Ini Dia Tips dan Cara Lem HPL Lebih Mudah dengan Eva Phaethon

948
rak hpl

HPL menjadi salah satu material yang memiliki guna sangat banyak. Tertarik menggunakan atau bahkan menerapkan pelapis ini? Mari simak tips dan cara lem HPL supaya hasilnya lebih baik.

Berdasarkan definisinya, kita bisa mengatakan bahwa HPL adalah pelapis sintetis dengan beberapa bagian. Pelapis ini terdiri atas bagian motif dan warna, bagian dasar, hingga bagian antigores. HPL atau High Pressure Laminate banyak digunakan untuk aplikasi finishing tempel. Sebagaimana yang kita tahu, finishing tempel adalah salah satu tipe finishing yang banyak diterapkan untuk kayu-kayu olahan. Aplikasi finishing seperti ini akan membantu pengerjaan kayu-kayu tersebut yang memang sulit dicat dengan bahan finishing konvensional.

Karena saat ini kayu olahan sedang banyak digunakan, pemanfaatan HPL pun turut meningkat. Pelapis ini banyak digunakan untuk pembuatan aneka furniture hingga elemen bangunan seperti:
1. Kabinet dapur dan berbagai jenis lemari kabinet yang lainnya
2. Almari
3. Pintu
4. Meja
5. Lantai
6. Dinding
7. Partisi
8. Dan berbagai produk lainnya

Penggunaan HPL dianggap memberikan berbagai keuntungan meski tak lepas dari kerugiannya tersendiri. Beberapa kelebihan aplikasi HPL antara lain:
1. Sifat yang lebih tahan lama
2. Mudah digunakan
3. Tahan panas
4. Relatif anti gores
5. Tersedia dalam berbagai warna dan pola

Perlunya Lem HPL yang Baik

Dalam penerapannya, aplikasi HPL tak bisa dilepaskan dari adhesive yang digunakan. Pada finishing tempel, fungsi lem memang demikian vital. Sebab, lem lah yang berfungsi untuk menyatukan pelapis dengan medianya.

Untuk hasil dan cara pemasangan HPL pada dinding dan furniture yang baik, adhesive yang kami sarankan untuk kebutuhan perekatan HPL adalah Eva Phaethon. Eva Phaethon merupakan ethylene vinyl acetate glue yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan berbagai adhesive lainnya. Lem ini:
1. Sangat kuat dengan inner cross linker
2. Memiliki ketahanan sangat baik.
3. Sifat ikatan lem yang tak mudah rusak oleh faktor seperti panas, kelembaban, hingga solvent. Dengan demikian produk HPL akan lebih leluasa digunakan pada berbagai kondisi
4. Mudah diaplikasikan. Kemudahan aplikasi perlu diperhatikan karena tak semua lem bisa digunakan untuk kebutuhan perekatan ini.
5. Harga terjangkau. Anda bisa membeli lem ini hanya dengan Rp. 148.000,- saja untuk kemasan 4 kg. Sangat terjangkau bukan?
6. Lem yang tidak menyebabkan glue line atau cacat warna
7. Lem tidak menyebabkan lapisan film tebal
8. Cover area adhesive luas
9. Lebih aman terutama bila dibandingkan adhesive sejenis lainnya.

cara lem hpl

Sangat menarik bukan kualitas Eva Phaethon untuk kebutuhan perekatan HPL ini? Namun bagaimana dengan penggunaannya?

Cara Lem HPL

Seperti disebut di atas, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara lem High Pressure Laminate diaplikasikan? Untuk itu, silahkan simak penjelasannya di bawah ini. Hanya ada lima langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk mengaplikasikan High Pressure Laminate.

Alat dan Bahan

Mula-mula, siapkan alat dan bahan yang tertera pada daftar di bawah ini.
1. High Pressure Laminate atau HPL yang bisa dipilih dengan warna serta motif yang Anda inginkan.
2. Media yang akan dilapisi (finishing tempel) menggunakan HPL. Biasanya media yang difinish dengan pelapis ini adalah blockboard, particle board, plywood, MDF, hingga HDF
3. Lem untuk High Pressure Laminate, Eva Phaethon. Kami menyarankan adhesive ini karena Eva Phaethon merupakan lem water based dengan kekuatan, keamanan, dan ketahanan yang terjamin.
4. Kuas atau roll dan alat sejenisnya untuk mengoleskan lem
5. Sirkel mesin runci untuk merapikan bagian pinggir yang di-HPL.
6. Pemotong seperti cutter atau gunting
7. Edging dengan tampilan sesuai warna serta pola HPL
8. Amplas untuk meratakan
9. Meteran dan penggaris
10. Alat tulis

Cara Lem HPL dengan Eva Phaethon

1. Siapkanlah media yang akan dilapisi menggunakan High Pressure Laminate. Pastikanlah media tersebut sudah kering, rata, dan halus. Gunakan MC meter atau Moisture Content Meter untuk mengukur kadar kelembaban substrat media. Selain itu, pastikan pula media tak mengandung kotoran-kotoran termasuk noda solvent (minyak).
2. Siapkan HPL. Ukur luas HPL yang dibutuhkan sesuai ukuran media yang akan difinish. Selanjutnya, potong HPL sesuai ukuran media namun dengan dilebihkan sedikit. Kelebihan ini dimaksudkan agar bila terjadi kesalahan, perbaikan masih bisa dilakukan.
3. Saatnya cara lem HPL! Oleskan lem Eva Phaethon secara merata dan rekatkan lembaran tersebut pada media. Tunggu beberapa saat hingga lem mengering.
4. Setelah lem dirasa sudah cukup kering, rapikanlah bagian ujungnya yang ukurannya berlebihan tadi. Potong dengan cutter atau gunting.
5. Jangan lupa untuk memfinish bagian pinggir media yang di HPL. Untuk bahan yang digunakan, Anda sudah harus menyiapkan edging sesuai warna dan pola HPL. Cara aplikasinya sendiri persis sama dengan cara pemasangan HPL.’mengelem HPL dengan Crossbond

Cara di atas hanyalah cara dasar untuk aplikasi High Pressure Laminate. Sebenarnya, dari cara di atas, langkah yang harus dilakukan memang sepertinya tidak sulit dilakukan. Dan faktanya, banyak tukang yang sejatinya bisa memasang material tersebut. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan tukang hanya sekedar “bisa memasangnya saja”. Namun kebanyakan dari mereka belum bisa memasang HPL dengan kualitas yang benar-benar baik dan rapi.

Lantas apa yang mesti dilakukan? Solusinya jelas harus dengan meningkatkan keterampilan para tukang. Banyak pelatihan yang bisa diikuti. Namun selain masalah keterampilan, usahakanlah untuk mendukung aplikasi HPL dengan alat serta bahan yang kondisinya masih baik. Aplikasi Eva Phaethon merupakan salah satu bentuk upaya terbaik yang bisa dilakukan. Lem ini akan membuat pemasangan High Pressure Laminate menjadi lebih mudah dilakukan.

Dengan adhesive Eva Phaethon aplikasi cara lem HPL akan memberikan hasil yang juga baik. Sebab sebagaimana sudah disebut di atas, Eva Phaethon merupakan salah satu jenis adhesive yang sangat cocok dipakai untuk kebutuhan pelapisan media dengan karakter berbeda.

Bagaimana cara memesan lem ini? Ada setidaknya 3 opsi cara pembelian yang bisa Anda pilih.
1. Pembelian secara online dengan langsung di website ini. Untuk cara pembelian ini, Anda tinggal menghubungi kami pada nomor kontak Customer Service yang tertera. CS kami pun akan dengan baik memproses pensanan Anda hingga sampai ke alamat tujuan.
2. Pembelian secara online di berbagai toko online (online shop). Opsi ini kami buka mengingat banyak pembeli yang sudah terbiasa berbelanja online di berbagai online shop tersebut.
3. Pembelian juga bisa dilakukan secara konvensional dan langsung. Secara langsung, pembelian bisa dilakukan di kantor Bio Industries serta berbagai agennya di berbagai wilayah di Indonesia. Anda bisa membeli adhesive ini di kantor Bio Industries di Yogyakarta (kantor pusat), Jepara (kantor cabang) maupun Cirebon (kantor cabang).

pintu hpl

Demikian informasi cara lem HPL. Ingatlah selalu untuk menggunakan Eva Phaethon supaya aplikasi HPL lancar dan berhasil dengan baik.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here