pemakaian adhesive ini. Jadi, kami tidak akan meninggalkan Anda begitu saja setelah proses pembelian dilakukan. Anda boleh menghubungi kami untuk meminta saran aplikasi cara menempel banner dengan lem Eva Phaethon. Sangat menarik, bukan?
Semoga bermanfaat ya. Update terus berbagai informasi lainnya di lemkertas.com ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here