Ini Dia Lem yang Kuat untuk Dinding HPLIni Dia Lem yang Kuat untuk Dinding HPL

2205
dinding hpl interior kantor

Selain membutuhkan kualitas HPL yang bagus, dibutuhkan juga lem yang kuat untuk dinding HPL berkualitas. Apa jenis lem yang bisa diandalkan dan bagaimana cara pemesanannya? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Mengenal HPL dan Kegunaannya

HPL atau High Pressure Laminate adalah material yang sering digunakan untuk finishing tempel. Pelapis ini dipakai untuk coating paling atas berbagai produk mulai dari komponen bangunan seperti dinding hingga furniture. HPL umumnya terbuat dari tiga lapisan yakni bagian overlay paper atau lapisan anti gores, pattern paper yang merupakan pelapis dengan corak dan warnanya, serta kraft paper impregnated resin (kertas kraft yang diresapi dengan resin).

CS LemKertas

layer hpl

Ketiga lapisan ini kemudian disatukan satu sama lain dengan kondisi tekanan serta suhu yang sangat tinggi sehingga membentuk lembaran dengan sifat yang berkombinasi satu sama lain. Kini, HPL banyak dimanfaatkan untuk berbagai produk dengan tawaran aneka desain rupa dan warna. Pemakaiannya di pasaran sering diperuntukkan untuk panel dinding, kitchen set, meja, dan berbagai produk lainnya.

HPL sebagai Pelapis untuk Dinding

Seperti dijelaskan di atas, High Pressure Laminate sangat sering digunakan untuk konstruksi hingga mebel. Sebagai bagian dari bangunan, pelapis ini kerap dimanfaatkan untuk coating dinding baik interior maupun eksterior.

Bila dibandingkan dengan wallpaper, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan HPL. Salah satunya terletak pada sifatnya yang anti gores serta water resistant. Memang pelapis ini tidak 100% tahan gores, akan tetapi secara umum kekuatannya sangat baik karena memang dilapisi dengan lapisan anti gores khusus di bagian paling luarnya. Apalagi bila dibandingkan material sheet yang biasanya dijual di berbagai toko mebel biasa.

Resistensi ini juga berlaku pada paparan panas. Dengan demikian penggunaan HPL lebih fleksibel untuk aplikasinya pada dinding. Sedangkan bila dilihat dari aspek estetikanya, selain menawarkan aneka rupa dan motif seperti warna solid hingga motif kayu, HPL juga terdiri atas berbagai lapisan kilau. Ada HPL yang didesain glossy, semi gloss, doff, dan lain sebagainya. Apalagi dengan cara perawatan yang mudah karena hanya perlu dibersihkan dengan kain basah secara berkala saja.

dinding hpl interior kantor

Meski demikian, tentu saja high pressure laminate juga memiliki kekurangan sebagai pelapis dinding. Seperti yang telah kami sebutkan pada artikel sebelumnya, kekurangan HPL sering terdapat pada cara aplikasinya yang “tricky”. Untuk sekedar memasang HPL memang mudah. Akan tetapi, untuk bisa memasangnya dengan rapi tidaklah semudah yang dibayangkan. Belum lagi bagian pinggir yang harus dilapisi dengan edging. Sifat pelapis ini juga cenderung lebih kaku sehingga sulit digunakan untuk bidang-bidang tembok yang melengkung.

Memudahkan Aplikasi HPL dengan Lem yang Tepat

Sebagai solusi atas sulitnya aplikasi HPL, keterampilan tukang yang mengerjakannya haruslah ditingkatkan. Memang tidak mudah mencari pekerja yang bisa membuat HPL direkatkan secara rapi. Tapi bukan berarti para pekerja seperti ini tak ada.

Selain mengandalkan tukang-tukang yang profesional, bahan yang dibutuhkan dalam perekatan bahan ini juga harus kita pastikan benar-benar berkualitas. Sebagai contoh terkait perkara adhesive atau bahan perekat. Sebisa mungkin, gunakanlah lem yang bagus untuk mengelem high pressure laminate. Dengan demikian, dinding juga akan terlihat lebih rapi dan tidak mudah rusak. Estetika ruangan pun akan menjadi lebih baik bila tembok HPL terpasang dengan pas tanpa cacat-cacat yang tidak perlu.

Kriteria Lem HPL yang Bagus

Seperti apa lem yang bagus untuk HPL? Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kriteria yang kami rekomendasikan:

1. Lem haruslah kuat. Apalagi untuk perekatan pada dinding.

2. Lem harus bisa menyebar dengan baik. Hati-hati, tak banyak lem yang bisa menyebar dengan baik. Kerap lem sulit menyebar dan cenderung menggumpal di beberapa sisi.

3. Lem haruslah aman karena akan digunakan untuk bangunan yang dihuni manusia

4. Lem harus tahan lama, resistensi lem pada air, panas, dan solvent wajib diperhatikan

5. Lem mudah digunakan sehingga tidak memperumit aplikasi HPL yang sudah rumit

6. Lem memang didesain untuk High Pressure Laminate.

7. Solid content tinggi

8. Harga adhesive masuk akal

9. Memiliki kecepatan kering yang ideal sesuai alur proses pemasangan HPL

Gunakan Lem yang Kuat untuk Dinding HPL

Telah dijelaskan di atas, bahwa salah satu kriteria lem yang baik untuk High Pressure Laminate adalah dari daya rekat atau kekuatannya. Untuk aplikasi HPL pada dinding hal ini harus benar-benar diperhatikan, sebab secara berkelanjutan HPL akan mengalami tekanan dari gaya gravitasi yang bisa membuatnya terjatuh. Bila lem yang dipakai tak memiliki ikatan yang baik, bukan tak mungkin bahwa HPL akan mudah terlepas dari media temboknya.

tembok hpl luar eksterior

Untuk mendapatkan adhesive yang kuat untuk HPL sendiri tak bisa dikatakan mudah. Pasalnya, sebelum kita bicara mengenai kekuatan lem HPL, jenis lem untuk HPL-nya sendiri tak bisa dipilih sembarangan. Hal ini disebabkan perekatan HPL yang memang terbilang “spesifik”. Kita tak bisa menggunakan lem-lem kayu pada pemasangan High Pressure Laminate. Sebab kebanyakan lem kayu hanya bisa digunakan untuk media berpori (punya porositas), sedangkan HPL adalah media tak berpori yang aplikasinya diterapkan untuk media berpori. Jadi, perekatan untuk pembuatan dinding-dinding HPL ini harus dilakukan dengan lem yang bisa merekatkan media beda sifat yakni yang berpori dengan yang tak berpori.

Lem yang kuat untuk dinding HPL yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Eva Phaethon. Dibuat dengan ethylene vinyl acetate, adhesive ini dapat digunakan untuk merekatkan media beda karakter dengan sempurna. Lem Eva Phaethon juga memiliki ikatan sangat kuat dengan inner cross linker yang bisa menghasilkan ikatan saling silang. Adhesive ini akan mengikat HPL pada medianya dengan kuat dan stabil. Apalagi Eva Phaethon juga didesain dengan resistensi sangat baik pada air, solvent, dan panas.

Bukan Cuma Kuat, Tapi Juga Aman dan Terjangkau

Kelebihan lain yang ditawarkan lem yang kuat untuk dinding HPL ini adalah sifatnya yang aman digunakan. Tingkat keamanan yang baik ini akan membantu Anda mewujudkan ruangan yang lebih ramah bagi penghuninya sekaligus menciptkana lingkungan kerja aman bagi para tukang.

Yang tak kalah menarik, Eva Phaethon dengan berbagai kelebihannya tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Anda bisa membeli lem ini hanya dengan Rp. 148.000 untuk kemasan 4 kg. Murah sekali bukan?

Cara Beli Lem yang Kuat untuk Dinding HPL Eva Phaethon

Tertarik membeli Eva Phaethon? Jika Anda tertarik mendapatkan adhesive ini untuk berbagai kebutuhan Anda, silahkan hubungi kami via kontak Customer Service yang telah dituliskan. Kami akan melayani pemesanan Anda dengan profesional dan ramah. Selain pemesanan, kami juga membuka layanan tersebut bagi Anda yang baru sekedar ingin menanyakan mengenai adhesive ini. Jadi jangan sungkan untuk mengontak kami pada nomor yang disediakan.

lem yang tahan panas

Semoga bermanfaat ya! Jadikan dinding Anda lebih berkualitas dan tahan lama dengan lem yang kuat untuk dinding HPL Eva Phaethon.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here