Tips Membuat Meja Rias Yang Bagus dengan Cara Mudah

664

Karena pasarnya adalah perempuan yang sudah pasti memperhatikan estetika, mau tak mau produk seperti meja rias harus dibuat menarik. Selain itu, meja juga harus dibuat lengkap untuk segala kebutuhan berdandan. Mau tahu trik sangat sederhana membuat meja makeup yang bagus tapi mudah? Simak beberapa cara di bawah ini.

Memakai Material yang Tak Biasa

Be creative! Jangan membuat produk dengan bahan serupa setiap waktu. Anda juga perlu mencoba aplikasi material lainnya yang menarik namun jarang dipakai. Banyak sekali lho contoh bahan yang potensial tapi kerap diabaikan pembuat furniture pemula. Misalnya saja bagian bonggol dan akar kayu. Pelaku usaha mebel skala besar yang mampu mengekspor produknya hingga ke mancanegara seringkali memakai bahan-bahan tersebut. Tapi sayangnya, banyak pembuat mebel skala kecil menengah yang mengabaikan bahan tersebut. Pada pohon yang ditebang, misalnya. Kerap masyarakat hanya mengincar kayunya saja dan mengabaikan bagian lain yang sebetulnya bisa dipakai.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan berbagai produk tak terpakai. Salah satunya adalah pallet atau kayu peti kemas. Sebagaimana namanya, kayu peti kemas adalah kayu bekas wadah untuk kebutuhan pengiriman via kapal. Kayu peti kemas umumnya berasal dari kayu yang kualitasnya tak begitu baik. Meski demikian, material seperti ini ternyata mampu memberikan kesan tersendiri saat dipakai untuk membuat mebel. Berbagai desain seperti country, farmhouse, beach, hingga shabby chic dapat mengandalkan keunikan kayu pallet yang biasanya dari spesies jati belanda tersebut.

Memperhatikan Kelengkapan Komponen Produk

Saat membeli meja rias, selain rupa produk, orang pasti juga akan memperhatikan kelengkapan komponennya. Jadi, jangan abaikan yang dibutuhkan oleh calon pembeli yang sekiranya hendak membeli furniture ini. Pertimbangkanlah kira-kira berapa rak yang dibutuhkan, seberapa besar cerminnya, seberapa berkualitas cerminnya, hingga perlukah adanya tempat untuk menyandarkan kaki?

Secara umum, yang dinamakan meja makeup atau rias adalah meja yang dipakai untuk keperluan berdandan. Meja seperti ini harus memiliki cermin di mana pemakainya bisa mematut diri dengan nyaman. Berikutnya harus ada tempat untuk meletakkan kosmetik dan berbagai perlengkapan terkait lainnya.
Selain itu, yang tak kalah penting adalah keberadaan kursi. Memang, pembeli sebetulnya bisa mencari kursi sendiri. Tapi alangkah lebih lengkap, bila meja rias tersebut disediakan satu set bersama kursi yang temanya sama. Kursi juga harus memberikan kenyamanan dalam aktivitas pengguna berdandan. Bagian bantalan hingga sandarannya (bila ada) perlu diperhatikan dengan baik. Kelengkapan dan kualitas komponen seperti ini biasanya sangat mempengaruhi keputusan pembeli untuk memilih produk Anda atau bukan.

Menerapkan Desain yang Kuat dan Tematik

Seperti dijelaskan di awal artikel, target pasar utama meja rias adalah kalangan perempuan. Meja seperti ini sendiri didesain agar penggunanya bisa mempercantik dirinya. Jadi alangkah absurdnya apabila meja tidak diusahakan tampil dengan tampilan yang menarik. Selain mengusahakan keindahan yang “standar” (misalnya memastikan finishing berjalan dengan lancar), Anda juga perlu menentukan tema atau desain meja tersebut.

Tema ini harus kuat supaya produk Anda lebih mudah diingat calon pembeli. Di pasaran sendiri sudah ada sangat banyak tema atau desain furniture yang bisa diterapkan. Misalnya saja:

1. Minimalisme yang bersemboyan “the less is more”
2. Bohemian yang mengkombinasikan kesan etnik, santai, dan natural.
3. Beach yang mampu membawa kesan pantai di ruangan Anda
4. Postmodern dengan kombinasi elemen tua dan baru
5. Shabby chic yang memadukan unsur lawas dengan unsur lembut

meja rias

Menerapkan tema-tema atau desain di atas akan membuat meja rias Anda memiliki konsep dan kesan yang kuat bagi pembeli. Dengan mengetahui aneka tema tersebut, Anda pun bisa mengeksplore lebih banyak ide desain mebel menarik yang bisa diterapkan ke meja makeup lain ke depannya.

Menerapkan Teknik Kerajinan Decoupage

Tips yang tak kalah mudah untuk membuat meja rias lebih bagus adalah dengan menerapkan decoupage. Teknik ini jauh lebih mudah diterapkan dibanding aplikasi ukiran yang rumit ataupun pelukisan produk. Baik pengukiran atau pelukisan furniture membutuhkan teknik dan keterampilan tersendiri yang tak mudah dikuasai. Sedangkan yang dibutuhkan untuk aplikasi decoupage sangat sederhana, yakni hanya kecermatan dan kerapian yang baik.

meja makeup decoupage

Decoupage sendiri dilakukan dengan menempelkan gambar (misal gambar bunga) pada sebuah media. Media tersebut kemudian dilapisi dengan cat bening. Dari teknik yang simpel nan sederhana ini, produk bisa terlihat seperti dilukis. Tak kalah menarik, decoupage bisa diterapkan di berbagai media mulai dari kain, gelas, sampai furniture seperti meja makeup.

Khusus pada aplikasi furniture, aplikasikanlah decoupage sebelum coating atau clear varnish (top coat) diterapkan. Sebab bila Anda menempelkan gambar di atas top coat, gambar akan terlihat “mengambang” pada furniture. Sehingga efek mebel yang seolah dilukis tak akan tampak. Terapkanlah decoupage setelah aplikasi stain atau primer.

Agar lebih bagus, teknik ini dapat dikombinasikan dengan tema atau desain meja rias. Salah satu tema yang paling cocok dipadukan dengan teknik kerajinan ini adalah shabby chic. Shabby chic sebagaimana disebut sebelumnya merupakan desain yang memadukan kesan lawas dengan kesan lembut. Pada desain ini, unsur lawas seperti cat yang mengelupas hingga model meja makeup lama berpadu dengan warna pastel lembut seperti putih, biru, dan pink hingga pola bunga dan polkadot. Decoupage dengan gambar yang sesuai seperti bunga, pemandangan alam, dedaunan, hingga potret klasik akan menguatkan kesan shabby chic pada furniture Anda. Teknik ini pun bisa diterapkan secara meluas pada produk mulai dari bagian kaki meja, bagian permukaannya, hingga bagian bingkai cermin.

Tips Agar Proses Produksi Meja Rias Lebih Murah

Berbagai tips di atas, tak diragukan lagi bisa membuat produk yang Anda hasilkan lebih menarik. Tapi pertanyaannya, “bagaimana dengan harganya?” Bagaimanapun juga kita perlu memperhatikan aspek harga. Sebab kebanyakan orang pasti memperhatikan faktor tersebut. Terlebih bila Anda menyasar target pasar tertentu.

Nah, ada tips tersendiri bagi Anda yang ingin menghasilkan meja rias dengan bagus tapi murah. Salah satunya adalah dengan memakai kayu olahan. Beberapa kayu olahan dibuat dari sisa kayu solid. Sehingga harganya menjadi sangat murah. Memang, kayu olahan tak sebaik kayu solid. Apalagi dari segi estetiknya. Mengecat kayu olahan pun adalah sebuah tantangan besar. Tapi Anda jangan khawatir. Sebab Anda bisa menerapkan finishing tempel memakai berbagai pelapis.
Aplikasi finishing tempel ini cukup murah dilakukan. Pilih saja pelapis yang bagus dan lem yang kuat namun terjangkau seperti Eva Phaethon. Pasti produk meja rias Anda bisa hadir dengan berbagai tema dan desain menarik. Apalagi, banyak pelapis yang sudah dibuat dengan pola hingga warna yang menarik mulai dari yang solid color hingga yang shabby chic. Menarik sekali bukan?

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here